Konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid tembus 30 Km/L, Sangat Irit

Suzuki Indomobil Sales baru saja melakukan ujicoba sekaligus event liga irit untuk mobil Ertiga Diesel Hybrid, event ini dilakukan selain sebagai promosi pra launching juga untuk menguji secara nyata seberapa irit konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini.
Liga Irit yang di selenggarakan Tanggal 8 Februari 2017 ini mengambil rute start di Senayan Central Business District (SCBD) - Jl. Sudirman Jakarta Selatan  sampai ke Hotel Rancamaya Sukabumi. Event liga irit Suzuki ini diikuti oleh wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik yang bertujuan agar mereka merasakan sendiri bagaimana iritnya mobil ini.
Jalan yang dilalui kemarin tidak lancar artinya mengalami macet sampai merayap sedangkan rute naik turun juga dilahap mulai dari sentul sampai hotel rancamaya, juga melewati jalan bebas hambatan dari lingkar dalam Tol Jakarta sampai gerbang tol Cibubur. Lalu lintas lancar hanya di dalam Tol saja selain itu lalu lintas terbilang sangat padat.
Nah lalu berapa konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid di rute kombinasi? berikut rinciannya:
- Pada jalan bebas hambatan, Suzuki Ertiga Hybrid bisa menyentuh konsumsi BBM 27,8 (sangat irit), bahkan mobil LCGC pun tidak bisa seirit itu, mobil LCGC hanya berada di kisaran 20:1 di jalan bebas hambatan.
- Pada jalan dalam kota (lalu lintas padat merayap) Suzuki Ertiga Hybrid masih bisa menyentuh 18:1 artinya 18 km untuk satu liter pertamina dex, lagi-lagi konsumsi BBM yang fantastis untuk mobil bertorsi 200 Nm dan berkapasitas mesin 1300 cc
- Pada jalan tanjakan dari sentul ke hotel rancamaya yang kondisinya juga tidak bisa dibilang lengang (banyak kendaraan lambat di depan), konsumsi BBM Ertiga Hybrid masih bisa menembus angka 21 km /liter.
- Hasil akhir pada keseluruhan rute kombinasi (Tol+tanjakan+dalam kota), MID menunjukkan konsumsi BBM rata-rata adalah 21 km/ liternya.
- Akan tetapi jika dihitung dari full to full atau mengisi penuh tangki BBM sebelum perjalanan, lalu mengisi penuh lagi setelah perjalanan didapatkan angka 31,1 Km untuk 1 liter BBM. Dimana saat mengisi tangki sampai penuh hanya 2,49 liter yang digunakan untuk menempuh jarak 77,6 Km rute kombinasi. Artinya secara real konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid ini mencapai 31,1 km/ 1 liter Pertamina Dex (rute kombinasi)
Akan tetapi yang perlu diingat bahwa liga irit adalah event yang memberikan tantangan pada driver untuk mengemudi sehemat mungkin sehingga driver akan berusaha mengemudi dengan orientasi efisiensi BBM (misalnya AC dimatikan, tidak full 7 penumpang+barang, dll)... akan berbeda konsumsi BBMnya jika driver berorientasi pada speed.
Secara resmi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini mampu mencatatkan konsumsi BBM 24 km untuk 1 liter BBMnya (rute kombinasi), hal ini sudah diulas www.mobilku.org dalam artikel sebelumnya yang mengulas tentang spesifikasi Ertiga Diesel dan konsumsi BBM yang bisa dicapai..... Lantas mengapa bisa irit? karena mobil ini memakai teknologi diesel terbaru (commonrail) dipadukan dengan teknologi SHVS, teknologi Hybrid, start stop mesin, dan teknologi teranyar lain.
Bagaimana bro tertarik membeli mobil ini? nabung dulu ya... harganya murah bro sekitar 220 juta untuk varian termurahnya, dibandingkan mobil dengan harga tapi value dari Ertiga Diesel Hybrid ini jauh lebih tinggi makanya kami bilang murah.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini