Hasil Uji Konsumsi BBM dan Akselerasi Honda Civic Hatchback

Honda Civic Hatchback merupakan mobil jenis Hatchback kelas menengah Honda yang memakai mesin bensin 1500 cc disertai turbo, kelebihan mobil ini yakni tenaga yang sangat besar yakni mencapai 173 Hp dan konsumsi BBM yang irit yakni bisa 20 km/ liter BBMnya. Mobil ini cocok untuk anak muda yang tinggal di perkotaan, baik untuk bergaya ataupun yang anak mudah menyukai mobil speed tinggi.
Memang dari sejarah/ brand yang melekat pada Honda Civic sejak era 90 an adalah mobil yang sporty, untuk anak muda, desain sangat enak dilihat, habitat diperkotaan, teknologi mobil yang maju dan identik dengan speed tinggi.
Nah kali ini beberapa majalah otomotif telah menguji bagaimana akselerasi dan konsumsi BBM Honda Civic Hatchback Turbo ini, berikut adalah hasilnya:
* Konsumsi BBM mobil ini pada jalan bebas hambatan di kecepatan 90 km/ jam bisa mencapai 1 : 20,1.... artinya 1 liter BBM bisa dipakai untuk menempuh jarak 20,1 Km
Sangat irit bro mobil ini karena teknologi tinggi yang diterapkan pada mesin, cocok untuk harian nih
* Akselerasi Honda Civic Turbo Hatchback dari kecepatan 0 KPJ sampai 100 KPJ membutuhkan waktu 7,5 detik. Jarang mobil di Indonesia yang memiliki tarikan sekencang ini, yakni hanya butuh waktu 7,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam. Rata-rata mobil di Indonesia masih butuh waktu diatas 10 detik, misalnya Honda Jazz butuh waktu 11 detik, apa lagi mobil jenis MPV penggerak roda belakang seperti avanza/ xenia membutuhkan waktu lebih lama lagi yakni sekitar 15 detik.
Pemakaian mesin kecil dan turbo
Jelinya honda adalah dengan memasang mesin 1500 cc saja pada mobil civic hatchback turbo ini, tujuannya adalah agar hemat bahan bakar dan hal ini benar ternyata konsumsi BBMnya sangat irit. Tidak harus memakai mesin besar untuk mobil kelas menengah ini.
Jelinya lagi meskipun dengan mesin kecil tapi tenaga maksimum yang bisa dihasilkan sungguh gahar yakni mencapai 173 Hp, hal ini adalah dengan pengaplikasian turbo pada mesin 1500 cc nya. Jadi dia bisa irit akan tetapi jika membutuhkan tenaga yang besar dia juga mampu, inilah kelebihan Honda Civic Hatchback.
Sebagai perbandingan: Mobil dengan tenaga sebesar 173 Hp ini jika tidak dibantu dengan Turbo maka mobil membutuhkan mesin yang sangat besar diatas 2500 cc, sehingga mesin sebesar 2500 cc memboroskan bahan bakar.
Harga Honda Civic Hatchback
Mobil yang masuk dalam kelas menengah ini dijual mulai 399 juta untuk varian terendahnya dan 438 juta untuk varian termahalnya on the road DKI Jakarta, nah untuk mengetahui daftar harga lengkap dan detail spesifikasi mesin Honda Civic Hatchback bisa membaca pada artikel sebelumnya di sini

1 komentar:

  1. Kalau dilihat sekilas masih seperti mobil sedan, setelah diteliti ternyata tutup bagasinya sampai di atas kaca belakangnya.
    Tapi kalo kesan desain eksteriornya mendingan yang sedan dulu, lebih kelihatan prestige & luxury-nya :)

    BalasHapus