Kelebihan Kekurangan Velg Racing vs Velg Jari-Jari

Velg sepeda motor saat ini terbagi atas dua jenis yakni velg racing dan velg jari-jari (jeruji), Velg racing ini biasa disebut Cast Wheel atau velg yang dicetak dengan bentuk tertentu (seperti palang-palang) dari logam tertentu seperti alumunium/ karbon/ titanium.
Cetakan velg Cast wheel yang kebanyakan dari alumunium ini tak hanya mencetak velg saja melainkan juga mencetak tromol, velg dan palangnya jadi satu (dicetak menyatu). Berbeda dengan pada velg jeruji yang pembuatannya secara terpisah (velg, tromol dan jerujinya).
Velg jar-jari/ velg jeruji/ Spoke Wheel biasa terbuat dari besi melingkar dimana penyangganya memakai jari-jari/ jeruji besi untuk menyangga veleg pada tromol yang bertumpu pada As roda. Nah jika era tahun 90 an hampir semua motor memakai velg jenis jeruji, akan tetapi saat ini justru kebanyakan motor memakai velg jenis Cast Wheel karena lebih digemari konsumen dan memiliki keunggulan tertentu dibanding Spoke Wheel.
Tetapi sampai saat ini Spoke Wheel juga masih dipakai terutama pada motor-motor retro dan adventure (offroad/ jelajah), nah lantas apa kelebihan masing-masing jenis velg kenapa masih sama-sama dipakai saat ini? berikut adalah komparasi Cast Wheel Vs Spoke Wheel
Harga Velg Racing vs Velg Jeruji
Dari segi harga velg jenis Cast Wheel (racing) lebih mahal dibandingkan Spoke Wheel (jari-jari), hal ini terkait dengan material Cast Wheel yang lebih berkualitas dan membutuhkan banyak bahan (logam) untuk di cor/ cetak. Dan tingkat kesulitan pembuatan velg racing ini lebih tinggi sehingga harganya lebih mahal.
Daya tahan
Untuk daya tahan kedua jenis velg ini relatif sama, asalkan velg oiginal...karena banyak velg racing yang dibuat dengan campuran logam yang kurang bagus dan dicetak dengan suhu yang kurang pas akibatnya hasilnya kurang bagus (banyak retakan-retakan halus) yang menyebabkan velg rawan pecah saat terkena lubang jalan.
Kekuatan melibas benturan
Pada motor jenis offroad yang sering melewati jalan kurang bagus (berbatu, berlubang, lumpur, dll) saat ini masih memakai velg jari-jari alasannya velg jari-jari memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan velg racing.
Hal ini terkait dengan kemudahan perbaikan jika terjadi kerusakan, karena seringnya motor offroad melibas jalan bebatuan maka kemungkinan velg rusak cukup besar, nah pada velg jari biasanya kerusakan hanya pada jerujinya saja dan tinggal menggantinya saja. Tetapi jika kerusakan sampai pada velgnya maka cukup mudah diperbaiki di tukang senter velg.
Nah ini berbeda dengan velg racing jika rusak (palangnya patah) maka sulit diperbaiki.
Stabilitas Velg di kecepatan tinggi
Velg racing atau Cast Wheel memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik dibandingkan dengan velg jenis Spoke Wheel, hal ini disebabkan oleh pembuatan velg yang memakai teknologi tinggi oleh produsen yang memang tidak sembarangan sehingga lebih presisi dan seimbang. Selain itu dia juga lebih ringan sehingga stabil di kecepatan tinggi, kebanyakan motor balap memakai velg jenis Cast Wheel ini... sebut saja motor balap di kejuaraan motoGP dan motor-motor sport onroad lain.
Nah untuk pecinta otomotif yang menyukai Speed lebih baik memakai Velg Racing atau Alloy atau Cast Wheel.
Bobot
Untuk kualitas kekuatan yang sama kebanyakan velg jari-jari lebih berat daripada velg racing, hal ini karena bahan yang dipakai juga berbeda (aluminium dan besi). Bobot yang ringan ini bisa mengurangi beban mesin karena secara total bobot motor juga berkurang, tarikan menjadi lebih enteng dan stabil.
Tampilan dan perawatan
Untuk tampilan sebenarnya tergantung selera, ada orang yang suka tampilan retro ada yang suka tampilan futuristik...ada yang suka jari-jari ada pula yang lebih menyukai velg bintang/ velg racing.
Sedangkan untuk merawat (mencucinya) akan lebih mudah membersihkan velg racing daripada velg jeruji karena biasanya saat kita mencuci harus membersihkan sampai ke persilangan anter jerujinya dan sambungan antara velg dengan jeruji.
Sehingga bisa dibilang lebih praktis velg racing

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini