Teknologi Canggih yang Diaplikasikan pada Mobil Tahun 2017

Makin kompetitifnya pasar otomotif dunia membuat produsen mobil berlomba untuk menerapkan teknologi canggih pada produk mobilnya, pada dua dasawarsa terakhir teknologi canggih yang diterapkan pada mobil tidak hanya untuk meningkatkan kinerja mesin saja akan tetapi juga untuk keselamatan berkendara, kenyamanan, penghematan konsumsi bahan bakar.
Makin canggih teknologi maka makin aman, nyaman, hemat dan memiliki performa bagus yang ujung-ujungnya tentunya persaingan memenangkan pasar.
Tahun 2017 ini ada beberapa teknologi canggih yang ramai dipakai oleh pabrikan mobil, apa saja? berikut rinciannya:
1. Self Parking
Teknologi parkir sendiri/ parkir otomatis ini sebenarnya sudah lama ditemukan akan tetapi untuk tahun 2017 makin banyak saja mobil yang dibenami fitur ini, jika pada awalnya dipakai oleh BMW dan Mercedes lain tetapi sekarang banyak dipakai Honda, Toyota Prius, bahkan Ford Focus telah mengaplikasikannya.
Fitur parkir otomatis ini menggunakan sensor yang ditempatkan pada sisi-sisi mobil (depan, sampig, belakang) dan memakai teknologi komputer untuk eksekusi (memarkir mobil), fitur self parking ini akan menjadi fitur standar di mobil kelas menengah.
2. Komposit Ringan
Nah sudah satu dasawarsa ini perusahaan otomotif menggunakan bobot mobil untuk mendongkrak efisiensi bahan bakarnya, makin ringan mobil maka konsumsi BBM makin hemat dengan power yang sama. Usaha untuk menghasilkan mobil yang ringan ini antara lain dengan desain yang lebih tepat dan penggunaan material yang ringan tetapi cukup kuat, penggunaan komposit ringan ini nampaknya semakin menjadi trend tahun 2017 dan tahun-tahun mendatang
3. Rem Darurat Otomatis
Rem darurat otomatis sudah diterapkan pada banyak mobil kelas atas bahkan kelas menengah di Indonesia, rem darurat otomatis ini akan bekerja jika sensor di bagian depan mobil mendeteksi adanya benda misalnya mobil/ manusia/ hewan/ tembok/ yang lain.
4. Gril buka tutup
Teknologi ini terbilang baru, Gril akan membuka secara otomatis jika diperlukan asupan udara yang lebih banyak oleh mesin, dan akan menutup otomatis jika mesin tidak memerlukan udara yang cukup banyak. Teknologi Gril Shutter ini diklaim mampu memberikan performa yang tepat saat diperlukan sehingga menghemat penggunaan BBM terutama saat tidak diperlukan tenaga ekstra
5. Kelistrikan 48 Volt
Jika sebelumnya kita mengenal tegangan aki serta komponen kelistrikan mobil memakai 12 volt, maka kedepan diperkirakan sistem kelistrikan 48 volt akan menjadi booming. Kelistrikan 48 Volt sudah diterapkan oleh Mercedes dan diklaim lebih bisa mengakomodasi kebutuhan mobil yang makin lama makin banyak memaki komponen kelistrikan seperti headlamp canggih, power windor, spion elektrik, power steering, sistem audio video, dll yang makin membutuhkan banyak energi daripada mobil jaman dulu.
Sistem Aki 48 volt ini juga menjadi antitesa kelistrikan 12 volt yang dinilai tidak memberikan kontribusi yang signifikan pada penghematan BBM mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini