Tes Beban Maksimum Toyota Calya

Toyota sudah mengeluarkan mobil MPV kelas LCGC atau mobil murah dengan harga 130 jutaan, mobil yang diberi nama Toyota Calya ini memakai mesin 1200 cc 4 silinder 16 valve dual VVT-i, mesin ini sanggup memberikan tenaga sampai 88 Hp atau setara dengan mesin Honda Brio Satya.
Harga yang cukup murah dengan 130 juta bisa dapat mobil MPV 7 seater (penumpang), akan tetapi masih banyak calon konsumen yang bertanya-tanya bagaimana kemampuan mobil ini untuk membawa beban? berapa kg barang yang mampu diangkut mobil ini?
Dari data yang disajikan bahwa Toyota Calya memiliki berat kosong 975 (transmisi manual) dan 1000 kg (matic), sedangkan kemampuan membawa beban dari luar mobil Calya mencapai 500 Kg. jadi jika ada 7 orang penumpang dengan berat rata-rata 70 Kg maka 70 kg x 7 penumpang = 490 kg (masih ideal untuk calya). Tapi kan tidak semua orang sebenarnya beratnya 70 kg, jika beratnya 65 Kg maka 455 Kg atau masih tersisa 35 kg untuk membawa barang. Cukup bukan?
Mobil ini memiliki jarak terendah dengan tanah yang berbeda antara roda depan dan roda belakang dimana roda belakangnya memiliki tinggi terendah dari tanah 180 mm sedangkan roda depan 150 mm, jadi seandainya kursi bagian tengah dan belakang diisi penuh maka ketinggian mobil masih seimbang antara depan dan belakang.
Letakkan barang di dalam kabin
Intinya pecinta mobilku.org saat memakai mobil ini harus memperhitungkan berapa berat beban total yang dimasukkan ke mobil, berat total ini berat penumpang dan berat barang. Hitung berapa berat semua penumpang, lalu berapa berat barang yang akan dibawa. Usahakan total penumpang+barang tidak lebih dari 500 Kg, jika ternyata lebih kurangi barang yang tidak penting.
Yang juga perlu diingat bahwa menempatkan barang diatap mobil (roor box) harus dihitung ulang karena berat beban di atap mobil akan menimbulkan efek yang lebih besar dibanding diletakkan di bawah (efek limbung dan terasa tergelincir), jadi beban 500 kg itu asumsinya barang diletakkan di dalam kabin mobil, jika diletakkan di atas maka kurangilah standar beban maksimum mobil misalnya jadi 450 kg.
Usahakan membawa barang di atap mobil tidak lebih dari 50 Kg karena jika diatas itu maka mobil akan limbung saat menikung (sangat berbahaya) seolah-olah pengemudi dan penumpang merasa tergelincir saat menikung.
Penggunaan keluarga muda
Karena pangsa pasarnya mobil ini untuk kalangan keluarga muda maka kemungkinan besar hanya membawa suami-istri dan 2 atau 3 anak kecil, sangat ideal untuk perjalanan dalam kota bahkan untuk rekreasi ke daerah pegunungan.
Apa membawa ke pegunungan? apakah bisa Calya dibawa naik ke puncak? bisa, sebelumnya www.mobilku.org telah membuat simulasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra 1200 cc bahwa ternyata Calya dan Sigra 1200 memiliki kemampuan lebih baik dari mobil Avanza 1300 cc atau Xenia 1300 cc, berikut ulasannya Calya Sigra 1200 cc Vs Avanza Xenia 1300 cc
Calya dan Sigra selain lebih ringan tarikannya juga lebih irit bahan bakarnya dibandingkan avanza dan Xenia

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini