Headlamp dan Foglamp Warna Kuning, paling Efektif Tembus Kabut dan Hujan

Sering dengan selera dan perkembangan teknologi yang memudahkan pembuatan lampu, saat ini banyak warna lampu mobil yang dirubah dari standar pabrikan, dari warna kuning dirubah menjadi putih baik pada foglamp (lampu kabut) ataupun pada headlamp (lampu depan).
Nah lantas apakah itu menguntungkan? ternyata tidak sob, karena warna yang paling efektif menembus kabut ataupun menembus hujan atau menembus gelapnya malam adalah warna kuning.
Menurut Imam Pribadi selaku Instruktur Dealer Toyota jika merubah foglam dengan warna putih adalah sia-sia karena kabut sudah berwarna putih disinar dengan warna putih pula (hal yang sia-sia), sedangkan masih menurut Imam Pribadi bahwa nyala lampu warna putih memiliki jarak pandang yang pendek sehingga tidak efektif dipakai untuk lampu kabut.
Nyala warna putih juga berpotensi menyilaukan kendaraan di depannya jika tidak benar-benar dipasang presisi nyalanya ke jalan, menurutnya warna yang paling baik menembus kabut/ hujan deras/ malam hari adalah warna kuning... bohlamp standar asalkan warna kuning sudah bisa/ cukup baik dipakai.
Bolehkan mengganti warna headlamp dari kuning ke putih?
Beberapa pemilik mobil ingin tampilan nyala lampunya lebih keren dengan mengganti warna standarnya yakni kuning menjadi putih! lantas apakah dibolehkan? sebenarnya boleh-boleh saja tetapi tentunya tidak akan seideal nyala standar pabrikan yakni kuning ke putih.
Warna nyala lampu standar pabrikan adalah 4300 Kelvin yakni kuning ke putih, akan tetapi menurut beberapa praktisi otomotif jika ingin menggantinya dengan warna yang cenderung putih ke kuning boleh saja asalkan tidak melebihi dari 6000 Kelvin.
Pemakaian lampu diatas 6000 kelvin yang nyalanya putih kebiruan akan meningkatkan resiko kecelakaan karena kemampuannya yang minim untuk menembus hujan/ kabut/ gelapnya malam (jarak pandangnya pendek). Selain itu warnanya (putih ke biru) berpotensi potensi menyilaukan pengguna jalan lain dan bisa menimbulkan kecelakaan, ungkap salah satu pemilik bengkel SACS Jakarta.
Masalah headlamp:
- Headlamp kemasukan air/ berembun
- Headlamp berjamur/ menguning
Mengganti Warna Foglamp
Sama seperti headlamp, fungsi foglamp lebih cenderung ke kemampuan menembus kabut dan hujan deras... fungsi lainnya hampir tidak ada seperti fungsi komunikasi dengan pengendara lain atau fungsi yang lain kecuali untuk memperindah tampilan mobil.
Nah saat ini banyak yang mengganti warna foglam dari kuning ke putih bahkan ke warna lain seperti biru, jika dimaksudkan untuk terlihat unik sih tidak masalah (sah-sah saja), tetapi jika ingin lebih fungsional (sesuai fungsinya) yakni melihat jalan dikala dibutuhkan maka warna kuning (standar) adalah yang paling baik. Jadi tidak perlu dirubah-rubah sebenarnya
Masalah pada foglamp
- Foglamp kusam karena kotor, masalah ini sering terjadi..tetapi cara membersihkannya sebenarnya cukup mudah yakni dengan membersihkannya menggunakan All Purpose Cleaner
- Foglamp berjamur, karena lembab dan kotoran foglamp juga bisa berjamur...nah ca membersihkannya yakni dengan mengcompound dan membersihkan dengan mesin poles, terakhir dilakukan waxing.
- Foglamp berembun, nah ini disebabkan oleh getasnya seal foglamp (aus).
- Sering melewati jalan kurang baik (bergelombang/ rusak) juga memicu pendeknya umur pakai foglamp.
Oh iya jika pecinta otomotif  mengalami foglamp yang mati dan ingin mengganti bohlamp lampu kabut, maka bohlamp foglamp paling banyak dipakai adalah bohlam tipe H3 atau H11.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini