Alasan Terios menghilangkan Ban serep di Belakang

Daihatsu Terios keluar model baru yang mana kali ini tidak menaruh ban serep pada bagian belakang mobil melainkan diganti di bawah mobil, hal ini memang cukup membuat pecinta otomotif kaget karena selama ini selama 10 tahun Terios ban cadangan selalu ada di belakang mobil. Penempatan ban serep di belakang mobil ini sebenarnya adalah untuk menjadikan tampilan mobil lebih gagah (kebanyakan SUV), dan juga pemilik mobil akan lebih mudah mengambil ban cadangan untuk mengganti ban saat ban utama bocor.
Lantas apa alasan daihatsu menghilangkan ban serep di belakang terios?
* Menurut Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, bahwa penghilangan ban dibelakang bodi ini karena survei pada konsumen yang lebih banyak memilih menghilangkan ban cadangan di belakang mobil terios
* Daihatsu menggunakan ruang bagasi sebelumnya (belakang body) untuk memperpanjang body terios, alhasil ruangan kabinnya kini lebih panjang sehingga lebih lega.
* Ban cadangan yang kini ditempatkan di bagian bawah mobil diklaim lebih aman dari pencurian karena relatif lebih lama waktu untuk melepasnya.
Daihatsu Terios generasi ke dua ini memang bukan facelift dari terios yang lama, akan tetapi benar-benar model baru atau generasi baru Daihatsu Terios yang benar-benar berbeda dari Terios yang lama mulai mesin, interior, eksterior, performa, dll.
Berikut spesifikasi All New Terios
Dimensi:
Panjang: 4.435 mm
Lebar: 1.695 mm
Tinggi: 1.705 mm
Jumlah kursi: 7
Kapasitas penumpang: 7 orang
Jarak sumbu roda: 2.685 mm
Jarak terendah dengan tanah: 220 mm
Berat kosong kendaraan: 1.245 Kg (manual), 1.260 kg (matic)
Daya muat kendaraan: 610 Kg (penumpang + barang), misalnya: jika mobil diisi 7 orang penumpang dengan rata-rata berat penumpang 70 Kg maka berat penumpang total 490 kg, maka masih tersisa 120 Kg untuk barang.
Velg: alloy 16 inch (varian X) dan Alloy 17 Inch varian R
Ban:
Mesin:
Tipe: Mesin bensin
Kode mesin: 2NR VE
Teknologi mesin: DOHC, Dual VVTi
Kapasitas silinder: 1500 cc atau tepatnya 1496 cc
Jumlah silinder: 4
Jumlah katup: 16
Tenaga maksimum: 104 Ps pada putaran mesin 6000 Rpm
Torsi maksimum: 13,9 Kgm pada putaran mesin 4200 Rpm
Sistem pasokan bahan bakar: EFI
Jenis BBM : bensin tanpa timbal
Kapasitas tangki BBM: 45 Liter
Transmisi: tersedia dalam transmisi manual, juga tersedia versi matic nya
Penggerak: roda belakang
Sistem kemudi: Rack pinion dengan EPS
Harga:
Harga All New Terios 2018 ini sudah keluar pada 1 Januari 2018, yakni untuk varian termurahnya 1.5 X MT dijual dengan harga 195 Juta Rupiah OTR DKI Jakarta, sedangkan varian termahalnya adalah tipe 1.5 RAT Deluxe yang dibanderol dengan harga 247,9 juta.
Untuk varian termahal Terios baru ini ternyata lebih murah dari varian termahal terios lama yang dijual sekitar 252 Juta rupiah.
Lihat pada ulasan sebelumnya mengenai All New Toyota Rush 2018

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini