Membersihkan Bau Rokok dalam Mobil

Mobil seharusnya memang bebas dari asap rokok, asap rokok selain bisa menyebabkan penyakit berbahaya dia juga dapat menyebabkan penumpang jadi mabuk terlebih saat melewati jalanan berkelok-kelok naik turun disertai adanya bekas bau rokok di kabin mobil.
Seorang yang merokok dalam mobil bau rokoknya akan tetap tertinggal dalam mobil bahkan sampai beberapa hari, selain itu jika frekwensi merokoknya sering maka akan meninggalkan warna kekuningan pada bagian plafon mobil... warna kekuningan ini adalah zat nikotin yang menempel pada atap/ langit--langit kabin mobil dan paling sering menimbulkan bau rokok tinggal lama-lama di mobil.
Untuk membersihkan bau rokok dalam mobil ini sebenarnya cukup mudah, yakni dengan cara membersihkannya menggunakan cairan interior cleaner pada bagian dashboard (bermaterial plastik/ besi/ yang lain), dan juga membersihkan bagian kabin yang bermaterialkan kain/ busa (misalnya plafon dan pilar-pilar mobil) dengan pembersih kain fabric (pembersih khusus kain fabric seperti gambar berikut).
Kedua jenis pembersih itu sangat mudah didapatkan di toko sparepart mobil atau car care, harganya pun tidak mahal berkisar antara 20 ribu hingga 50 ribu, pilihlah pembersih yang berkualitas atau dari merk terkenal misalnya 3M atau yang lain.
Langkah membersihkan bau rokok pada dashboard mobil:
1. Siapkan lap microfiber dan interior cleaner
2. Semprotkan interior cleaner pada lap microfiber
3. Tekan ringan usapkan interior cleaner pada lap microfiber sampai merata, kemudian angkat kotorannya dengan cara membersihkan/ mengelap secara memutar
Membersihkan bau rokok pada plafon/ jok mobil
1. siapkan lap microfiber dan cairan pembersih kain fabric
2. semprotkan pembersih kain fabric pada lap microfiber
3. usapkan secara searah untuk membasahi dan menarik kotoran berupa warna kibing pada plafon, pilar-pilar mobil dan juga jok.
Cara mengusap/ membersihkan kain berbeda dengan plastik, kain mengusapnya secara searah agar tidak merusak serat yang ada sedangkan material berbahan plastik diusap secara memutar (searah jarum jam atau sebaliknya) agar kotoran terangkat semua.
Pada beberapa jok ada yang terbuat dari kulit, cairan pembersihnya bisa memakai leather cleaner (khusus untuk membersihkan jok berbahan kulit).
Membersihkan sudut-sudut yang sulit
Pada mobil terdapat sudut-sudut yang sulit dijangkau dengan kain lap microfiber misalnya: bagian kisi-kisi AC, sudut dashboard, dll. Nah untuk tanggung bukan jika saat kita membersihkan bau rokok ini sebenarnya kita membersihkan mobil tetapi ada bagian sudut-sudut yang masih kotor, sekalian aja dibersihkan.
Untuk membersihkan bagian sudut-sudut ini kita bisa memakai:
1. Sikat gigi yang halus
2. Kuas kecil yang halus
Nah dengan tambahan 2 benda ini mobil kita bisa menjadi bersih dan lebih enak dilihat
Membersihkan debu pada jok
Jika pecinta otomotif memiliki vacum cleaner maka pecinta otomotif bisa memanfaatkannya untuk membersihkan jok mobil yang terbuat dari kain yang biasnaya menyerap debu, vacum cleaner ini juga sangat efektif untuk membersihkan debu yang menempel di sudut-sudut mobil ketika membersihkannya dengan kuas sambil menyedot debunya dengan vacum cleaner.
Jika pecinta otomotif tidak memiliki vacum cleaner maka jangan khawatir, ada cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan debu yang masuk pada jok mobil yang bisa dibaca pada artikel berikut: Cara Membersihkan Debu pada Jok Mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini