Fungsi Klakson Selain sebagai Alat Komunikasi

Klakson pada mobil sangat penting keberadaannya terutama untuk alat komunikasi dengan pengendara lain: menyapa, memberi peringatan, menyatakan keadaan darurat dll. Bahkan jika ditemukan klakson mobil/ motor yang tidak berfungsi maka bisa kena denda, karena pentingnya klakson.
Beberapa praktisi otomotif menggolongkan klakson sebagai ornamen safety kendaraan yang bisa berfungsi menurunkan resiko kecelakaan, hal ini sama seperti keberadaan lampu sein sebagai alat komunikasi sekaligus safety kendaraan.
Nah selain fungsi di atas, tahukah pecinta otomotif bahwa sebenarnya penggunaan klakson bisa lebih banyak daripada itu...seperti:
* Sebelum menghidupkan mesin, klakson sebaiknya dibunyikan
Ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan karena kerap mobil dipakai berlindung oleh hewan, dengan membunyikan klakson diharapkan hewan yang bersembunyi di bawah mobil atau bawah ban mobil atau dalam ruang mesin segera keluar menjauh
Anak-anak juga kerap bermain di sekitar mobil, dengan membunyikan klakson harapannya anak akan menjauh sebelum kita menghidupkan mesin.
* Untuk menyalakan mobil
Hal ini mungkin terlihat aneh, tapi membunyikan klakson adalah alternatif jika pecinta otomotif mengalami mesin tidak mau menyala. Terlebih jika pecinta otomotif mengalami mati mesin diperlintasan rel kereta api, membunyikan klakson membuat mobil bisa distarter lagi
* Tanda sebelum beroperasi di dunia operator
Pada mesin-mesin berat dikenal istilah sign before operate yakni membunyikan klakson sebelum melakukan sesuatu antara lain:
- bunyi satu kali sebelum menghidupkan mesin
- bunyi dua kali saat akan berjalan maju
- bunyi 3 kali saat berjalan mundur
Larangan membunyikan klakson

Meskipun klakson merupakan fitur safety yang baik akan tetapi penggunaannya ternyata juga ada batasannya/ larangannya antara lain:
1. Membunyikan berkali-kali untuk mengintimidasi pengendara lain, hal ini dilarang karena bunyi klakson yang panjang serta berulang-ulang dapat menyebabkan orang lain merasa tertekan dan bisa berujung perkelahian
2. Membunyikan di tempat ibadah, sekolah, rumah sakit dan tempat umum lainnya
3. Membunyikan di tempat yang ada rambu dilarang klakson.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini