Ternyata Ini Manfaat Kunci Stir Otomatis Bawaan Mobil, Jangan Remehkan!

Setiap mobil sebenarnya sudah dibekali kunci stir dari pabrikan, akan tetapi masih banyak pemilik mobil yang belum menyadari dan tidak tahu menggunakannya. Hampir sama seperti sepeda motor setelah mesin mobil dimatikan (kunci kontak pada posisi ACC) maka kunci masih bisa terus diputar ke arah berlawanan dengan jarum jam untuk bisa mencabut kunci kontak mobil sekaligus untuk menagtifkan kunci otomatis bawaan mobil.
Jadi sebenarnya setiap mobil yang dijabut kunci kontaknya sebenarnya dia dalam posisi siap mengunci, hanya butuh satu langkah yakni memutar stir 60 derajat sampai terdengar bunyi mengunci (klik), setelah itu stir mobil benar-benar terkunci (aman) dan stir tidak bisa diputar-putar lagi (stir terkunci/ lock).
Tetapi banyak orang yang masih ragu terhadap prosedur penguncian mobil seperti ini karena beranggapan memutar stir saat mobil diam akan merusak power steering, sehingga banyak pemilik mobil tidak memutar stir 60 derajat setelah mencabut kunci.
Hal ini diulas oleh Nissan Motor Indonesia, bahwa mengaktifkan steer lock dengan memutar stir sampai terdengar bunyi klik dan mengunci (stir tidak bisa digerakkan lagi) tidak akan merusak power steering karena mengaktifkan steer lock tidak memiliki keterkaitan dengan power steering.
Sebenarnya ada dua fungsi/ manfaat mengaktifkan steer lock ini yang jarang diketahui orang, khususnya poin ke dua:
1. Untuk keamanan dari pencurian, karena posisi stir yang terkunci pencuri akan kesulitan menjalankan mobil (hampir semua orang sudah tahu)
2. Sebagai fitur keselamatan terutama saat parkir. Mengaktifkan kunci stir otomatis dengan memutar stir sampai terkunci akan bermanfaat ketika parkir di jalanan tanjakan atau turunan, misalnya saat menurun pemilik mobil menguncikan roda ke arah kiri (trotoar/ batu/ gundukan tanah) lalu mengaktifkan kunci otomatis maka akan memperkuat posisi kuncian mobil pada trotoar.
Nah bagaimana cara memposisikan roda pada saat memarkir mobil agar aman? hal ini bisa dibaca pada artikel sebelumnya: Cara memposisikan roda saat parkir di tanjakan dan turunan
Nah ternyata fungsi kunci stir bawaan mobil ada dua ya sob, selain sebagai keamanan dari pencuri juga sebagai keselamatan saat parkir di jalan menanjak atau menurun.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini