Honda Mobilio sudah pakai Standar Euro 4

Standar mesin mobil Euro 4 yag kabarnya bakal diterapkan pada pabrikan mobil tanah air rupanya seolah ditanggapi oleh Honda Indonesia dengan santai, mengingat HPM sudah memakai standar Euro 4 untuk mesin mobilnya terutama pada Low MPV andalannya yakni Honda Mobilio.
Bahkan Jonfis Fandi mengatakan bahwa peningkatan standar emisi menjadi euro 4 oleh pemerintah akan sangat bagus bagi Honda karena saat inipun Honda sudah memakai standar tersebut, "nantinya saat standar emisi euro 4 diberlakukan kita tidak perlu mengupgrade mesin lagi" ungkap Direktur Marketing dan after sales Honda Prospect Motor (APM Honda Indonesia) tersebut.
Emisi gas buang ini erat kaitannya dengan aturan yang akan diterapkan pemerintah yakni penerapan pajak kendaraan berdasarkan besarnya gas emisi buang, jika di Eropa banyak negara sudah memberlakukan denda atau tambahan pajak pada kendaraan penyumbang polusi udara....Nah kedepannya Indonesia bakal menerapkan aturan yang sama yakni membebankan pajak yang lebih besar pada mobil-mobil dengan emisi gas puang (polusi besar).
Saat ini pemerintah Indonesia measih memakai Standar Euro 3 untuk emisi gas buang kendaraan mobil baru yang tertuang dalam aturan menteri lingkungan hidup tanggal 1 Agustus 2013, wacana yang muncul adalah meningkatkan ke standar euro 4.
Sementara di eropa standar Emisi gas buang saat ini sudah Euro 6 jadi sangat bersih, sebagai perbandingan mobil bus yang memakai mesin berstandar Euro 3 gas buangnya hanya 1/6 dari asap rokok... jadi sangat kecil bukan emisinya?
Jika kita merasakan polusi udara saat ini dibandingkan 15 tahun tahun lalu memang lebih bersih sekarang, padahal jumlah kendaraan lebih banyak...hal ini karena aturan mengenai gas buang ini makin diperketat oleh pemerintah
Makin kecil emisi gas buang performa mobil makin bagus
Emisi gas buang yang kecil akan secara langsung berdampak pada lingkungan (udara) udara yang bersih tanpa polusi, tak hanya itu karena kecilnya emisi gas buang ini juga merupakan indikator sejauh mana mesin efektif membakar BBM.
Makin bagus mesin maka BBM yang dibakar makin sempurna dan tidak meninggalkan sisa/ residu (emisi gas buang), jadi makin tinggi standar Euronya maka mesin makin tinggi performanya, maka tak heran jika Honda Mobilio mampu mencatatkan tenaga yang besar yakni 118 Hp padahal mesinnya standar 1500 cc dimana rata-rata mobil Low MPV bermesin 1500 cc hanya bertenaga maksimum 105 Hp.
Bahan bakar yang digunakan
Bahan bakar yang digunakan mobil berstandar emisi euro 4 juga makin tinggi karena rasio kompresi mesinnya juga ditingkatkan untuk mencapai pembakaran yang sempurna, nah untuk itu pertamina saat ini sudah mengeluarkan berbagai BBM jenis baru mulai pertalite, pertamax, pertamax plus, pertamax turbo
Apakah lebih boros/ mahal?
Mobil yang bertandar tinggi seperti memakai standar Euro 3 ke atas meskipun BBMnya lebih mahal (pertamax) akan tetapi bukan berarti dia mahal urusan BBM karena mesinnya membakar BBM dengan sempurna, energi pada BBM tersebut terkonfersi menjadi tenaga gerak lebih sempurna (tidak ada yang terbuang) akibatnya mobil menjadi lebih irit.
Sebagai perbandingan Honda Mobilio 1500 cc dengan tenaga 118 Hp yang dipakai di jalan perkotaan konsumsi BBMnya adalah 1:11 dan untuk luar kota bisa diatas 1:18 bahkan bisa tembus di 1:20 pada jalan bebas hambatan. Bandingkan dengan mobil admin Suzuki Katana yang bermesin kecil 1000 cc bertenaga 50 Hp (kurang dari separuh Mobilio), selama memakai mobil ini konsumsi BBMnya paling irit adalah 1:11,3 nah sangat boros bukan.
Artinya mobil-mobil baru meskipun harus meminum BBM sedikit lebih mahal akan tetapi jatuhnya tetap lebih murah dibanding mobil jadul

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini