Spesifikasi Mesin dan Kelebihan Isuzu Traga

Isuzu baru saja mengeluarkan mobil terbarunya yakni Isuzu Traga, mobil yang termasuk dalam jenis Pikup kelas medium (Cab Over Medium Pick Up) ini memakai mesin diesel yang terkenal handal + irit + perawatannya mudah yakni mesin Diesel 2500 cc Direct Injection yang berkode 4JA1-L (mesin yang sama juga dibenamkan pada Isuzu Panther).
Spesifikasi Mesin Isuzu Traga
Boleh dikatakan jika Isuzu Traga ini memakai mesin milik Isuzu Panther yang memang terkenal irit dan tangguh serta minim perawatan, sementara bagaimana spesifikasi teknis/ kemampuan mesin ini?
Isuzu Traga memiliki tenaga sebesar 80 Ps pada putaran mesin 1800 Rpm, sementara torsinya mencapai 191 Nm.
Torsi sebesar ini memang sangat cocok untuk mobil medium pickup yang akan sangat mumpuni untuk mengangkut barang-barang berat (hasil bumi, pupuk, jasa ekspedisi, material bangunan, dll) bahkan untuk menanjak mobil ini juga sangat mumpuni.
Mesin Isuzu Traga ini lebih unggul jika dibandingkan dengan mesin Mitsubishi Colt L300 (rivalnya sesama medium pickup diesel), sebagai perbandingan berikut ini adalah spesifikasi mesin Mitsubishi Colt L300:
Jenis mesin: Diesel
Kapasitas: 2500 cc
Tenaga maksimum: 74 Hp
Torsi maksimum: 133 Nm
Pasokan BBM: multi point injection
Nah jika dilihat sepintas saja maka terlihat bahwa tenaga Isuzu Traga lebih besar yakni 80 Ps sedangkan Mitsubishi L300 hanya 74 Hp atau 75 Ps (selisih 5 ps), sementara torsi ini yang jauh berbeda dimana Isuzu Traga memiliki torsi sangat besar sampai 191 Nm sedangkan L300 hanya 133 Nm sangat jauh perbedannya.
Torsi ini adalah kemampuan membawa beban/ menggerakkan mobil dari kondisi diam, Torsi yang besar akan sangat terasa jika melewati tanjakan atau membawa barang berat kemudian menanjak. baca ulasan tentang torsi mobil
Ukuran Bak Isuzu Traga
Lantas bagaimana dengan ukuran atau dimensi mobil Isuzu Traga ini?
Isuzu Traga memiliki panjang kargo sekitar 2,8 meter dan lebar 1,6 meter, sementara mobil ini mampu mengangkut beban/ barang hingga 1,5 Ton (1500 Kg) lumayan banget.
Kita bandingkan dengan bak atau kargo dari L300:
Panjang bak atau kargo L300: 2,425 meter
Lebar: 1,44 meter
Nah dari perbandingan panjang dan lebar kargo dapat dilihat bahwa Isuzu Traga memiliki ukuran bak atau kargo yang lebih panjang dan lebih lebar.
Kemudahan Perawatan Isuzu Traga
Isuzu Traga diklaim memiliki mesin yang bandel yang terbilang cukup modern karena memakai mesin yang sama dengan Panther, mesin panther ini minim sekali perawatan... Jika memang terjadi kerusakan maka suku cadangnya juga melimpah karena komponen/ sparepartnya banyak tersedia di pasaran.
Tak hanya mesin yang suku cadangnya melimpah, tetapi bisa dikatakan komponen lainnya seperti kaki-kaki, transmisi, dll adalah memakai line up produk Isuzu lain sehingga suku cadangnya bisa substitusi dengan mobil Isuzu lain yang artinya tersedia cukup melimpah.
Harga Isuzu Traga
Isuzu Traga ini dijual dengan harga yang lumayan murah jika melihat keunggulan-keunggulannya yakni 190 Juta Rupiah, sudah on the road DKI Jakarta.
Coba kita lihat harga pesaingnya yakni L300 yang dijual dengan harga sekitar 174 juta rupiah OTR DKI Jakarta.
Memang harganya sedikit lebih mahal, akan tetapi jika kita melihat perbedaan kualitasnya seperti:
- Desain Isuzu Traga yang lebih modern
- Kemampuan mesin yang jauh lebih bagus
- Kargo pikup yang lebih panjang dan lebih lebar (mampu memuat lebih banyak barang)
- Daya muat yang lebih besar
Kami rasa Isuzu Traga lebih recomended

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini