Komparasi Mobil Pick Up Paling Disukai

Segmen mobil pikup termasuk pangsa pasar yang kecil ditengah mobil-mobil MPV dan SUV, konsumen mobil pick up kebanyakan adalah wiraswasta yang digunakan untuk kendaraan niaga/ mengangkut barang.
Tercatat selama 11 bulan di Tahun 2017 (Januari - November) penjualan mobil niaga ini mencapai 128.731 unit mobil, cukup kecil memang jika dibandingkan dengan jenis mobil lain. Uniknya konsumen mobil pickup termasuk yang sangat pilih-pilih terhadap mobil yang akan dibeli (maklum mereka pengusaha dan harus memperhitungkan dengan detail kebutuhan mobilnya).
Beberapa mobil pickup paling disukai konsumen (paling banyak dibeli) adalah masih didominasi oleh Granmax, Carry, L300, APV, T120 SS, dll.
Bukan tanpa alasan mereka memilih suatu produk, karena juga mempertimbangkan: Harga mobil, spesifikasi mesin mobil, biaya service rutin, harga sparepart, kemudahan perawatan, harga jual kembali, kapasitas angkut barang, karakter mobil, dll.
Berikut adalah mobil pickup paling diminati konsumen (terlaris) selama tahun 2017:
1. Daihatsu Granmax, terjual sebanyak 38.569
2. Suzuki Carry Pickup: terjual 28.899 unit mobil
3. Mitsubishi L-300: laku 18.845 mobil
4. Suzuki APV Pickup: 11.852 unit
5. Mitsubishi T120SS mini: 9.531 unit mobil
6. Mitsubishi L-200: 9.176 mobil
7. Toyota Hilux : 7.287 unit mobil
8. Isuzu Panther Pikap: 1.189 mobil
9. Isuzu D-Max: 965 unit mobil
10. Tata Super Ace: 791 unit mobil
Ternyata 5 besar masih didominasi brand lama yang sangat kuat, sebut saja Carry, L-300, T120SS dan juga brand yang relatif baru tetapi mampu menarik hati konsumen adalah Granmax Pickup.
Keunggulan masing-masing
Dari banyaknya jumlah mobil yang laku menunjukkan mobil pick up apa yang paling disukai (paling laris), meskipun tidak selamanya urutan ini menjadi acuan baku pecinta otomotif untuk membeli mobil pickup. Sebagai contoh Suzuki Carry dan Mitsubishi T120 SS banyak dipakai di pedesaan karena handal di jalanan menanjak, sementara Granmax banyak dipakai di perkotaan karena bak pikup yang lebih besar dan lebih irit BBM.
Pecinta otomotif harus paham betul karakter mobil sebelum memutuskan membeli mobil tersebut, tetapi jangan lupa pertimbangkan kebutuhan. Misalnya membutuhkan mobil untuk mengirim barang antar propinsi, maka tidak perlu memaksa membeli Gramax karena untuk perjalanan jauh mesin diesel lebih ungguh maka bisa memilih L-300 atau Panther Pickup yang notabene bukan peringkat 1 atau 2.
Suzuki Carry adalah mobil yang cukup handal dengan ketersediaan sparepart yang sangat luas, hal ini karena Carry sudah sangat lama menjadi mobil niaga di Indonesia, selain itu Carry Station banyak dipakai untuk angkot sehingga sparepartnya bisa substitusi dengan yang station. Selain itu bengkel-bengkel kecil juga sangat paham terhadap mesin Carry ini. Inilah satu keunggulan Suzuki Carry Pickup kenapa dia tetap diminati.
Daihatsu granmax memiliki keunggulan pada bak yang lebih lebar sehingga dia bisa mengangkut barang dengan volume yang lebih besar, meskipun jika secara bobot juga sama dengan rivalnya. Kelebihan lain dari Granmax adalah lebih irit BBM meskipun banyak juga keluhan tidak setangguh kedua rivalnya (Carry dan T120 SS).
Mitsubishi T120 SS sudah dikenal jagoan tanjakan dari dulu, jadi jika kegunaan mobil untuk mengangkut di perbukitan maka T120SS bisa dibilang pas, meskipun paling handal tetap L-300 untuk tanjakan karena mesinnya diesel dan torsinya besar.
Panther pickup juga sebenarnya recomended karena mesinnya diesel dan sparepartnya juga tersedia, tetapi dari segi harga mungkin terbilang mahal untuk mobil niaga atau pickup.
Kembali lagi ke kebutuhannya apa dan budgetnya berapa

2 komentar:

  1. dari segi kenyamanan dan daya angkut sih saya pilih grandmax

    kelebihannya bisa angkut 3 orang, Perawatan hampir sama kaya xenia, bak cukup besar dan sudah power steering

    kelemahan ditanjakan tenaga kurang jika muatan penuh....ground clearance juga anjlok jika muatan penuh dibandingkan kompetitor....rem parkir model betot dan agak repot jika terbiasa dengan mobil keluarga

    BalasHapus