7 Barang Ini harus Ada Di Bagasi Motor

Pada motor biasanya terdapat bagasi atau tempat menyimpan sesuatu, nah bagasi pada motor ini ukurannya bervariasi mulai yang kecil (pada motor bebek jadul atau motor laki-laki) sampai bagasi yang besar pada skuter matic. Letak bagasi motor (tempat membawa barang) ada di bawah jok motor, beberapa ada yang bagasinya tidak dibawah jok seperti vespa/ moge yang disamping.
Fungsi utama bagasi motor sebenarnya lebih ke untuk membawa barang-barang mekanik seperti obeng, kunci busi, kunci pas dan lain sebagainya. Karena dalam perjalanan tidak menutup kemungkinan motor mogok dan harus membersihkan businya misalnya, atau ada baut yang lepas butuh obeng dan kunci pas, atau saat hujan butuh lap chamois, jas hujan dan lain sebagainya.
Tetapi dalam perkembangannya bagasi kini dibuat lebih besar untuk membawa barang-barag lain yang diperlukan misalnya air minum sampai barang belanjaan kadang ditaruh di bagasi tengah motor ini.
Nah berikut ini barang-barang yang wajib dibawa saat perjalanan memakai motor dan ditempatkan di bagasi/ dibawah jok motor yang akan sangat berguna saat-saat darurat:
1. Kunci busi
Kunci busi ini menjadi perangkat yang paling penting untuk dibawa, biasanya saat membeli motor baru pabrikan menyertakan kunci busi motor dan sudah ada tempatnya di bawah jok. Saat motor mogok yang pertama kali di cek biasanya busi, biasanya busi kotor sehingga bunga api kecil/ jelek... Sedangkan membuka busi ini membutuhkan kunci busi yang cocok, apa lagi pas di tengah perjalanan yang jauh dari bengkel.
2. Obeng bolak balik
Di posisi 2 bawang yang wajib dibawa motoris saat perjalanan adalah obeng bolak balik, pada motor-motor baru (skutik misalnya) untuk membuka busi diperlukan obeng untuk membuka dek plastik skutik, nah tanpa obeng kita sulit membuka dek ini.... banyak sekali mur baut yang membuka dan menutupnya hanya mengandalkan obeng bolak balik sehingga wajib ada pada bagasi motor, biasanya pada bagasi juga sudah ada tempat obeng ini dan saat beli baru sudah mendapat obeng yang cocok untuk motor
3. Kunci pas
Beberapa mur baut pada motor membutuhkan kunci pas untuk memutarnya, seperti menyetel rem belakang, menyetel spion, dll membutuhkan kunci pas ini. Kunci pas yang banyak dibawa adalah nomor 8-9, 10-11, 12-13, 14-15. Beberapa orang bahkan membawa 1 set kunci pas
4. Jas hujan
Jas hujan ini penting dibawa karena cuaca di indonesia saat ini susah ditebak, kadang dikira tidak hujan karena terang benerang sorenya hujan.... Terlebih saat memasuki musim penghujan maka wajib bawa jas hujan, kalau berteduh terlalu lama akan susah sendiri
5. Lap chamois
Lap chamois ini bisa multi fungsi, dia bisa untuk membersihkan motor tentunya dengan membawahinya dengan air juga... lap chamois juga sangat cepat menyerap air sehingga untuk menyeka air hujan di jok juga sangat baik.... lap ini sebaiknya dibawa, harganya tidak mahal sekitar 15 ribu sudah dapat.
6. Tang
Tang ini adalah peralatan multi fungsi, ketika tali baja gas atau kopling putus maka tang akan sangat membantu, tang juga bisa menggantikan peran kunci pas meskipun tidak sebaik/ seefektif kunci pas.
7. Pompa motor mini/ portabel
Pompa ban motor mini ini bisa dibawa/ dimasukkan pada bagasi, admin mobilku.org selalu membawa pompa kecil untuk motor ini pada jok motor. Sebenarnya pompa ini diperuntukkan untuk sepeda gunung (MTB), karena lubang intake (lubang masuknya udara) antara motor dengan sepeda itu sama maka pompa portable ini sangat bermanfaat dibawa, terlebih motor matic sering sekali kekurangan angin di jalan.
Harga pompa portabel ini tidak mahal kok, admin mobilku.org membeli pompa kecil ini di toko sepeda dengan harga 30 ribu rupiah dan awet sampai sekarang, pompa kecil untuk motor ini juga lumayan kemampuannya karena sanggup memompa sampai 50 Psi, padahal motor dipompa 33 Psi sudah cukup.
Nah diatas adalah 7 barang yang sebaiknya/ harus dibawa pemilik motor saat perjalanan atau ada dalam bagasi motor.
Baca juga: 10 Peralatan yang wajib ada pada mobil dan harus dibawa saat perjalanan jauh

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini