Sabuk Pengaman Mobil: Fungsi dan Cara Memakainya

Pada mobil jadul maupun mobil baru pasti dilengkapi dengan sabuk pengaman, ya karena sabuk pengaman adalah perangkat safety yang paling penting untuk pengemudi maupun penumpang. Bahkan jika mobil memiliki banyak airbag akan tetapi tanpa memakai sabuk pengaman maka airbags itu tidak ada artinya, sabuk pengaman adalah safety pertama dan utama pada sebuah mobil, jadi wajib memakainya saat perjalanan.
Sebenarnya sabuk pengaman sudah didesain sedemikian rupa untuk menghindari pergeseran tubuh dari posisi idealnya (kursi) baik saat bermanuver maupun terjadi tabrakan.
Biasanya di kursi bagian depan (baris pertama) menggunakan sabuk pengaman 3 titik, nah fungsinya 3 titik ini adalah untuk menyebarkan energi saat tabrakan ke 3 wilayah yakni dada, bahu dan selakangan. Di bagian belakang biasanya hanya memakai sabuk 2 titik saja, hal ini tidak masalah karena resiko penumpang belakang tidak sebesar penumpang depan.
Fungsi sabuk pengaman
Fungsi sabuk pengaman sebenarnya banyak antara lain:
1. Menahan posisi badan agar tetap dalam posisi duduk di kursi (tidak terlempar) jika terjadi benturan yang sangat keras
2. mengurangi resiko benturan dengan benda-benda lain di dalam mobil saat terjadi tabrakan, dengan adanya sabuk pengaman diharapkan luka-luka yang dialami tidak begitu serius
3. Bisa membuat lebih nyaman saat berkendara
4. Tubuh tidak mudah goyah/ bergerak ke samping dan depan saat berkendara
Akibat tidak memakai sabuk pengaman
Jika tidak memakai seatbelt maka akibatnya sangat merugikan saat terjadi kecelakaan, antara lain:
- Benturan dengan benda-benda di dalam kabin seperti pintu, stir, dashboard, kaca, dll sangat besar kemungkinannya
- Mengakibatkan luka yang serius
- Mengakibatkan patah pada bagian tubuh
- Bisa terlempar keluar
Selalu memperingatkan memakai sabuk pengaman
Sebagai pengemudi yang baik hendaknya selalu memakai sabuk pengaman dan memperingatkan penumpang lainnya agar memakai sabuk pengaman, terutama penumpang depan. Sekarang pada mobil-mobil baru di kursi belakang juga telah tersedia sabuk pengaman (sebaiknya dipakai juga).
Memakai sabuk pengaman adalah hal yang sangat mudah dan sepele, tetapi orang menyepelekannya dan tidak memasangnya.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini