Kunci Inggris dan Obeng Plus Minus jadi Peralatan Kesukaan Pemilik Mobil

Melakukan perjalanan dengan mobil wajib membawa berbagai peralatan untuk melakukan perbaikan jika terjadi apa-apa pada mobil: misalnya mobil mogok, kabel aki longgar, sekring mobil putus, butuh mengganti ban mobil, dan lain sebagainya. Misalnya untuk kasus sekring putus: paling tidak kita membutuhkan obeng untuk membuka rumah sekering, belum lagi kalau tipe sekeringnya silinder lebih sulit menggantinya sehingga kadang-kadang membutuhkan tang untuk merapatkan konektornya.
Misal mobil tiba-tiba mogok karena tidak adanya aliran listrik dari aki (listrik mobil mati total), hal ini biasanya karena kabel aki yang kendor... nah untuk merapatkannya diperlukan beberapa kunci pas dan atau kunci inggris dan obeng + tang untuk merapatkannya. Misalnya ban bocor dan butuh mengganti roda dengan ban serep, maka juga diperlukan kunci ban yang tiap-tiap mobil tidak sama tergantung ukuran mur baut yang dipakai.
Nah sebaiknya memang pemilik mobil membawa kunci lengkap "Tool Kit" mobil yang terdiri dari kunci pas, kunci roda, tang, obeng, kunci busi, dll + dongkrak tentunya.
Tetapi dari sekian banyak kunci-kunci/ peralatan perbaikan ada beberapa peralatan favorit yang selalu ada pada mobil dan disukai oleh pemilik mobil karena fleksibilitasnya, antara lain:
1. Kunci Inggris
Kunci inggris ini menjadi peralatan favorit yang paling banyak dibawa, selain dia praktis dibawa... dengan 1 kunci inggris bisa dipakai untuk membuka/ menutup beberapa ukuran mur baut. Jika terpaksa kadang kunci inggris juga bisa dipakai untuk membuka mur baut ban mobil, pecinta otomotif sebaiknya memiliki kunci inggris ini.
Pilihlah kunci inggris berukuran sedang (dengan panjang sekitar 30 cm), pilih dari material berkualitas agar cukup kuat dipakai untuk membuka mur baut yang berukuran besar...hindari kunci inggris murahan yang biasanya terbuat dari cor yang mudah patah.
2. Obeng plus minus
Obeng plus minus atau obeng bolak balik ini juga menjadi peralatan kesukaan pemilik mobil, dengan 1 obeng yang bisa dibolak-balik (bisa menjadi obeng plus dan obeng minus), pilih obeng yang berkualitas ya.
Peralatan wajib
Akan tetapi pada mobil sebenarnya ada 10 peralatan wajib yang harus dibawa yakni:
1. Kunci roda
2. Kunci pas
3. Dongkrak
4. Kunci Busi
5. Obeng
6. Tang
7. Segitiga pengaman
8. Sekring cadangan
9. Kotak P3K
10. Towing hook
Tentang 10 peralatan wajib yang harus dibawa oleh pemilik mobil ini bisa dibaca pada artikel berikut ini

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini