Tips Mudah Membersihkan Plafon Mobil Sendiri

Plafon mobil termasuk bagian yang sering kotor, letaknya yang diatas kabin membuatnya terlihat jelas sehingga sedikit saja kotoran sudah terlihat kotor deh interiornya. Plafon ini biasanya terbuat dari material fabric atau kain berserat. Membersihkan plafon mobil sendiri sebenarnya sangat mudah, yang dibutuhkan hanya alat dan bahan sederhana seperti lap microfiber dan pembersih noda untuk kain fabric.
pembersih plafon atau kain fabric
Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Siapkan alat yang dipakai yakni lap microfiber dan pembersih noda kain fabric
2. Semprotkan cairan pembersih ke lap microfiber, jangan disemprotkn langsung ke plafon mobil karena malah akan membuat kotor plafon
3. Usap plafon mobil secara searah, dan jangan terlalu keras menekan plafon. Jangan membersihkan dengan cara memutar atau sembarang arah karena akan membuat serat plafon rusak.
4. Jika sudah bersih tunggulah sampai kering, lalu gunakan lap microfiber untuk merapikan arah serat kain plafon.
Bagaimana, mudah bukan? dibawah ini adalah tambahan cara membersihkan bagian interior mobil yang lain
Membersihkan dashboard mobil
Membersihkan dashboard mobil juga terbilang mudah, alat-alatnya pun sederhana antara lain:
- Kuas kecil ukuran 1 atau 2 jari
- Interior cleaner
- Lap microfiber
Kuas ini nantinya digunakan untuk membersihkan dashboard yang sulit dijangkau dengan lap microfiber seperti kisi-kisi AC atau sudut-sudut dashboard, kuas bisa dibeli di toko bangunan.
Interior cleaner ini bisa dibeli di toko sparepart mobil atau car care, harganya tidak mahal kira-kira 30 ribu sampai 50 ribu rupiah... nah yang pasti jangan beli merk abal-abal karena beresiko warna dashboard belang-belang.
Lap microfiber bisa dibeli di tempat yang sama dengan interior cleaner, harganya sekitar 20 ribu sampai 30 ribu rupiah.
Bagaimana cara membersihkannya? lihat di: Cara membersihkan dashboard mobil
lap microfiber

Membersihkan Jok mobil
Membersihkan jok mobil ini yang mungkin sedikit berbeda caranya, karena jok mobil yang berbahan kain berbeda sara pembersihannya dengan yang berbahan kulit atau sintetis.
Membersihkan jok mobil berbahan kain membutuhkan penyedot debu untuk membersihkan debu yang masuk ke dalam kain, sementara untuk nodanya bisa memakai detergen yang tidak terlalu keras (bisa memakai shampo bayi) sedangkan peggosoknya bisa memakai sikat gigi yang halus.
Berikut adalah cara membersihkan jok mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini