Akibat memakai Ban Motor terlalu Kecil

Memiliki motor saat ini merupakan aktifitas yang menyenangkan, beberapa anak muda biasanya memodifikasi ban motornya yakni dengan mengganti ban aftermarket yang secara dimensi lebih kecil.
Ban dengan lebar tapak yang kecil atau biasa disebut ban drag atau ban cacing memang menjadi pilihan utama saat pertandingan Drag atau jalanan sepi. Pasalnya luas permukaan ban (tapak ban) jika lebih kecil maka laju motor akan lebih cepat dari ban standarnya. Berikut keungtunga memakai ban cacing/ ban drag/ ban kecil:
1. Ban motor yang kecil akan meningkatkan laju yakni dengan mengurangi gesekan permukaan ban dengan aspal (jauh lebih ringan)
2. Ban kecil sekarang lagi ngetrend
Resiko memakai ban yang lebih kecil dari standartnya
Meskipun ban cacing/ ban drag/ ban yang kecil motor menjadi lebih enteng karena minimnya hambatan gesekan dengan aspal, akan tetapi ban kecil pada motor ini juga memiliki resiko yang sangat besar antara lain:
1. Tidak stabil seperti ban standartnya, untuk beban motor yang cukup berat maka APM motor telah mempertimbangkan besaran ban yang dipakai agar bisa melaju stabil di jalanan... motor dengan ban drag ini relatif lebih mudah jatuh dibandingkan motor ban standart
2. Lebih tidak nyaman, meskipun terlihat keren tetapi ban drag atau ban cacing ini ternyata tidak nyaman dikendarai, karena sebenarnya ban juga memiliki sistem suspensi.... pada ban cacing ini ban hampir tidak memiliki sistem suspensi sehingga dikendarai terasa keras/ kasar/ kurang nyaman
3. Daya cengkeram ke jalan/ aspal berkurang, nah ini yang menjadi masalah utama karena saat keadaan tertentu kita membutuhkan daya cengkeram yang baik...misalnya saat mengerem mendadak, jika ban standart cukup baik mencengkeram aspal maka lain dengan ban cacing ini yang pasti akan terpeleset saat mengerem mendadak. Hal ini wajar karena bidang cengkeram ke aspal sangat kecil itupun tidak ditunjang dengan elastisitas karet ban yang baik.
Kasus motor dengan ban cacing terlindas truck
Di sragen baru saja terjadi lakalantas yang melibatkan motor matic modifikasi (ban kecil) dengan truck, motor matic kehilangan traksi/ cengkeraman ban ke aspal saat menikung...akibatnya motor terpeleset dan terjatuh dan naasnya motor dan pengendaranya terseret menuju arah truk yang sedang berjalan. Pengemudi truck sudah berupaya menghendar tetapi naas masih terlindas ban belakang truck, pengendara yang berboncengan tersebut meninggal dunia karena luka di kepala, sedangkan yang dibonceng masih selamat.
Hindari memakai ban seperti ini ya brooo....

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini