Alasan Xpander memakai Penggerak Roda Depan!

Mitsubishi Xpander adalah MPV 7 penumpang kelas bawah yang dijual dikisaran 189 juta sampai 246 juta rupiah. Kelas mobil ini setara dengan Avanza, Ertiga, Mobilio, Livina, dll sebagai MPV 7 seater dengan harga yang hampir sama (andaikan selisih hanya sekitar 1-2 juta saja harganya).
mesin, xpander, mitsubishi, penggerak, kelebihan, ukuran, dimensi, nyaman, penumpang, kursi
Nah Mitsubishi Xpander ini memiliki kelebihan pada ruangan kabin yang lebih lega/ lapang dbanding rival-rivalnya (paling lapang), dimensi mobil ini juga paling besar dibanding rivalnya, Mesin yang dipakai adalah mesin bensin berkapasitas 1500 cc dengan tenaga maksimum 103 Hp setara dengan mesin Avanza 1500 cc (kekuatan dan besar silindernya).
Tetapi sistem penggerak atau roda yang berputar karena mendapat daya dari mesin adalah roda depan, artinya mobil ini menarik bukan mendorong. Berbeda dengan Avanza yang memakai penggerak roda belakang, sebenarnya tidak masalah karena banyak rivalnya juga memakai penggerak roda depan misalnya Ertiga atau Mobilio, bahkan Honda BR-V atau HR-V juga memakai penggerak roda depan.
Nah berikut ini adalah pernyataan dari pihak Mitsubishi Motors Indonesia mengapa Xpander lebih memilih menggunakan penggerak roda depan (FWD), tidak memakai penggerak belakang (RWD):
1. Mengikuti trend mobil di dunia yang sekarang lebih cenderung memakai roda depan.
2. Untuk memperluas kabin atau ruang penumpang.
Mobil penggerak depan artinya dia tidak membutuhkan propeler shaft sebagai penyalur tenaga dari transmisi ke roda belakang yang biasa dipakai mobil penggerak belakang, sehingga lantai kabin bisa dibuat rata karena tidak perlu ruang propeler shaft. Ruangan kabin yang rata selain lebih nyaman juga lebih fleksibel untuk membawa penumpang/ barang
3. Akselerasi lebih responsif
Mesin penggerak depan memiliki kelebihan akselerasi yang lebih baik, karena tenaga dari mesin tidak terbuang di sambungan-sambungan propeler shaft. Makin banyak komponen antara transmisi dan roda artinya makin besar hambatan.
Tanpa gardan dan propeler shaft bobot mobil juga lebih ringan sehingga akselerasinya lebih cepat, selain itu perawatan mobil juga lebih mudah dan murah.
4. Lebih irit bahan bakar
Makin ringan mobil dan makin kecil hambatan maka lebih irit pada bahan bakar yang digunakan
Kelemahan penggerak depan
Meskipun begitu penggerak depan juga memiliki kelemahan, terutama saat melewati jalan yang menanjak di perbukitan, apalagi tanjakan di jalan non aspal misalnya jalan tanah atau sedikit berpasir.
Penggerak roda depan lebih mudah spin dibanding penggerak roda bekalang saat menanjak, spin ini adalah istilah roda berputar tetapi mobil diam atau mobil bergerak tapi tidak sebanding dengan cepatnya putaran roda, istilah gampangnya selip. baca di pengalaman admin mobilku.org menanjak memakai mobil penggerak roda depan
Baca Juga: daftar harga Mitsubishi Xpander OTR DKI Jakarta
kelebihan, xpander, mitsubishi, kekurangan, harga, penggerak, roda, depan, perkotaan, pedesaan, offroad

Kesimpulan
Mobil pasti ada kelebihan dan kekurangan
Istilahnya tidak ada yang sempurna setiap mobil pasti ada plus minusnya, kalau mau yang sempurna ya beli yang mahal misalnya land rover atau jeep rubicon, itupun ada kelemahannya yakni dari segi harga :-)
artinya beli mobil yang sesuai kebutuhan, mobil penggerak roda depan akan menguntungkan jika lebih banyak dipakai di perkotaan yang butuh efisiensi, sedangkan jika dipakai di pedesaan lebih baik pilih penggerak belakang. Seperti kasus transmisi diperkotaan mobil matic lebih disukai tetapi di pinggiran kota mobil manual yang lebih banyak disukai.
Jangan lupa test drive sebelum memutuskan membeli Mitsubishi Xpander

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini