Jangan Starter Motor Sebelum Lampu Orange Speedometer Mati, Ini alasannya

Pada beberapa motor jaman sekarang baik jenis Skutik, motor bebek ataupun motor jenis trail dan motor balap cara menyalakannya berbeda dengan motor jadul, yakni setelah memutar kunci motor ke posisi On harus menunggu setengah detik untuk bisa menstarter motor/ menyalakan mesin motor (menunggu lampu indikator berbawna orange mati setelah kunci di posisi on).
Saat memutar kunci kontak motor ke posisi on maka akan terlihat lampu berwarna orange menyala, kemudian secara normal dia akan mati dalam waktu 1/3 detik lalu rider baru boleh menghidupkan mesin motor...
Ini berbeda dengan motor jaman dulu yang pokoknya sudah di posisi on tidak perlu menunggu lagi, bisa langsung injak trap ataupun dengan double starter.
Lalu pertanyaannya mengapa mesti menunggu 1/3 detik? tidak boleh langsung dihidupkan?
Pada motor jaman sekarang yang sudah memakai injeksi, lampu indikator yang menyala sebentar tersebut sebenarnya adalah lampu indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp) untuk mengetahui sistem Injeksi sudah siap atau tidak ataukah ada masalah pada sistem injeksi atau tidak. MIL ini adalah kode untuk mengetahui kerusakan motor dengan cepat,,,dia seperti memberikan kode jika berkedip panjang artinya kerusakan pada bagian apa, jika berkedip 7 kali kerusakan dimana, dll.
Normalnya lampu akan menyala sebentar saja (0,3 detik sampai 0,5 detik), jika ada masalah maka lampu akan menyala dengan berbagai kedipan antara lain:
* Jika 1 kali kedipan: Kerusakan sensor MAP (tidak stabil) sehingga jumlah udara yang masuk ke mesin tidak ideal
* Jika 7 kali kedipan: maka ada masalah pada engine oil temperature atau Engine Coolant Temperature
* Jika 8 kali kedipan: masalah pada sensor throttle position
* 12 Kali kedipan: ini menunjukkan Injektor Motor bermasalah
* 29 Kali kedipan: menunjukkan adanya masalah pada IACV yang mengatur jumlah pasokan udara saat mesin stationer
* 33 Kedipan: mengartikan adanya masalah pada Engine Control Module atau ECU, kerusakan ini menyebabkan motor susah dihidupkan dan sering mati mendadak
* 54 kedipan: kerusakan pada sensor Bank Angle Sensor, sensor ini bertugas untuk memberikan sensor posisi motor saat terjadi kecelakaan... jika motor terjatuh maka sensor ini akan memutuskan pasokan bahan bakar ke mesin, Ignition Coil dan Injektor dimatikan oleh sensor ini.
Nah sebenarnya kode MIL ini pada tiap prinsipal kendaraan bermotor bisa berbeda misalnya antara Honda dengan Yamaha jika menyala 10 kali artinya apa? biasanya mekanik bengkel resmi yang tahu tentang kode dan arti dari kedipan MIL ini.
Lampu orange pada speedometer (MIL) ini juga menandakan kesiapan motor untuk di starter, jika lampu sudah mati artinya pompa bahan bakar sudah medapat pasokan listrik, pompa oli juga sudah mendapat pasokan listrik sehingga semua sudah siap. Aneh juga kan saat pompa BBM belum siap kita langsung menyalakan motor? tunggulah sampai MIL mati dan motor siap distarter

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini