7 Aksesoris Mobil yang Seharusnya tidak Dipasang (Berbahaya)

Memiliki mobil kesukaan biasanya membuat sang pemilik ingin menambahkan beberapa aksesoris tambahan (aftermarket) untuk mempercantik tampilan mobil, akan tetapi kebanyakan aksesoris justru berbahaya jika dipasang sembarangan yang membuat resiko kecelakaan semakin besar...
Nah dibawah ini adalah daftar aksesoris mobil yang sering sekali dipasang oleh pemilik mobil dan berbahaya atau perlu diwaspadai pemasangannya:
1. Kaca Film
Kaca film sebenarnya sangat dianjurkan untuk dipasang pada mobil, selain dapat memperkuat kaca dan melindungi dari sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil, kaca film ini juga meminimalkan terjadinya pencurian karena barang-barang dalam mobil tidak terlihat dari luar.
Namun memasang kaca film juga memiliki resiko yang tinggi yakni jika pemasangan kaca film tidak sesuai dengan prosedur/ spesifikasi pemasangan kaca film yang ditetapkan (sesuai aturan). Kaca film yang terllu gelap dapat menimbulkan pandangan yang kurang jelas pada jalan dan malah sering menimbulkan kecelakaan, sedangkan pemasangan kaca film harus memenuhi grade tertentu misalnya ketebalannya, warnanya, kemampuan menolak ultraviolet dan lain-lain.
Nah untuk memasang kaca film yang benar, baca tentang grade dan kepekatan kaca film pada artikel sebelumnya
2. Lampu HID
Biasanya pemilik mobil yang ingin mempercantik nyala lampunya mengganti lampu asli dengan lampu HID, memakai lampu HID memang bisa mempercantik tampilan mobil (nyala lampu di malam hari) akan tetapi pemasangan lampu HID harus hati-hati karena jika speknya melebihi ketentuan bisa berdampak sangat menyilaukan pada pengguna jalan lain dan berisiko menabrak kendaraan kita.
Sebaiknya memang kita tidak mengubah spasifikasi nyala headlamp karena sudah dipertimbangkan dengan matang untuk keselamatan kita dan pengguna jalan lain, akan tetapi jika ingin menggantinya dengan bohlamp aftermarket, pecinta otomotif harus memperhatikan hal-hal berikut ini
Memasang lampu HID boleh saja, tetapi termasuk berbahaya.
3. Benda-benda penghias interior mobil
Banyak pemilik mobil yang membawa barang-barang kesayangan ke dalam mobil misalnya boneka, tempat tisue, mainan anak-anak, buku-buku koleksi, botol-botol dan benda-benda lain... Hal ini bisa berbahaya karena mobil selalu berguncang saat berjalan, nah barang-barang tersebut selain bisa menghalangi pandangan driver jika dipasang didepan driver, benda-benda tersebut juga bisa terlempar.... Sering sekali benda-benda hiasan kabin tersebut terlepar dan mengejutkan driver, dan jika benda yang terlempar cukup keras bisa sampai melukai penumpang dalam mobil.
Hindari memasang hiasan mobil yang tidak memiliki grip pada mobil
4. TV pada dashboard
Pemasangan TV pada mobil sebagai salah satu fitur entertaiment seringkali dilakukan pemilik mobil, tapi tahukah pembaca mobilku.org kalau TV itu bisa mengganggu fokus pengemudi saat berkendara, hal ini bisa menimbulkan kecelakaan.
Solusinya pasang di belakang kursi baris pertama, karena fitur hiburan ini biasanya yang membutuhkan adalah anak-anak yang duduk di kursi belakang (baris kedua dan ketiga).
5. Pembungkus Stir
Cover stir atau pembungkus stir kerap dipasang dengan alasan mempercantik tampilan stir mobil dan lebih enak digenggam, tapi tahukah pecinta otomotif jika cover stir ternyata berbahaya karena memakai cover stir ternyata licin daripada tidak memakai.
Saat terjadi kondisi berbahaya, pengemudi biasanya merespons dengan gerakan reflek,,,nah seringkali lingkar kemudi yang menggunakan cover stir terpeleset saat diputar secara reflek. Yang patut diketahui bahwa produsen otomotif telah merancang bentuk stir (desain) dengan memperhitungkan berbagai kondisi dirancang seaman mungkin dan senyaman mungkin.
Penambahan pembungkus stir ini justru berbahaya bagi keselamatan pengendara/ penumpang
6. Pembungkus Pedal
Banyak juga pemilik mobil yang memasang pembungkus pada pedal (rem, kopling dan gas) dengan alasan mempercantik tampilan dan lebih enak dipakai.... banyak pembungkus pedal yang terbuat dari plastik maupun logan yang ternyata justru licin saat diinjak.
Memasang pembungkus pedal pada bagian gas sebenarnya tidak masalah, tetapi memasangnya pada bagian pedal rem dan kopling akan berbahaya karena sering injakan pada pedal rem/ kopling meleset akibat pembungkus pedal yang licin ini.
Solusinya pilih pembungkus pedal dari karet berkualitas yang memiliki grip dan pemasangan yang baik pada karet pedal asli
7. Menaruh barang dibawah kursi driver
Tahukah pembaca mobilku.org jika sangat berbahaya menaruh sesuatu/ benda (laptop, botol aqua, tas, dll) di bawah jok/ kursi pengemudi.... alasannya pada saat mobil mengerem, barang-barang akan terdorong maju kedepan, jika ada botol aqua yang ditempatkan dibawah kursi pengemudi terseret kedepan saat di rem maka botol tersebut bisa mengganjal pedal rem, pedal ataupun pedal gas... dan ini bisa membuat kita tidak bisa mengerem mobil,,, akibatnya sangat berbahaya.
Khusus kursi pengemudi tidak boleh ditempati barang pada bagian bawahnya, sedangkan kursi penumpang boleh-boleh saja.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini