Ini Spesifikasi Mobil Pedesaan yang Dijual 60 Jutaan

Wacana pembuatan mobil pedesaan oleh pemerintah rupanya hampir jadi kenyataan, saat ini Pemerintah melalui Kemenperin (Kementrian Perindustrian) telah memiliki prototipe mobil pedesaan yang harganya diperkirakan 60 juta rupiah.
Hal ini seperti yang dikatakan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Launching Mobil Pedesaan tanggal 03 Februari 2017 kemarin, bahwa mobil pedesaan ini rencananya diperkenalkan pada Bulan Agustus 2017.
Penyataan sebelumnya dari Kemenperin tentang mobil pedesaan ini, bahwa nantinya mobil pedesaan akan menggantikan peran Grandong di desa-desa, jika selama ini mengangkut mesin selep dengan gerandong kan masalah safety juga tidak ada standarnya karena dibuat sendiri oleh petani. Nah dengan adanya mobil pedesaan ini petani bisa mengangkut hasil panen dan mesin pertanian dengan lebih aman.
Spesifikasi Mobil Pedesaan
Secara resmi spesifikasi mobil pedesaan memang belum keluar akan tetapi dari pernyataan-pernyataan sebelumnya yang dikeluarkan Kemenperin tentang mobil ini:
- Mobil pedesaan ini berjenis mobil pick up atau truck kecil, atau kendaraan angkut atau kendaraan niaga
- Mobil Pedesaan memakai mesin yang kecil dibawah 1000 cc
- Mobil pedesaan dapat mengangkut beban hingga 1 Ton
- Kecepatan maksimum mobil pedesaan hanya 60 Km/ Jam
- Mobil pedesaan hanya diperuntukkan di pedesaan (jalan desa), bukan untuk di jalan raya atau perkotaan.
- Bahan bakar yang dipakai kemungkinan besar memakai Gas (BBG)
- Harga mobil pedesaan sekitar 60 juta rupiah.
Pendapat mobilku.org
Langkah pemerintah memproduksi mobil pedesaan memang bagus, akan tetapi dengan spesifikasi seperti yang telah disebutkan diatas misalnya; kecepatan maksimum hanya 60 Km/ Jam, hanya boleh dipakai di jalan-jalan desa (tidak di jalan raya perkotaan/ TOL).
Pandangan admin www.mobilku.org masih kurang sepakat dengan harganya yang mencapai 60 juta rupiah, sedangkan saat ini dengan uang 20 juta kita sudah dapat mobil pick up bekas jenis Suzuki Carry atau Zebra. Dengan uang 40 Juta kita sudah dapat Carry Pick Up atau Mitsubishi T120 SS yang lumayan bagus dan bisa dipakai ke kota.
Harga mobil pick up Suzuki atau Mitsubishi sekitar 100 juta rupiah, artinya nambah 40 juta dapat mobil dengan kualitas Suzuki/ Mitsubishi.
Satu-satunya daya tarik mobil pedesaan menurut mobilku.org adalah bahan bakarnya yang katanya bakal memakai bahan bakar gas, ini menimbulkan perdebatan apakah nantinya akan baik atau malah lebih buruk.
Tapi dengan kapasitas mesin dibawah 1000 cc dan kecepatan maksimum 60 Km/ jam rasanya kok sangat kurang ya....
Kita tunggu saja bagaimana nanti respons pasar, semoga saja baik... oh iya bro gambar-gambar diatas adalah prototipe mobil pedesaan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini