Proton Extrema dibekali Mesin 1500cc Bertenaga sampai 180 Hp

Proton Extrema adalah mobil SUV modern buatan pabrikan asal Malaysia (Proton), memang selama 3 tahun belakangan ini Proton mulai masuk pasar Indonesia dengan berbagai produknya dan yang terbaru tahun 2017 ini adalah keluarnya SUV perkotaan Extrema ini.
Proton Extrema bisa dibilang cukup cerdas dalam menentukan mesin yang dibawanya, dia hanya memakai mesin berkapasitas 1500 cc (tidak begitu besar) jadi konsumsi bahan bakar bisa ditekan (lebih irit dari mobil ber CC besar, akan tetapi tenaga mobil ini tercatat mampu sampai 180 Hp dimana tenaga sebesar ini biasanya diperoleh pada mobil bermesin 2500 cc (minim 2000 cc) seperti Honda CR-V atau Nissan Navara atau Nissan X Trail atau Ford Ranger dan sekelasnya (kelas medium).
lantas apa yang menyebabkan Proton Extrema meskipun bermesin kecil tetapi tenaganya bisa sampai 180 Hp? ternyata mobil ini dibekali turbo, ya turbo ini yang nantinya bisa melonjakkan tenaga secara spontan saar Rpm mencapai angka tertentu. Pengemudi mobil dengan turbo ini juga harus menyesuaikan diri dengan turbonya karena kadang-kadang saat menyentuh Rpm tertentu musalnya 4000-5000 Rpm maka turbo akan secara otomatis aktif dan melesatkan tenaga mobil yang mulanya sekitar 120 Hp bisa menjadi sangat besar sampai 180 Hp.
Tak hanya tenaga mobil ini yang besar, ternyata proton extrema mampu mengeluarkan torsi sampai 250 Nm, waow lengkap sudah ya gaharnya mobil ini...
Tampilan mobil ini secara eksterior juga lumayan sadis bro, desainnya mirip dengan HR-V akan tetapi lebih gahar dengan lampu depan dibuat cukup besar dengan desain pipih, lampu utama Proton Extrema ini sudah mengadopsi teknologi LED Xenon, sementara di bawah headlamp tersedia Foglamp dengan desain rumah foglamp ini disemati DRL lamp (lampu siang).
Pada spion juga disematkan sein untuk sinyal berbelok, semntara pada bagian atas mobil sudah dibenami roof rail buit up. Pada bagian belakang mobil ini juga cukup baik desainnya dengan kaca belakang yang ditempatkan lebih tinggi dari mobil-mobil pada umumnya sehingga mengesankan mobil jangkung dari belakang.
Lekuk pada bagian belakang juga terlihat halus dan minimalis, secara umum tampilan mobil ini terlihat:
- dari depan mirip dengan honda HR-V
- dari samping mirip dengan Honda CR-V
- dari belakang mirip dengan mobil-mobil eropa dengan desain membulat, mirip dengan mazda2 akan tetapi lebih besar.
Pecinta otomotif bisa melihat sendiri pada foto proton extrema ini
Meskipun secara teknis mobil ini gahar, akan tetapi proton tetaplah produsen baru di Indonesia yang mana secara kualitas (keawetan mobil dan ketahanan mesin) belum teruji oleh pasar, bisa saja spek gahar tapi hanya bertahan beberapa tahun saja karena dibuat dari material yang kurang berkualitas.
Tak berpikir buruk, saya sendiri dulu pernah memakai mochin yang belum teruji, motor cina yang barunya enak dipakai tapi setelah dipakai 3 bulan saja sudah ada keluhan mesin.
Nah semoga Proton extrema ini tidak seperti itu (bisa seperti motor korea lah paling tidak), sementara untuk jaringan distribusi dan jaringan servive masih sangat terbatas karena produsen baru. Terlebih untuk sparepart masih sangat jauh ketersediaannya di toko onderdil dan bengkel-bengkel.
Semoga keluarnya mobil baru ini disertai dengan perluasan dealer, service dan suku cadangnya. 

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini