Lexus Tabrak Truk dari Belakang, Kondisinya Hancur

Sebuah mobil mewah Lexus RC350 mengalami kecelakaan fatal dini hari tadi pukul 02.00 WIB, kecelakaan terjadi di Ring Road barat Godean. Mobil super ini melaju cepat dan menabrak truk yang tengah berhenti di pinggir jalan, parahnya mobil mewah 2 pintu ini sampai masuk ke kolong truck... hal ini disebabkan dimensi lexus berkategori sedan mewah ini tergolong ceper sehingga langsung masuk ke kolong truck.
Mobil mengalami rusak parah mulai bagian depan sampai kabin (ruangan penumpang) ringsek, ada hal yang menarik karena korban yang kondisinya adalah putra dari bos Amplaz Mall, Eddy Tjia (mall terkenal di Jogjakarta). Tak ayal korban langsung diterbangkan ke Singapura untuk mendapatkan penanganan (maklum orang kaya).
Interior Lexus RC350
Lexus RC350 ini memakai mesin V6 berkapasitas 3500 cc, mampu mengeluarkan tenaga sampai 306 Hp dengan torsi 375 Nm. Mobil ini mampu berjalan dari kecepatan 0 sampai kecepatan 100 Km/ Jam dalam waktu kurang dari 6 detik.. wah kebayang bukan bro dahsyatnya tarikan mobil dua penumpang ini untuk ukuran Indonesia, belum lagi sistem penggeraknya dibekali AWD (4x4)
Pelajaran yang bisa diambil
Sebagai driver kita harus memperhatikan kecepatan mobil kita dan juga cuaca/ keadaan jalan, dalam hal ini:
* Kecepatan mobil
Makin tinggi kecepatan mobil maka resiko kecelakaan akan meningkat berkali-kali lipat... kecepatan yang direkomendasikan untuk jalanan di Indonesia adalah dibawah 80 Km/ jam, diatas itu peingkatan kecepatan 10 km/jam akan meningkatkan resiko kecelakaan dua kali lipat. Misalnya pada kecepatan 90 km/jam resiko kecelakaan sudah cukup besar, jika kecepatan ditingkatkan menjadi 120 km/ jam maka resiko kecelakaan akan 3 kali lebih besar.
Usahakan mengemudi di kecepatan 60 sampai 80 kpj untuk jalanan antar kota di indonesia, jika di dalam kota maksimum 60 Kpj. baca pedoman kecepatan maksimum di jalan
* Kondisi jalan
Kita juga harus memperhatikan kondisijalan, jika malam hari dimana jarak pandang menjadi sangat terbatas dan respons kita terhadap keadaan diluar kendali menjadi jauh lebih lambat maka kita harus menurunkan kecepatan kendaraan kita.
Tak hanya faktor kurangnya pencahayaan, pada malam hari apa lagi musim hujan seperti ini jalan seolah tak terlihat, tak jarang admin mobilku.org menggajruk lubang jika malam hari terlebih sehabis hujan atau jalanan basah... sorot lampu kendaraan pun seolah tak berarti jika aspal basah (tidak kelihatan).
* Mengemudi dalam keadaan emodi yang tenang
Nah ini yang sering dialami anak muda saat mengemudi mobil dimana emosinya masih stabil yang memicu kecelakaan. Mengemudi terlalu takut, terlalu panik, terlalu marah. terlalu sedih, dll menyebabkan resiko kecelakaan jauh lebih besar.... tenangkan dulu emosi kita sebelum mengemudi, atur kecepatan yang aman dan waspada terhadap kondisi jalan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini