Kecelakaan Purwodadi Libatkan 15 Kendaraan 14 Orang Meninggal Dunia

Kecelakaan yang diakibatkan Truck Dump (truck fuso) yang mengalami rem blong terjadi di jalan Surabaya-Malang (arah ke surabaya), tepatnya di Purwodadi Pasuruan. "Sementara mobil mengalami rem blong sudah sejak dari Lawang Kab. Malang, Sopir sudah berusaha mengehentikan akan tetapi mobil tidak mau berhenti sampai akhirnya menabrak belasan kendaraan dan akhirnya sopir truk memilih banting setir memasukkan mobilnya ke sungai yang cukup dalam untuk menghindari korban yang bertambah banyak" ungkap kernet truck dump.
Jalan dari Malang ke Surabaya memang menurun terutama di antara Lawang sampai Gempol, dan kecelakaan ini terjadi di turunan ini. Saksi mata melihat bahwa truck yang mengakibatkan 14 orang tewas dengan tabrakan beruntun 15 kendaraan yang terpental tersebut sebenarnya sudah terlihat tidak beres sejak dari lawang (fly over), karena dari belakang terlihat percikan api di bagian belakang mobil sekitar roda dan gardan, terlihat pula sparepart baut dan mur tercecer di fly over lawang (daerah ketinggian).
Selama beberapa kilometer sopir berjuang menghentikan truck dengan menurunkan persneleng (gigi) akan tetapi upaya ini tidak berhasil persneleng juga dol, kemungkinan karena beban/ muatan yang terlalu berat (pasir) sedangkan kondisi yang terus menurun sehingga pada akhirnya truk melaju semakin cepat. Sampai daerah purwodadi pasuruan akhirnya mobil tak kuasa menahan lajunya dan sopir kehilangan kendali, Truck Dump menggilas motor dan terjadilah tabrakan beruntun dengan menghantam mobil avanza dan avanza terpelanting sampai keluar jalur ke arah berlawanan dan bertabrakan dengan motor dari arah berlawanan....truck terus meluncur turun menabrak beberapa mobil (Mirage, Baleno, Nissan Livina, Kijang Kapsul) dan yang membuat mobil-mobil terlempar ke arah berlawanan sehingga tabrakan terjadi di dua arah. Truck dump juga menabrak truck dump lain dan masih tidak berhenti akhirnya sang sopir memutuskan memasukkan mobilnya ke sungai yang cukup dalam di sebelah kiri jalan daripada korban menjadi jauh lebih banyak.
Total kendaraan yang terlibat kecelakaan berjumlah 15 dengan rincian 7 motor, 6 mobil dan 2 truck dump. Sementara jumlah korban mencapai 14 orang meninggal dunia, sementara untuk korban luka-luka kami belum mendapatkan angka pastinya
Pelajaran dari kecelakaan ini
1. Sebelum melakukan perjalanan harap cek kondisi mobil terutama bagian rem, jika kondisinya tidak prima atau ada masalah sebaiknya perjalanan tidak dilakukan...misal: kampas rem sudah aus, kebocoran slang minyak rem (adanya tetesan), masalah pada cakram dan kaliper rem dan masalah lain. Jika kita merasa rem kita ada masalah lebih baik tidak dilanjutkan.
2. Perhitungkan beban maksimum
Jika rem dan komponen lain dipastikan siap jalan, jangan muat beban melebihi kapasitas mobil karena ini yang membuat mobil tidak mampu melakukan fungsinya. Rem yang bagus sekalipun jika beban mobil jauh lebih besar dari kemampuannya maka rem akan blong (tidak mampu)
3. Cek kondisi kendaraan secara menyeluruh sebelum perjalanan pastikan semua dalam keadaan baik (mesin, kaki-kaki, penggerak, rem, dll). Sopir juga harus istirahat yang cukup sebelum perjalanan (malam sebelumnya tidur 8 jam) agar bisa berpikir jernis\h dalam memutuskan sesuatu jika terjadi hal-hal yang diluar kendali secara spontan.
Terakhir, admin www.mobilku.org mengucapkan turut berbela sungkawa dan berduka sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan, semoga amalnya diterima di sisiNya dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan. mobilku.org merasa miris dan sedih karena kecelakaan ini terjadi berdekatan dengan rumah admin di malang, jadi saya tahu benar bagaimana ganasnya jalan ini beserta mobil-mobil besar yang melewatinya :-(

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini