BodyKit dari Plastik mulai Disukai

Penambahan bodykit custom banyak dipakai pemilik mobil untuk menambah macho tampilan mobilnya, body kit ini biasa disematkan pada bagian depan belakang atau samping kiri kanan body. Bahannya pun beragam mulai berbahan plat logam, karbon, fiber sampai plastik yang mana bahan plastik banyak dipakai oleh produsen (standar pabrik) sedangkan bahan fiberglass dan karbon biasanya hasil modifikasi (customisasi) di bengjel modif/ variasi mobil.
Beberapa bengkel body kit dan repair bisa membuat body kit sendiri berbahan fiber sehingga bisa menyesuaikan permintaan konsumen, body kit berbahan fiber ini memiliki kelebihan bisa diperbaiki jika ada kerusakan. Berbeda dengan bahan plastik jika pecah lebih baik diganti dengan yang baru. Body Kit fiber juga memiliki kelemahan yakni:
1. Bobotnya yang lebih berat dari body kit plastik
2. Umur cat relatif lebih singkat (setahun catnya sudah keliatan berubah lebih buram)
3. Kadang kurang singkron antara sebelah kanan dan kiri terutama jika buatan sendiri (bengkel), bukan buatan pabrikan body kit.
Tren penggunaan body kit kina mulai berkembang ke arah bahan plastik dengan bobot yang lebih ringan, umur cat juga relatif lebih lama, body kit lebih presisi. Akan tetapi kelemahannya kalau rusak (pecah tidak bisa dipebaiki), kelemahan lain adalah terbatasnya model karena body kit berbahan plastik saat ini masih didatangkan dari luar negeri seperti cina/ tiongkok sehingga keinginan konsumen tidak bisa sepenuhnya tercover oleh model yang ada. Berbeda dengan bahan fiber yang beberapa bengkel di kota besar malah bisa membuatnya sendiri (bisa sesuai pesanan konsumen)
Beberapa kelebihan plastik seperti bobot yang ringan dan cat yang lebih awet ternyata mulai menarik minat konsumen, kelebihan lain dari body kit plastik ini adalah harganya yang juga terjangkau dimana 1 set body kit plastik (depan belakang kanan kiri) bisa dijual di angka 2 jutaan dan 3 jutaan sementara yang berbahan fiber biasanya diatas 7 jutaan untuk 1 set.
Nah bagi konsumen yang tidak mau ribet, ingin mobil tampil sedikit lebih macho dngan biaya yang murah dan minim perawatan tentunya akan memilih berbahan plastik ini. Berbeda memang dengan konsumen yang gila modifikasi mungkin kebutuhannya masih belum bisa dicover model-model dari body kit plastik yang otomatis harus membuatnya di bengkel body kit memakai bahan fiber.
Penggunaan bahan karbon sangat jarang karena biayanya yang tinggi, mungkin hanya mobil-mobil mewah/ supercar yang memakai bahan karcon ini itupun membuatnya tidak sembarangan (bisa pesan ke luar negeri).
Pemakaian body kit dari plat besi juga lumayan banyak lho bro..... pembuatannya pun juga relatif banyak yang bisa di bengkel-bengkel, biasanya body kit memakai plat besi dengan ketebalan 1 mm. Kelebihannya body kit dari logam ini kuat tidak mudah pecah jika terjadi tabrakan (menabrak sesuatu) dan jika rusak dengan mudah dapat diperbaiki. Untuk modelnya juga sangat fleksibel karena bisa dibentuk sesuai keinginan konsumen.
Nah pilih mana bro? plastik, fiber, plat besi, karbon?

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini