Ertiga Diesel bisa pakai Solar yang Murah (bio solar 48)

Suzuki Indomobil Sales sebagai APM Suzuki Indonesia sebentar lagi bakal mengeluarkan mobil terbaru mereka yakni Ertiga Diesel, mobil yang diprediksi bakal dengan cepat mengambil alih pasar low MPV tanah air.
Ertiga diesel ini desainnya sama dengan ertiga bensin hanya perbedaannya pada mesin yang memakai diesel/ berbahan bakar solar, mesin diesel akan memberikan torsi yang sangat besar sehingga mampu membawa beban berat dengan medan yang ekstrim sekalipun dimana mobil-mobil lain bermesin bensin sudah tidak mampu lagi melakukannya.
Kelebihan Ertiga Diesel
Ertiga Diesel akan memakai mesin dengan kode D13A, mesin yang berkapasitas 1248 cc atau dibulatkan 1300 cc ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 88,5 Hp pada putaran mesin 4000 Rpm, torsi luar biasanya sebesar 200 Nm pada putaran mesin rendah yakni 1750 Rpm. Jadi pecinta otomotif tidak perlu khawatir saat menanjak-nanjak karena dengan sedikit injakan gas saja (putaran bawah) di 1750 Rpm mobil ini akan mengeluarkan torsi maksimumnya (kekuatan mobil).
Torsi ini istilah sederhananya adalah kemampuan membawa beban atau kemampuan menanjak, beda dengan power yang merupakan kemampuan berakselerasi. Jika dilihat powernya ertiga diesel juga terbilang sangat baik untuk ukuran mobil diesel 1300 cc yakni mencapai 88,5 Hp (terbilang ringan untuk membawa beban mobil low MPV)
Teknologi yang dibenamkan pada mesin dieselnya yakni: memakai teknologi multijet, 4 silinder, 16 valve, DDIS Diesel engine.
BBM Suzuki Ertiga Diesel
Pemilik ertiga diesel bakal berbangga hati memiliki mobil ini karena untuk urusan bahan bakar terbilang sangat murah, pihak Suzuki Indonesia sudah memberikan pernyataan bahwa Ertiga Diesel aman memakai Solar jenis apapun di Indonesia mulai dari bio solar yang harganya Rp.5150/ liter, solar jenis Dexlite yang harganya 7200/ liter sampai Solar paling mahal yakni Pertamina Dex yang harganya 8400/ liter.
Nah bisa memakai solar yang bio solar biasa bisa menghemat irit kan :-) hihihi bikin ngiler, bayangkan bro harga premium aja sekarang sudah 6550/ liternya, ini pakai BBM yang lebih murah lagi yakni 5150/ liternya.
Pihak Suzuki Indomobil Sales menyatakan Bio Solar 48 bisa dipakai dan telah diuji oleh Suzuki sebelumnya serta dinyatakan aman. Mobil tetap dalam performa bagus, tidak kehilangan tenaga dan layak dipakai.
Konsumsi BBM Ertiga Diesel
Di tempat produksinya ertiga diesel (India) dinyatakan memiliki konsumsi BBM 1:24 pada jalan bebas hambatan, wah sangat irit dong bro, sementara di Indonesia belum ada klaim remi dari PT. SIS berapa konsumsi BBMnya akan tetapi kabar burung menyatakan 1:20 tetap irit bro. Pengujian ini berbeda karena medan/ jalan juga berbeda karakternya, jenis BBM juga berbeda karakternya akan tetapi satu poin penting adalah mobil diesel kebanyakan lebih irit daripada mobil bensin. perkiraan kami memang konsumsi BBMnya sekitar 1:22 untuk jalan bebas hambatan di Indonesia dengan memakai BBM jenis Dexlite (sangat irit)
Varian dan Harga ertiga diesel
Untuk saat ini harga masih belum diumumkan, akan tetapi untuk varian yang akan dijual sudah dipastikan ada 5 varian ertiga diesel yang kesemuanya memakai transmisi manual yakni:
- Ertiga Diesel LDI SHVS MT
- Ertiga Diesel LDI(0) SHVS MT
- Ertiga Diesel VDI SHVS MT
- Ertiga Diesel ZDI SHVS MT
- Ertiga Diesel ZDI+ SHVS MT
baca spesifikasi Ertiga Diesel lebih lanjut di sini
jika merujuk pernyataan Suzuki bahwa harga kira-kira lebih mahal 20% sampai 30% dari varian ertiga bensin. Untuk kepastian harganya ikuti terus perkembangan di Blog www.mobilku.org ini karena begitu keluar pengumuman resminya kami akan tambahkan di sini infonya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini