Waspada saat Lampu Indikator ini Menyala

Lampu indikator adalah tanda yang menyatakan kesehatan komponen, biasanya diletakkan di daerah dashboard sekitar MID/ Speedometer. Menyala artinya bermasalah (peringatan terhadap komponen tersebut), sedangkan jika mati itu menunjukkan tidak ada masalah pada komponen berlogo indikator tersebut.
Lampu indikator umumnya menyala setelah kunci (kontak) diputar searah jarum jam, akan tetapi begitu mesin dinyalakan (on) biasanya akan segera mati dalam waktu 0-2 detik.
Nah ternyata tidak semua lampu indikator menunjukkan bahaya, beberapa lampu indikator tidak perlu dikhawatirkan saat menyala terus-menerus yang biasanya disimbolkan dengan gambar (simbol) berwarna hijau antara lain lampu Indikator ECO, indikator Cruise Control, Adaptive Cruise Control, dll
Ada pula lampu indikator yang berwarna kuning, warna kuning ini menunjukkan bahaya dengan tingkat yang sedang misalnya indikator bergambar ban ini adalah pertanda tekanan angin ban kurang, indikator bergambar ABS, lampu indikator bahan bakar yang sudah tipis, dan lain sebagainya.
Nah diantara warna lampu indikator yang perlu diwaspadai adalah jika lampu yang menyala berwarna merah, misalnya gambar mobil rusak atau gambar oli menetes yang berwarna merah, atau gambar aki, atau gambar lingkaran dengan tanda seru bertuliskan brake system.
Meskipun warna merah menjadi warna yang harus diperhitungkan paling dini akan tetapi indikator warna kuning hendaknya jangan disepelekan karena jika kita tidak segera memperbaikinya juga maka akan timbul masalah.
Namun jika lampu indikator yang menyala berwarna hijau ini artinya kita tidak perlu khawatir/ gusar, biasanya warna hijau menunjukkan kondisi mobil kita dalam keadaan baik. Akan tetapi untuk memastikan sebaiknya pecinta otomotif membaca buku manual mobil tentang lampu indikator dan bagaimana artinya jika menyala, tentang indikator ini ada pada buku manual mobil dngan lengkap. Berikut ini 10 lampu indikator yang wajib diketahui pengemudi
mungkin ada tambahan dari pembaca mobilku.org
kalau ada kesalahan mohon koreksinya sehingga jadi bahan bagi kami dan masukan yang baik bagi pembaca lain

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini