7 Bahaya Menyalakan AC Mobil saat Perjalanan Jauh

Pembaca mobilku.org wajib tahu bahwa menyalakan AC mobil terlalu lama di perjalanan bisa menyebabkan bahaya untuk pengemudi dan penumpang.
Pada dasarnya saat melakukan perjalanan jauh memang menyenangkan jika kita menyalakan AC karena udara dalam kabin bisa lebih dingin lebih nyaman dan lebih segar, selain itu menyalakan AC juga bisa menghilangkan embun pada kaca mobil saat melewati hujan dan terasa lebih fresh.
Tetapi ternyata ada dampak buruk dari menyalakan AC mobil ini, sehingga sebaiknya pengemudi bisa cukup jeli dan hanya dilakukan ketika benar-benar diperlukan saja misalnya:
1. Saat di luar benar-benar panas terik
2. Jalanan panas dan macet
3. Suhu dalam kabin terlalu panas, dan butuh dengan segera menurunkan suhu kabin
4. Harus menutup kaca mobil karena udara luar terlalu kotor
5. Harus menutup kaca pintu karena air hujan yang masuk
6. Kaca mobil berembun karena hujan dan udara dingin di luar.
Nah jika udara di luar bersih, tidak panas, tidak cuaca ekstrim maka mematikan AC (berkendara tanpa AC) sebenarnya bisa lebih menyenangkan karena udara lebih segar dan bisa bersirkulasi, selain itu dengan tidak menyalakan AC kita bisa lebih hemat bahan bakar.
Berikut ini bahaya menyalakan AC mobil terlalu lama
1. Udara tidak bersirkulasi.
Jika melakukan perjalanan panjang lebih dari 2 jam dengan menyalakan AC, sebaiknya pecinta otomotif waspada karena jika semua kaca ditutup maka udara selama 2 jam di dalam mobil tidak bersirkulasi, misalnya ada 5 orang dalam mobil dan memakai udara hanya dalam kabin itu untuk bernafas maka bisa ditebak kandungan CO2nya sangat banyak dan oksigen yang dibutuhkan menjadi sangat sedikit.
Paling tidak bukalah kaca mobil setiap 30 menit sekali agar udara yang penuh karbondioksida (hasil pernafasan 1 keluarga) terbuang keluar digantikan oleh udara bersih... lakukan membuka kaca ini ditempat yang bersih, ketika lewat jalan yang tidak berdebu
2. Bau
Ini terjadi jika kita memasukkan barang yang bau di dalam kabin misalnya baju-baju kotor, atau ada yang belum mandi atau bau muntah dan lain sebagainya... jika merasa di mobil ada yang bau tidak sedap maka lebih baik tidak pakai AC agar udara bersirkulasi dan bau tidak berputar-putar dalam kabin
3. Tertular penyakit
Hal ini jika kita membawa orang yang sedang sakit/ ada salah satu penumpang menderita penyakit tertentu yang bisa menular lewat udara maka berbahaya untuk menutup sirkulasi udara (kaca pintu), sebaiknya jangan nyalakan AC agar kaca bisa dibuka dan udara bisa bersirkulasi dengan cepat.
4. Kulit menjadi kering
Sudah bukan rahasia lagi jika kita banyak di ruangan ber AC akan membuat kulit kita terlihat kering dan lebih keriput
5. Pusing-pusing, mual, muntah, badan panas dingin, sulit bernafas dan mudah lelah
Ada sebagian orang yang tidak tahan/ alergi terhadap AC, dampaknya macam-macam ada yang pusing, mual, muntah, badan gemetaran akibat AC ini. Termasuk admin mobilku.org sendiri alergi terhadap AC (pusing, mual, greges), nah gak enak bukan jika hanya karena menyalakan AC terus menerus membuat kita dan penumpang menjadi sakit?
Solusi bijaknya nyalakan AC seperlunya, jangan terlalu dingin dan jika harus dinyalakan terus bukalah sesekali kaca agar udara bersirkulasi
6. Resiko kecelakaan meningkat
Jika dampak negatif AC melanda pada pengemudi, misalnya: pusing/ sulit bernafas/ mudah lelah/ depresi... ini akan menjadi masalah yang lebih serius karena pengemudi terganggu konsentrasinya yang otomatis resiko kecelakaan menjadi cukup tinggi.
Belum lagi dengan menutup kaca mobil kita sebenarnya tidak lebih peka pada lingkungan diluar (karena sebagian pandangan tertutup) dan juga tidak peka dengan suara-suara dari luar mobil... ini juga memperbesar resiko kecelakaan.
7. Terkena penyakit akibat AC itu sendiri
Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan oleh AC yang dampaknya tidak langsung dirasakan seperti:
- Masalah reproduksi
- Meningkatkan resiko kehamilan
- Berat badan bertambah
- Nyeri persendian
- Pembengkakan saraf
- Kelumpuhan wajah
- Bahaya pada mata
- Bahu beku
- Kekebalan tubuh menurun
- dll
Bahaya AC mobil ini akan lebih besar jika mobil juga memakai parfum mobil, karena parfum biasnaya memakai zat berbahaya bagi paru-paru, baca tips memakai parfum alami pada mobil agar lebih menyehatkan
Nah ternyata banyak juga ya bahaya menyalakan AC mobil saat perjalanan terutama perjalanan jauh?
Solusinya ya bijak aja dalam memanfaatkan AC mobil, jika tidak butuh maka matikan AC toh bisa menghemat BBM juga

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini