Tanda-tanda Tie Rod mobil Rusak

Tie Rod merupakan salah satu bagian dari kaki-kaki mobil. Bagian kaki-kaki mobil yang lain antara lain ban, suspensi, ball joint, bushing dan bearing. Tie rod ini letaknya di sebelah depan (roda depan) dan terbagi menjadi 2 yakni tie rod panjang dan tie rod pendek (harganya hampir sama), sedangkan fungsi tie rod adalah meneruskan putaran kemudi dari stir ke roda yang sebelum ke tie rod terlebih dahulu melewati rack and pinion, kerusakan tie rod ini cukup sering dialami sehingga mobilku.org tertarik untuk mengulasnya.
Jika tie rod bermasalah/ mengalami kerusakan/ aus maka sistem kemudi menjadi sulit dikendalikan/ tidak nyaman... misalnya pada saat kecepatan tertentu stir menjadi bergetar atau pada jalan yang sedikit rusak (bergelombang/ tanah/ berbatu) sistem kemudi mobil seperti kehilangan kendali (susah dikendalikan). Jika ini terjadi pecinta otomotif bisa membenahi dengan menggantinya ke bengkel, harganya pun tidak mahal sekitar 120 sampai 150 untuk mobil avanza, sedangkan untuk mobil lain, nah bagaimana mengetahui tanda-tanda bahwa tie rod mobil kita bermasalah?
1. Mobil saat berjalan sering membuang ke salah satu arah atau sulit untuk dikendalikan dengan stabil, sulit untuk berjalan lurus (langsung membuang arah). Biasanya mobil yang normal bisa anteng dibawa dan di lepas tangan pun juga enak berjalan lurus, tetapi jika sering membuang arah maka pecinta otomotif perlu mencurigai kerusakan tie rod ini
2. Respon belok ban telat saat kemudi diputar, saat kita memutar stir ada jeda dimana ban berbeloknya terlambat.
3. Stir bergetar saat melewati jalan bergelombang,
4. Mobil sulit dikendalikan saat berjalan di jalan jelek (tanah, aspal rusak, bebatuan) karena tie rod oblak (aus)
5. Adanya bunyi-bunyian yang mengganggu (di bagian bawah depan) saat melewati jalan tidak mulus.
6. Kedua ban depan akan cepat aus pada bagian dalam ban
Cara mengecek tie rod rusak
Nah untuk memastikan tie rod bermasalah/ tidak, caranya adalah:
* Posisikan pada tempat yang datar dan ganjal ban belakang mobil dengan rapat serta aktifkan rem tangan (agar mobil tidak maju/ mundur) karena ban depan akan kita dongkrak
* Dongkrak ban depan, setelah ban terangkat mintalah teman untuk menggoyang-goyangkan ban depan ke kanan dan kiri sementara anda memegang batang tie rod.
* Jika saat digoyangkan terasa oblak maka tie rod sudah aus dan minta diganti.
Jika memang terjadi kerusakan maka sebaiknya segera diganti, karena jika tidak maka kerusakan juga akan makin parah dan berpengaruh pada komponen yang lain.
Mengganti tie rod sebaiknya dilakukan di bengkel karena mekanik lebih mengetahui kerusakan pastinya dan cara perbaikannya, bisa dilakukan di bengkel biasa saja dan membeli sparepart di toko sparepart...tanyalah pada mekanik merak apa yang baik digunakan.
Jika menginginkan merk original lebih baik ke distributor sparepart resmi mobil atau ke bengkel resmi mobil, karena biasanya sering terjadi pemalsuan merk original kalau kita beli di toko sparepart biasa.... merk palsu. Karena banrang ori kebanyakan tidak ada di toko sparepart biasa, jika ada kemungkinan palsu sangat besar.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini