3 Tips Mencegah Mobil Limbung saat Membawa Barang banyak

Berkendara jarak jauh membawa barang banyak dan diletakkan di atap mobil memakai roof rack/ roof box/ roof rail memang sangat membantu, karena ruangan kabin jadi lega dan tidak sesak oleh barang, hal ini membuat penumpang merasa nyaman dan lega.
Meskipun begitu menempatkan barang di atas atap mobil juga memiliki kekurangan yakni mobil limbung (body roll) selama perjalanan. Nah mobil limbung ini membuat pengemudi merasa seolah-olah mobilnya tergelincir ketika memindah haluan/ menikung atau bahkan sekedar mengerem mobil, bagi yang pernah merasakan mobil limbung selama perjalanan penuh, tentunya sudah merasakan gak enak banget bukan berkendara seperti ini!!!
Mobil limbung ini selain menyebabkan efek terasa seperti tergelincir, juga dampak ekstrimnya mobil bisa terbalik saat menikung sambil membawa barang karena pusat gravitasi mobil sudah berubah yang awalnya dibawah kini jadi di atas... Inilah yang pecinta mobilku.org harus waspadai, serta berusaha mencegah mobil limbung seperti ini.
Nah berikut ini adalah tips membawa barang di atap mobil dengan roof rack:
1. Usahakan barang yang ditempatkan di atas atap kabin bukan barang berat (barang ringan-ringan saja), sedangkan barang-barang yang bobotnya berat ditempatkan di dalam mobil saja (bagian bawah atau bagasi). Hal ini untuk menjaga agar pusat gravitasi/ center or gravity tidak berubah/ sedikit saja berubah (tetap di bawah), jika barang berat di atas bisa menyebabkan mobil limbung dan terbalik.
2. Jaga kecepatan dibawah 60 km/jam, jika pembaca mobilku.org berniat membawa barang di atas mobil maka aturan batas aman kecepatan laju mobil adalah 60 km/ jam, tidak disarankan lebih dari itu karena menyebabkan goyangan terasa sangat besar...Pada saat kecepatan tinggi dengan goyangan yang besar maka sagat rawan mobil kehilangan kendali.
3. Turunkan kecepatan saat menikung
Ini juga perlu diperhatikan, ingat-ingatlah jika ada barang di atas mobil dan saat menikung turunkan kecepatan dari kecepatan biasanya saat menikung.... Karena efek limbung mobil sangat terasa pada saat menikung. Meskipun sebenarnya efek limbung ini juga akan terasa saat kecepatan tinggi, jalanan rusak/ bergelombang, mengerem dan mengegas.
Membawa barang di mobil
Nah sebisa mungkin manfaatkan bagasi untuk membawa barang, bahkan sebenarnya ada tipsnya bagaimana mengatur penempatan barang di bagasi mobil bagian dalam ini misalnya seperti: keseimbangan berat barang antara sisi kanan dan kiri, barang yang berat diletakkan di bawah, barang dimasukkan dalam tas-tas agar rapi dan tidak kocar-kacir dan lain sebagainya
Khusus bagaimana cara membawa barang di bagasi yang baik, www.mobilku.org sudah merangkumnya pada artikel berikut: Tips membawa barang di bagasi mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini