Posisi Duduk Penumpang paling Aman dari Tabrakan, Ternyata disini

Mengendarai mobil baik sebagai driver ataupun penumpang ternyata memiliki resiko kecelakaan yang berbeda-beda, ambil contoh posisi penumpang di depan (sebelah kiri driver) ternyata memiliki resiko kecelakaan yang paling tinggi dibanding duduk di tempat lain, bahkan lebih tinggi resiko kecelakaannya dibanding sopir mobil itu sendiri.
Posisi paling berbahaya adalah di sebelah pengemudi
Apa alasannya? menurut penelitian dan statistik, jika terjadi kecelakaan driver secara otomatis melakukan gerakan reflek menghindari kecelakaan dengan membanting stir ke kanan ataupun ke kiri, dan yang jadi korban kebanyakan adalah penumpang sebelah kiri pengemudi. Begitu pula saat berjalan biasanya driver lebih mudah memperkirakan haluan sebelah kanan daripada haluan mobil sebelah kiri, itu sebabnya sering terjadi mobil menabrak tiang/ pohon karena terlalu minggir dan lagi-lagi yang jadi korbannya adalah penumpang sebelah kiri pengemudi.
Posisi duduk penumpang di belakang paling aman
Nah berbeda pula dengan bangku belakang penumpang bangku belakang, dimana posisi paling aman adalah ada di belakang pengemudi atau di sebelah kanan belakang dan sebelah tengah, posisi paling aman ini diyakini adalah posisi yang paling jarang terjadi benturan langsung. Nah bagi pecinta otomotif yang ingin mendapatkan posisi paling aman dari tabrakan bisa memilih posisi ini.
Posisi tempat duduk yang aman juga tergantung tipe mobil
Meskipun secara umum posisi paling berbahaya adalah di sebelah driver, dan posisi paling aman adalah di belakang driver tetapi ada beberapa mobil yang tingkat bahayanya bisa sampai beberapa baris...misalnya mobil bus dimana posisi paling berbahaya adalah 2 baris di depan dan 1 baris di belakang.
Nah untuk lebih enaknya menentukan posisi aman pada mobil pecinta otomotif bisa melihat gambar, dimana posisi paling aman digambarkan dengan kursi warna hijau, posisi paling berbahaya digambarkan dengan posisi warna merah dan posisi yang sedang digambarkan dengan warna biru laut (putih).
Atau dengan pedoman dibawah ini.
- Mobil bus
 posisi paling aman: bariske 3 sampai baris ke 5
 posisi paling berbahaya: baris pertama dan kedua, baris terakhir
- Mobil sedan
 posisi paling aman: baris kedua (dibelakang pengemudi dan kursi tengah)
 posisi paling berbahaya: sebelah kiri driver
- Mobil MPV
 posisi paling aman: baris kedua (kursi tengah dan kursi kanan)
 posisi paling rawan kecelakaan: depan sebelah kiri pengemudi

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini