Bahan Bakar Ertiga Diesel pakai Dexlite atau Pertamina Dex

Tahun 2017 Suzuki mengeluarkan mobil yang benar-benar baru yakni Suzuki Ertiga Diesel, mobil yang jadi keluaran pertama Suzuki di Indonesia diantara beberapa mobil baru yang bakal dikeluarkan tahun ini mulai dari Suzuki Ignis sampai Baleno hatcback.
Seperti yang sudah diketahui bahwa keunggulan mobil diesel adalah pada torsinya dimana dia sanggup membawa beban yang jauh lebih berat di medan tanjakan jika dibanding mesin bensin, itulah alasan kenapa mobil-mobil besar seperti Truk dan Bus memakai mesin diesel dan bukan bensin.
Ini berarti Low MPV dari Suzuki ini "Ertiga Diesel" bakal bisa dipakai di jalan-jalan ke daerah puncak dengan membawa penumpang penuh+barang tanpa khawatir tidak kuat menanjak ya
Untuk harga Ertiga Diesel sudah keluar dimana varian termurahnya dijual sekitar 219,9 juta atau bulatkan saja 220 juta OTR Jakarta, diluar wilayah DKI tentunya harga lebih mahal karena biaya kirim dan administrasi.
Sementara untuk mesin www.mobilku.org sudah membahasnya pada artikel sebelumnya, akan tetapi untuk gambaran singkat bahwa mesin ini memakai mesin diesel commonrail (diesel terbaru). Diesel commonrail berbeda dengan diesel biasa (diesel lawas) dimana dengan teknologi Common Rail ini performa (tenaga) bisa lebih besar, suara lebih tidak berisik, getaran mesin lebih kecil dan Polusi udara akibat gas buang juga sedikit.
Mesin Ertiga Diesel ini berkapasitas 1248 cc, tidak terlalu besar mesinnya karena mengejar efisiensi bahan bakar. Teknologi terbaru yang dibenamkan pada mesin ertiga diesel adalah SVHVS yakni teknologi pintar yang bisa menghemat pemakaian bahan bakar tanpa kehilangan performanya.  Lantar bagaimana dengan tenaga dan kemampuan membawa beban mobil ini jika kapasitas ruang bakar dan mesinnya kecil? jangan khawatir bro...kemampuan moil ini jauh lebih besar daripada mobil-mobil sekelasnya yang bermesin bensin.
Oh iya bro mobil ertiga diesel ini juga masuk dalam kategori mobil Hybrid dimana dia dibekali batere dan bisa berjalan memanfaatkan baterai ini terutama saat mesin mobil belum panas/ awal berjalan. Baterai ertiga diesel ini terbilang canggih karena dia mampu mengisi listrik memanfaatkan pengereman yang dilakukan oleh driver (laju mobil dikurangi dan tenaganya dimasukkan baterai).
Tercatat Ertiga Diesel memiliki torsi sebesar 200 Nm, torsi yang jauh lebih besar daripada mobil sekelasnya semisal Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga Bensin, Toyota Rush dan lain sebagainya. Jika mobil-mobil seperti yang disebutkan diatas torsinya rata-rata 140 an Nm tetapi Ertiga Diesel mencapai 200 Nm, torsi ini ibaratnya kekuatan ototnya dia sanggup membawa beban berapa... jadi kalau mobil bertorsi 140 an Nm aja sanggup dibawa naik ke puncak dengan 7 orang penumpang apa lagi mobil bertorsi 200 Nm maka jauh lebih sanggup.
Lantas bagaimana dengan tenaga? atau biasa disebut Horse Power...
Ertiga Diesel memiliki tenaga maksimum 88,5 Hp ini sangat lumayan untuk mobil Diesel, tenaga ini ibaratnya adalah akselerasi/ kecepatan tarikan mobil...seberapa cepat dia mampu menambah kecepatannya. Suzuki Ertiga bensin memiliki tenaga sekitar 90 Hp jadi tidak berbeda jauh dengan akselerasi Ertiga Bensin masih sangat cukup menurut admin www.mobilku.org, sebagai perbandingan mobil admin adalah Suzuki Katana yang tenaganya hanya 50 Hp tapi sudah lebih dari cukup dipakai sehari-hari napalagi mobil baru dengan tenaga 88,5 Hp seperti Ertiga Diesel ini sepertinya akan sangat cukup untuk sehari-hari (asal gak buat balapan cepat-cepatan aja).
Bahan Bakar Suzuki Ertiga Diesel
Nah tulisan kali ini sebenarnya ingin mengulas tentang BBM yang bisa dipakai untuk mobil ertiga diesel ini, menurut Donnel selaku kepala PD SIS mengatakan bahwa Spek bahan bakar untuk Ertiga Diesel ini adalah solar dengan kualitas cukup baik yakni cetane 51. Naha lantas solar apakah yang kandungan cetane numbernya 51 atau yang lebih baik?
Donal mengatakan lagi bahwa Ertiga Diesel kami rekomendasikan untuk memakai Pertamina Dex atau Dexlite, setiap pembelian Suzuki Ertiga Diesel ini nantinya akan mendapat jatah Pertamina Dex sebanyak 1500 liter (lumayan bukan bro) sekitar 9-10 juta.
Lantas apa dampaknya jika memakai BBM yang lebih buruk misalnya Solar biasa? pastinya mesin akan brebet karena tidak sesiau dengan timing pembakaran dalam mesin, kemudian pihak Suzuki Indonesia juga hanya akan memberikan garansi sepanjang pemiliknya memakai BBM yang disarankan yakni Dexlite atau Pertamina Dex. Jika diluar itu mungkin tidak akan tercover garansi (ujar kepala Product and Development Suzuki Indomobil Sales).
Nah sudah mendapat gambaran singkat yang jelas bukan tentang mobil Ertiga Diesel ini?
Oh iya bro konsumsi BBM mobil ini sangat irit lho... klaim Suzuki jika konsumsi BBMnya adalah 1:24 liter untuk jalan bebas hambatan, yah perkiraan kami untuk jalan-jalan biasa dalam kota masih bisa menyentuh 1:17 an lah... irit bukan? bandingkan dengan mobil-mobil rival yang disebutkan diatas dimana paling tidak konsumsi BBM dalam kota sekitar 1:11 jika luar kota sekitar 1:14
Jauh lebih irit dan jauh lebih kuat menanjak Ertiga Diesel

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini