Panasi Mobil cukup 1 Menit, bisa langsung berangkat!

Memanaskan mesin mobil dipagi hari/ sebelum pergi kini menjadi perdebatan perlu atau tidaknya, beberapa orang mengatakan perlu dengan durasi 5 menit, yang lainnya 15 menit dan bahkan ada yang cukup 1 menit saja.
Sebenarnya tidak salah jika ada yang bilang 15 menit atau 5 menit atau 1 menit, ini tergantung pada mobil apa yang dipakai dan keluaran tahun berapa?
Untuk mobil diesel yang belum memakai commonrail tentunya mobil perlu dipanasi terlebih dahulu sekitar 15-10 menit misalnya pada mobil-mobil lama seperti: Taft kebo, Taft, Panther generasi 90 an, hardtop dan lain sebagainya. Untuk mobil seperti Triton atau Pajero yang sudah memakai mesin diesel terbaru pemanasan bisa lebih singkat yakni 5 menit saja.
Mengapa mesin diesel lebih perlu dipanaskan? ya karena pembakarannya memakai tekanan tinggi atai tidak memakai busi sehingga makin panas maka pembakaran mobil juga makin baik/ sempurna, jika mobil dingin maka pembakaran BBM tidak sempurna sehingga brebet.
Untuk mobil bermesin bensin juga tergantung mobil apa dan keluaran tahun berapa, mobil-mobil keluaran dibawah tahun 90 an seperti Suzuku Carry lawas/ Zebra/ Jimny lawas/ Kijang lawas/ Civic lawas pemanasan mobil juga bisa sampai 15 menit (10-15 menit). Hal ini karena teknologi mesin saat itu masih belum semaju sekarang, misalnya sistem sirkulasi oli dan material mesin yang digunakan.
Mobil mesin bensin generasi tahun 2000 an
Nah untuk mobil generasi tahun 2000 an ke atas yang memakai mesin bensin teknologinya sudah mendekati mobil jaman sekarang sehingga untuk pemanasan tidak perlu lama-lama, maksimum 5 menit. Idealnya dipanaskan cukup 2-3 menit bisa langsung digunakan.
Kalau admin mobilku.org memanaskan mobil Suzuki Katana keluaran tahun 2000 cukup semenit aja langsung bisa digunakan, bahkan tidak sampai semenit (karena terburu-buru). Sekedar hidupkan mesin lalu injak gas beberapa kali, jika mesin sudah stabil bahkan 30 detik sudah keluar dari garasi dan langsung tancap gas.
Apa lagi untuk mobil keluaran terbaru tahun 2010 sampai sekarang idealnya memang dipanaskan tidak lebih dari 1 menit karena teknologi masin yang sudah sangat maju, bahkan di luar negeri memanaskan mesin lebih dari 1 menit adalah pemborosan waktu dan bahan bakar sekaligus merusak lingkungan.
Nah tapi kan di Indonesia mobilnya mobil lawas-lawas yang dominan, mobil seperti kijang tahun 90 an masih banyak, Suzuki Baleno, Suzuki Carry, Pick Up lawas yang memang memerlukan pemanasan diatas 2 menit bisa sampai 5 menit, jadi kita harus menyesuaikan memakai mobil apa
Tanda mobil siap dipakai
Dalam memanaskan mobil paling enak sebenarnya berpatokan pada mesin sudah panas atau belum (tidak terpatok waktu), cara mengetahui mesin sudah panas atau belum antara lain:
1. Paling tidak panaskan selama 1 menit (minimal), jika dibawah itu admin mobilku.org menganggap masih belum cukup baik, bisa dijalankan akan tetapi sambil dipanaskan di jalan (tidak bisa lang di kebut)
2. Gas beberapa kali, jika di gas lalu dilepas (3-4) kali mesin tidak mati bisa dikatakan mesin  mulai panas
3. Sudah tidak brebet, tujuan memanaskan mobil paling sering adalah untuk menghilangkan brebet di pagi hari akibat suhu dingin, jika mesin mobil sudah menyala stationer tidak brebet ini tandanya mobil sudah panas
4. Coba jalankan sebentar/ keluarkan dari garasi (mundur atau maju), jika mobil dijalankan sudah enak/ lancar/ tidak tersendat artinya mesin sudah panas dan siap dijalankan. Jika saat mengeluarkan dari garasi masih ada brebet maka panaskan lagi 1 menit (sampai dirasa mesin stabil) lalu jalankan pelan-pelan.
Mobil terbaru
Mobil generasi terbaru berbeda dengan mobil lama, mobil baru ini terbuat material yang mudah sekali panas sehingga dinyalakan sebentar mesin sudah panas, begitu pula sistem sirkulasi oli yang sudah canggih memakai pompa elektrik.
Komponen-komponen dalam mesin juga dibuat dengan presisi celah-celahnya sehingga memudahkan oli melumasi seluruh komponen mesin, pada mobil-mobil baru oli yang dipakai juga lebih bagus sehingga cepat bersirkulasi
Oleh karena kemajuan teknologi, sekarang memanaskan mobil cukup 1/2 sampai 1 menit bisa langsung dipakai. kecuali pada mobil bermesin diesel.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini