Penyebab As Roda Mobil Patah/ Putus

Mobil admin, sayangnya pas putus asnya gak difoto
Ini adalah pengalaman admin mobilku.org yang mana kemarin mengalami putus as roda, kebetulan mobil yang dipakai adalah Suzuki Katana... As roda putus saat menanjak, untungnya di dalam perumahan dan posisi sedang menanjak sehingga tidak begitu parah dampaknya, hal ini akan berbeda jika putus saat turunan dan di kecepatan tinggi serta mobil kelebihan beban wah bakal celaka.
contoh as roda yang putus di turunan
Begitu as roda putus otomatis tenaga dari mesin putus total sehingga mobil admin tidak bisa menanjak lebih tinggi dan akhirnya berhenti di tengah tanjakan dengan menginjak pedal rem dan mengaktifkan rem tangan, sementara waktu itu untung dengan ibu saya sehingga beliau bisa turun dan saya instruksikan untuk mengambil benda apa saja terutama batu atau kayu sebagai ganjal ke empat rodanya.
Setelah diganjal dengan batu dan paving lalu saya coba lepas pedal rem dia tidak turun lagi, akhirnya saya berani turun dari mobil dan menambah ganjal pada masing-masing rodanya...karena kalau tidak diganjal dengan kuat di 4 rodanya bisa bahaya turun meluncur kebawah.
Saat itu saya segera menghubungi bengkel terdekat (kira-kira jarak 1,5 km) dari tempat kejadian untuk memastikan kondisi mobil aman, kemudian sang bengkel mengatakan oke biarkan begini saja (di jalan terganjal) besok pagi saya tangani... okey mas trims ucap saya
Akibat As Roda Putus
Putusnya as roda juga dialami oleh truk dump/ fuso di Kota Malang beberapa waktu lalu dimana mobil bermuatan berlebih turun dari arah malang ke surabaya (posisi persis di turunan pasuruan), karena beban yang sangat berat maka rem pun tidak bisa mengatasi...alhasil mobil melaju sampai beberapa kilometer (5 km) dan akhirnya sang sopir memasukkan truknya ke sungai sebelum menelan korban lebih banyak....Yang jelas as roda putus adalah sangat berbahaya,,bahkan lebih berbahaya dari rem blong saat di turunan, rem saja tidak akan mampu menahan laju mobil saat membawa beban berat di jalan menurun.
Penyebab As roda putus
Pada saat membenahi as roda yang putus (melepasnya as roda yang putus) saya sempat bertanya kira-kira apa mas ya penyebab as roda putus? dia sedikit ragu karena memang belum melihat bagaimana kondisi putusnya... setelah As roda ditarik keluar dia baru mengatakan bahwa penyebab as roda sampean putus adalah dulu pernah di las..
As roda itu terbuat dari baja dan jangan sekali-kali mengelasnya, karena sekali dia terkena panas las maka kekuatan bajanya akan hilang.... jangan sekali-kali mengelas meskipun sedikit ya..
Terus apa penyebab dulunya di las? sambung saya... dia menjawab biasanya penyebabnya laker aus sehingga tidak berfungsi (laker tidak memutar), roda tetap berputar tapi bukan pada lakernya tapi pada as rodanya sehingga As roda menjadi kalah (tergerus). Oleh karena itu untuk mengembalikan As roda seperti semula maka ditambal dengan las, padahal sebenarnya hal tersebut tidak boleh dilakukan, jika As tergerus oleh laker yang bisa dilakukan hanya 2 yakni mengganti dengan as roda baru atau menshocknya, jangan mengelasnya. asalkan As gak kena las gak mungkin putus..,sambungnya,
Di bengkel masnya tersebut admin mobilku.org juga sempat berbicara pada salah satu pelanggan yang lagi service mobil pick up nya dan menceritakan bahwa penyebab Ar roda putus yang pernah dialaminya adalah karena membawa beban berlebih dan dipakai untuk menanjak... dia mengatakan kalau dulu mobilnya yang berdaya muat 800 kg tersebut diisi pupuk sampai 2 ton lebih dan digunakan menanjak di area perbukitan kota batu... akhirnya ditengah tanjakan Ar roda mobilnya patah.
www.mobilku.org juga pernah mengulas tentang mobil offroad yang biasanya dimodifikasi pada final gear dan ban, nah modifikasi pada final gear yang lebih low dengan modif ban yang lebih besar juga rawan akan putusnya as roda ini... beberapa kasus teman-teman offroad mengalami kejadian ini. Sederhana saja misalnya ban diperbesar maka jika dipakai untuk menanjak maka tenaga mesin tidak akan mencukupi, lalu pemilik pasti memodif final gear menjadi low sehingga torsi dari mesin seperti lebih besar... nah hal seperti ini yang kalah adalah As Rodanya
Patahnya as roda admin juga seperti ini persis, pas di pinggir
Jadi intinya ada tiga penyebab patahnya As roda yakni:
1. Karena pernah disentuh oleh api las
2. Karena mobil kelebihan muatan/ beban
3. Karena modifikasi pada ban mobil yang diperbesar dan juga final gear yang diperbesar
untuk penyebab lain saya rasa rekan-rekan bisa menambahkan :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini