Cara Membersihkan Aspal pada Cat Mobil

Mengendarai mobil di jalan aspal memiliki resiko terciprat aspal, terlebih jika jalan sedang dibenahi atau jalan aspal baru saja jadi atau sering juga ada genangan aspal cair yang meluber ke jalan yang tak sengaja kita lindas. Cipratan aspal yang terkena injakan ban yang disertai putaran dan laju mobil biasanya mengenai sekitar roda (velg, bumper, dll) yang cukup membuat kita sedikit dongkol, nah lantas bagaimana cara membersihkan aspal yang menempel pada cat mobil kita?
Sebenarnya tidak terlalu sulit menghilangkannya karena pecinta otomotif hanya membutuhkanbeberapa peralatan sederhana dan cairan pembersih yang bisa untuk menghilangkan daya rekat aspal. Berikut adalah peralatannya:
1. Lap microfiber (dua buah), bisa dibeli di indomaret/ mall danjuga di toko sparepart mobil
2. Cairan pembersih aspal, cairan ini bisa memakai solar atau minyak tanah atau juga bisa memakai tar remover yang bisa dibeli di car care (bengkel sparepart) terdekat
3. Polish wax (semir cat mobil), bisa dibeli di toko sparepart mobil/ car care
Cara membersihkannya:
1. Setelah menentukan cairan apa yang akan dipakai, basahi 1 lap microfiber dengan cairan pembersih aspal tersebut misalnya memakai solar
2. Setelah lap basah lalu tempelkan pada aspal yang menempel pada cat mobil selama beberapa menit
3. Berikan tekanan pada kain agar cairan pembersih meresap ke dalam aspal dan melunturkan daya rekat aspal pada cat mobil, tekan-tekan lap basah tersebut dengan ringan.
4. Setelah beberapa menit dan dirasa rekatan aspal sudah milai luntur, mulai gerakkanlah lap microfiber untuk menarik noda aspal tersebut (dengan menggosoknya secara halus).
5. Jika aspal masih keras/ belum menjadi lembut jangan dipaksakan menggosoknya
6. Jika cairan pembersih pada lap mulai mengering, basahi kembali lap dan lakukan pembersihan kembali...tetapi ingat jangan memaksakan menarik noda aspal jika sulit digosok (masih keras), lembutkanlah dengan menempelkan lap basah dan tekan-tekan ringan selama beberapa menit untuk melunturkan rekatan noda aspal
7. Setelah aspal terangkat semua dari cat mobil, bersihkan sisa-sisa cairan pembersih dengan lap kering (lap kedua)
8. Setelah kering, gunakan polish wax untuk sedikit memoles dan menyemir cat mobil agar kembali mengkilap dan menyamarkan bekas tempelan aspal sehingga tidak terlihat, pemakaian polish wax bisa dioleskan pada lap kedua tadi dan digosokkan secara memutar pada bekas tempelan aspal tadi.
Aspal yang menempel pada cat mobil
Mudah bukan menghilangkan noda aspal pada cat mobil, pembaca mobilku.org bisa melakukannya sendiri di rumah !

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini