13 Modifikasi yang Dapat Meningkatkan Kinerja dan Tampilan Mobil

Sebelum membeli mobil idaman, tidak ada salahnya bila pecinta mobilku.org juga menyiapkan dana untuk membeli aksesoris dan perawatan agar tampilan mobil nantinya nampak berbeda dari mobil-mobil yang lain.
Pada dasarnya jika ingin membuat tampilan mobil jadi berbeda dari mobil lain (kebanyakan) terlihat lebih keren/ lebih enak dilihat/ lebih ganteng/ lebih cantik maka sebenarnya pecinta otomotif bisa melakukan modifikasi pada beberapa bagian misalnya pada knalpot, ban, velg, kaki-kaki, lampu, dan lain-lain.
Nah berikut ini adalah 15 tips atau cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tampilan mobil kita, antara lain:
1. Knalpot
Dengan memakai knalpot racing dapat menambah sporty tampilan bagian belakang mobil anda sekaligus dapat meningkatkan performa mesin. Knalpot bebas hambatan ini sanggup melepaskan sisa hasil pembakaran dengan lancar dengan syarat system pembuangannya juga harus dimodifikasi (header, saluran pipa, tabung silencer sampai tail pipe) agar hasil maksimal. Untuk itu, pilihan model tail pipe tersedia model bulat, kotak atau oval tinggal disesuaikan selera dan kebutuhan pilihlah model knalpot yang sesuai selera dan kebutuhan.

2. Lampu
Jika lampu kendaraan anda tidak dilengkapi dengan lampu tipe HID (High Intensity Discharge) yang memancarakan cahaya putih dan terang. Untuk itu, Anda dapat menggantinya jenis HID yang terdapat di pasaran. Pastikan daya atau ukuran watt sama seperti kondisi sebelumnya. Sebab jika tidak, misal diganti dengan watt lebih tinggi dapat meningkatkan resiko kebakaran.
3. Ban
Pemakaian ban kualitas terbaik memiliki daya cengkram di permukaan aspal, handling dan kemampuan menikung yang baik. Ban tersebut juga dapat mempertahankan kecepatan maksimum yang lebih tinggi. Ban tipe ultra-high performance bisa jadi pilihan karena menawarkan yang terbaik buat pengereman dan penanganan pada kedua kondisi basah dan kering. Ban jenis tersebut terbuat dari soft compound (karet halus) dan memiliki daya pijak yang tak tertandingi, namun tidak tahan lama alias cepat 'gundul'.
Lakukan alignment roda setelah ban sudah terpasang pada kendaraan. Hal ini karena ban mungkin tidak sempurna selaras dengan arah perjalanan, yang dapat mempengaruhi karakteristik penanganan dan konsumsi bahan bakar.
4. Suspensi
Sistem suspensi memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil, meredam gejala limbung (body roll) saat kecepatan tinggi atau menikung. Mobil dengan dimensi rendah mampu memberikan efek dinamis dan juga sporty. Membeli seperangkat sokbreker aftermarket tidak ada salahnya guna mendapatkan pengendalian yang stabil bagi mobil Anda. Kinerja sokbreker aftermarket lebih keras ketimbang standar dibuat untuk kenyamanan sehingga meminimalisir gejala body limbung dan saat menikung meminimalkan oversteer atau understeer. Jangan lupa tambahkan strut bar untuk mengurangi getaran pada setir kemudi. Peranti tersebut juga mampu menjadi pemikat tampilan ruang mesin.
5. Velg Racing
Velg model sport / racing tidak hanya menjadi pemanis tampilan. Tapi sebenarnya berfungsi untuk membantu kerja mesin. Pada kecepatan tinggi, mobil lebih stabil jika menggunakan roda yang sedikit lebih lebar dengan balutan ban berprofil lembut dan tipis sehingga jarak gorund clearance lebih rendah guna efek aerodinamis. Kebanyakan velg racing dibuat dari bahan cor cetakan (baja). Velg bahan ini biasanya lebih murah daripada velg berbahan alumunium. Sedangkan Velg barbahan alumunium lebih ringan. Velg jenis ini membantu kerja suspensi lebih baik sehingga pengendalian dalam bermanuver kian mantab. Begitu juga saat ber-akselerasi.
6. Rem
Misalnya kita sudah meningkatkan performa mesin ke yang lebih baik tetapi peranti penghenti laju masih standar sama saja juga bohong. Sebab, peranti standar dari pabrik kurang mumpuni dalam menghentikan laju mesin ber-spek balap. Tentu bila dibiarkan hal ini dapat mengancam jiwa Anda dan pengguna jalan lain. Anatomi system rem tersebut meliputi (minyak rem, cakram, kampas, caliper, slang rem).
Pasalnya rem after market, Peranti high performance dapat menghentikan laju mobil dengan baik, lebih tahan terhadap panas yang ditimbulkan akibat gesekan dan tekanan. Mutu kekuatan atau daya tahan pakai bisa 3 - 4 kali lebih lama dibandingkan versi standar.
Pemasangan rem jenis ini dinilai mampu menaikkan citra mobil karena lebih terlihat keren menghiasi velg recing anda. Tetapi tidak disarankan hanya mengganti salah satu dari komponen saja, misalnya anda hanya mengganti kampas saja tanpa dibarengi mengganti piringan (disc) rem. Kemungkinan disc standar tidak mampu menahan panas dari kampas racing.
7. Bodykits
Pemasangan bodykits memperkuat tampilan eksterior mobil Anda, dan membuat tampilannya jadi berbeda dari model yang sama. Bodykits terdiri dari bumper depan, side skirt, diffuser dan spoiler. Bodykits Kebanyakan dibuat menggunakan Poli-Uretan (serat fiber). Bahan tersebut lebih tahan terhadap kerusakan, ringan dan relative lebih murah. Misalnya, Diffuser Vortex yang cukup popular, pasalnya selain mempercantik mobil hambatan udara dari depan diminimalisir saat kecepatan tinggi.
8. Cat Bodi Penyok atau bekas benturan bahkan goresan walaupun sudah di poles tetap saja membuat tampang mobil tak enak dipandang? Mungkin sudah saatnya membawa mobil ke bengkel bodi, kebanyakan bengkel cat dapat menghilangkan bodi penyok, untuk ini sebaiknya anda memilih cat yang berkualitas agar hasilnya sempurna dan tahan lama.
9. Kaca Film
Kaca film selain dapat memberikan efek sejuk di dalam interior karena dapat mengurangi panas sinar matahari dan mengendalikan pantulan cahaya berlebih juga mengurangi beban kerja AC. Pemasangan windows film membantu mengurangi sinar ultraviolet yang berbahaya yang juga dapat merusak bahan dashboard dan jok menjadi pudar dan mengelupas. Kaca film warna gelap dengan ketebalan (40 sampai 80 %) bisa jadi pilihan untuk mengatasi hal tersebut. Pilihan yang tersedia di pasaran saat ini pun beragam, mulai dari sporty hingga elegance.
10. Cover/ Pelapis Jok
Beralih ke pembungkus jok, dengan mengganti bahan jok pakai jenis kulit mampu memberikan kesan mewah di interior Anda. Selain itu, jok kulit tidak bau dan tidak sulit dibersihkan. Di sisi lain, kursi bahan PVC tidak "bernapas". Itulah sebabnya mengapa Anda merasa hangat dan berkeringat ketika Anda duduk di atasnya untuk jangka waktu yang panjang.
motif atau desain kubik dan kenari adalah contoh model yang bisa dipilih untuk digunakan pada tunggangan anda.
11. Sistem navigasi GPS
Membutuhkan bantuan di sekitar lokasi daerah yang tidak ketahui? Dengan sistem navigasi GPS (Global Positioning System), Anda tidak akan pernah tersesat lagi. Sistem navigasi GPS menampilkan peta wilayah dan membimbing pengemudi ke tujuan dengan real-time routing dan positioning. Selain dari tampilan LCD, sistem navigasi yang paling memiliki fitur panduan suara. Sopir tidak lagi harus mencuri sekilas di layar tampilan untuk instruksi dan berkonsentrasi penuh pada mengemudi.
12. Sistem entertaiment
Pernahkah Anda menyetel audio dengan volume tinggi kemudian hasil suaranya tidak enak didengar telinga? Itu tandanya Anda harus mengupgrade system audio standar (head unit dan sepasang speaker) yang tertanam di mobil agar kualitas suara lebih nyaman didengar. Caranya pilih satu unit tweeter guna memperoleh suara lebih jelas. Setelah itu, pasang speaker dengan nilai efisiensi lebih tinggi. Jika tidak bisa terjadi distorsi ketika kurang bertenaga. Lalu tambahkan unit power amplifier untuk memberikan sumber tenaga untuk kualitas suara lebih besar. Nah, untuk mendukung tampilan interior yang rapih dan indah, bisa dengan menambahkan ornament seperti acrylic beserta lampu warna LED.

13. Aksesoris mobil
Ada berbagai macam aksesoris aftermarket dari mulai meter indikator (gauge) ban sampai setir.
aksosori model racing seperti setir kemudi, tuas persneling (gear knob), rem tangan (handbrakes) dan pedal set memberikan pegangan yang lebih baik serta mampu memberikan atsmosfer berbeda di ruang kabin Anda.
Aksesoris lain misalnya, pasang quick shifter yang lebih pendek dapat lebih nyaman saat ingin melakukan oper / perpindahan gigi. Jok model bucket, mendukung dan mengapit postur tubuh dengan aman dalam segala kondisi mengemudi. Meskipun ringan, jok tesebut bekerja sangat baik untuk melindungi pengemudi sehingga bodi tidak mudah terhempas saat terjadi benturan hebat. Lalu, sensor parkir berguna bagi pengemudi saat ingin parkir ditempat sempit, dan akan memberikan peringatan (bunyi) bila terlalu dekat dengan sesuatu di belakangnya.
Meter indicator selain membuat tampang kian sporty, juga memudahkan saat ingin melihat tekanan minyak, temperature, tegangan aki atau battery dan vakum.
Perawatan mobil
Terakhir, yang juga penentu dari kesemuanya adalah bagaimana Anda merawat mobil kesayangan. Betapa pun sudah sempurnanya tampilan mobil namun bodinya terlihat kusam akan tampak biasa-biasa saja. Nah untuk itu, lakukan perawatan terhadap bodi, velg dan kaca. Untuk menghilangkan noda atau kerak bandel yang tidak mau pergi. Di bengkel salon biasanya terdapat paket perawatan baik interior (dashboard, konsol & kaca depan) mapun eksterior (ban, rims, body & kaca depan mobil) atau kombinasi keduanya
Nah setelah mengetahui bagian-bagian pada mobil yang bisa dimodifikasi untuk meningkatkan performa mobil serta tampilan mobil, pecinta mobilku.org tidak bingung lagi bukan menentukan bagian mana yang bisa dirubah pada mobil sendiri

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini