Kapan Waktunya Mengganti Minyak Rem? Ini Jawabnya

Peranyaan yang sering masuk pada admin mobilku.org adalah kapan waktunya mengganti minyak rem? atau berapa lama minyak rem bisa bertahan? berapa km minyak rem harus diganti. Nah pada dasarnya waktu pergantian minyak rem ini tergantung pada rekomendasi pabrikan, misalnya pada mobil chevrolet pengantian minyak rem bisa dilakukan tiap 60 ribu km, sedangkan pada Honda direkomendasikan untuk mengganti minyak rem setiap 3 tahun sedangkan pada mercedes merekomendasikan diganti dalam kurun waktu 30 ribu km.
Bahkan pada produk beberapa pabrikan seperti Ford, Toyota, Hyundai tidak memberikan patokan secara pasti kapan mengganti minyak rem, tetapi merekomendasikan memeriksa secara berkala kondisi minyak rem mobil.
Menurut admin mobilku.org
Menurut admin mobilku.org mengganti minyak rem sebenarnya diperlukan dan idealnya dilakukan tiap 30 ribu km atau tiap 3 tahun sekali (mana yang terkena duluan, 3 tahun atau 30 ribu km).... karena rem adalah salah satu piranti keselamatan yang sangat penting sehingga dia harus diservice secara rutin, biasanya service ringan rem (membersihkan debu/ kotoran serta mengecek fungsinya) dilakukan tiap 20 ribu km.
Sedangkan mengganti minyak rem bisa dilakukan tiap service ringan tersebut (20 ribu km) atau maksimal 40 ribu km, bisa juga memakai patokan waktu yakni 3 tahun.
Minyak rem bagaimanapun juga akan aus karena pemakaian (panas dan tekanan), waktu (oksidasi), menjadi kotor... sehingga lama kelamaan minyak rem kehilangan sifat-sifat aslinya akibat panas, masuknya kotoran, oksidasi, dll.
Pernah iseng-iseng pas service rem di bengkel resmi Suzuki admin bertanya pada mekaniknya kapan sebaiknya mengganti minyak rem? dia jawab 30 ribu sampai 40 ribu km, atau jika ada apa-apa juga bisa lebih cepat misalnya minyak rem bocor atau berubah warna.
Perubahan warna minyak rem ini bisa dilihat dari tabung reservoir biasanya minyak rem yang lama akan berwarna hitam, menjadi keruh dan ada campuran air.... Nah jika seperti ini lebih baik diganti dengan minyak rem baru yang masih segar dan bersih, menggantinya sama saja kita merawat sistem rem kita agar awet.
Harga minyak rem murah
Minyak rem ternyata ada masanya dan tidak bisa dipakai terus-terusan, sebagai informasi saja kalau harga minyak rem itu tidak mahal kok, admin mobilku.org pernah membeli minyak rem ukuran 1 liter hanya 75 ribu rupiah... dipakai untuk mengisi setelah menguras minyak rem mobil masih sisa, bisa buat cadangan kalau service-service lagi. Jadi sebenarnya minyak rem itu murah dan tidak ada ruginya menggantinya tiap 30 ribu km.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini