Garansi mobil tidak berlaku jika tidak Service Rutin

Membeli mobil baru biasanya kita akan mendapatkan garansi mesin sampai 50 ribu km atau 4 tahun, akan tetapi banyak konsumen yang tidak mengetahui bahwa garansi akan tidak berlaku jika pemilik mobil enggan melakukan service berkala atau perawatan rutin misalnya pada 1000 km pertama, 5 ribu km pertama, 10 ribu km pertama, dan sesuai buku anjuran service.
Hal ini dijelaskan oleh Iwan Abdurrahman selaku kepala bengkel Toyota Astra Motor bahwa service rutin/ berkala adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan klaim garansi, mengapa? hal ini dilakukan untuk menghindari klaim garansi yang dilakukan bukan atas kesalahan pabrikan akan tetapi akibat kelalaian pemilik kendaraan.
Jika pabrikan melakukan kesalahan tentunya kita wajib bertanggungjawab, akan tetapi jika prosedur telah dibuat dan konsumen tidak menepatinya sehingga ujung-ujungnya terjadi kerusakan maka kita bisa menolaknya jika konsumen tidak menaati service berkala yang seharusnya dilakukan.
Sebenarnya hal ini sudah tertuang di buku service yang diberikan tentang anjuran melakukan service secara berkala dari pertama kali sesuai dengan kilometer yang ditentukan agar garansi tidak hangus dan bisa di klaimkan.

Nah setelah tahu seperti ini masihkah pecinta otomotif keberatan service mobil tepat waktu?

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini