Ini Kerugian Mencabut Thermostat pada Mobil

Thermostat adalah salah satu komponen pada sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk mengatur mengalirkan dan menghentikan air dari radiator ke mesin, banyak mekanik mengistilahkan thermostat ini sebagai kran yang bertugas membuka saluran air jika suhu mesin terlalu panas dan menutup saluran air dari radiator saat suhu mesin terlalu dingin.
Mencabut Thermostat agar mesin tetap dingin
Banyak orang beranggapan bahwa suhu mesin yang baik adalah tidak naik/ tetap dingin meskipun mobil dijalankan, agar suhu mesin tetap dingin maka banyak orang mencabut/ menghilangkan sistem buka tutup (thermostat) ini pada mobil...benar saja akibatnya saluran air selalu terbuka dan air dingin dari radiator terus mengaliri mesin...akibatnya mesin tetap dingin meskipun dipakai cukup lama
Suhu Optimal Mesin
Anggapan mesin yang baik adalah tetap dingin ternyata salah besar, karena sebenarnya mesin akan bekerja dengan performa paling baik adalah pada suhu sekitar 80-85 derajat celsius (suhu kerja mesin). Pada suhu optimal mesin tersebut pembakaran dalam ruang bakar akan sempurna, sedangkan jika mesin dalam keadaan dingin misalnya suhunya hanya 10 derajat atau 30 derajat mobil tidak bisa optimal bekerja (mobil kadang brebet, sering mati, kurang langsam saat idle, boros BBM, dll)... Nah inilah pentingnya memanaskan mobil sebelum berjalan, salah satunya adalah agar suhu pada mesin naik (panas) sehingga BBM bisa dibakar dengan baik di ruang bakar.
Kerusakan Thermostat
Menurut beberapa mekanik Thermostat ternyata juga bisa rusak dimana rata-rata umurnya adalah 5-6 tahun, nah pecinta otomotif perlu mengecek kondisi thermostat jika sudah memakai mobil lebih dari 5 tahun terutama jika merasakan sistem pendinginan mobil bermasalah.
Tanda yang paling sering terjadi jika thermostat rusak adalah mesin menjadi sangat cepat panas atau mesin juga sulit mencapai suhu optimal mesin, jika terjadi salah satu kondisi tersebut kemungkinannya thermostat macet pada kondisi membuka atau menutup.
Cara mengecek thermostat rusak atau tidak sebenarnya sangat gampang yakni:
1. Lepas thermostat lalu masukkan ke dalam air mendidih
2. Jika terjadi perubahan bentuk (buka tutup klep) maka dia masih berfungsi, jika dimasukkan pada air mendidih dia tidak mengkerut (tidak berubah bentuk) maka dia sudah rusak, solusinya beli yang baru saja murah... Kemarin admin mobilku.org membeli thermostat untuk Suzuki Jimny harganya Rp. 105 ribu
Jika terjadi kerusakan thermostat di jalan (macet) yang menyebabkan air tidak mengalir maka untuk kondisi darurat pecinta otomotif bisa mencabutnya (awas saat mencabut mesin harus dalam kondisi dingin, dinginkan dulu barang 1 jam dengan kap mesin dibuka). Dengan mencabutnya harapannya air dari radiator tidak tertutup sehingga mesin tidak kepanasan, akan tetapi setelah sampai rumah belikanlah thermostat yang baru dan pasang kembali agar mesin kembali bekerja dalam performa terbaiknya.
Kerugian mencabut Thermostat
Banyak kerugiannya bro saat kita menghilangkan/ mencabut thermostat ini, berikut yang pernah dirasakan admin mobilku.org:
1. Mobil menjadi lebih boros BBM, yah karena mesin tidak bekerja dalam suhu kerjanya otomatis pembakaran tidak sempurna...banyak BBM dibuang karena tidak terbakar sempurna, saat itu konsumsi BBM admin sekitar 1:8 (kategori boros) setelah dipasang thermostat konsumsi BBMnya menjadi 1:11 sampai 1:12 normal untuk Suzuki Jimny Katana
2. Lebih lama memanasi mobil saat pagi
Pagi hari ketika suhu udara dingin, shu mesin pun juga sangat dingin berkisar di 10-15 derajat celsius, nah pengalaman admin saat tidak memasang thermostat meskipun sebelum mobil dipakai selalu dipanasi akan tetapi suhunya tetap rendah (tidak pernah mencapai suhu ideal), sedangkan jika thermostat dipasang admin mobilku.org hanya perlu waktu 3 menit indikator suhu mobil sudah naik dan dalam suhu kerjanya (siap di gas)
3. Mobil brebet/ batuk-batuk
Saat tidak pakai thermostat seringkali kalau dipakai (terutama pagi) mobil brebet atau batuk-batuk akibat kedinginan, setelah thermostat dipasang tidak brebet lagi saat jalan pertama kali di pagi hari
4. Performa mobil menurun
Tanpa thermostat performa mobil bisa dibilang jelek (tarikannya/ akselerasinya), hal ini wajar terjadi karena mesin bekerja dibawah suhu kerjanya sehingga performa maksimal mesin tidak tercapai akibatnya tarikannya lemah/ akselerasinya kurang. Berbeda saat thermostat dipasang mobil menjadi lebih enteng.
Nah begitu pentingnya thermostat,meskipun kecil dan sering dianggap remeh tapi ini bisa membuat mobil kalian lebih baik saat dipasang, so jangan dicabut kalau tidak terpaksa... andai terpaksa dicabut sesampai rumah. bengkel belikan yang baru

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini