Toyota Yaris Terbaru Heykers bernuansa Crossover/ SUV Ringan

Toyota kembali mengeluarkan varian yaris terbaru "Yaris Heykers" pada 3 November 2016, uniknya Toyota Yaris yang selama bertahun-tahun dikenal sebagai mobil City Car kelas medium kini berubah menjadi mobil Crossover atau SUV ringan melalui varian terbarunya ini, dengan desain yang terlihat tangguh dan modern Yaris Heykers juga ditinggikan Ground Clearancenya (jarak pijak terendah dari tanah) menjadi 184 mm dimana yaris varian lainnya hanya berkisar di angka 135-140 mm. Perubahan Ground Clearance ini sangat menentukan apakah sebuah mobil diperuntuukan di jalanan perkotaan atau jalanan tanah atau light offroad.
Ground Clearance Yaris Heykers naik jadi 184 mm
Pada Yaris varian lain Ground Clearance hanya 135 mm sampai 140 mm maka jelas diperuntukkan di jalanan perkotaan yang halus, ground clearance rendah memiliki keuntungan lebih stabil di jalanan aspal, stabil saat melaju pada kecepatan tinggi di jalan aspal dan memiliki center of gravity yang bagus serta aerodinamis yang bagus. Akan tetapi kekurangannya tidak bisa melewati jalanan dengan rintangan yang cukup berat misalnya jalanan berbatu sedikit besar, jalanan berlubang sedikit dalam, jalanan bergelombang/ rusak, jalan offroad ringan dan lain sebagainya (kondisi jalan sedikit rusak).
Nah sementara mobil dengan ground clearance lebih tinggi sangat bagus saat melewati gundukan tanah, polisi tidur yang tinggi, jalan yang berbatu, jalanan pedesaan dengan aspal yang rusak, jalanan tanah dan lain sebagainya. Akan tetapi juga sebaliknya Ground Clearance tinggi lebih tidak stabil (mudah bergoyang) akibat center of gravity yang buruk, ground clearance tinggi juga mudah limbung saat kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan karena terpaan angin yang lebih besar disisi lain kerja suspensi dipaksa lebih berat. Oleh karena itu mengapa banyak mobil SUV suspensinya diperkeras (tidak empuk saat dinaiki), karena jika dibuat empuk maka dia menjadi sangat limbung saat melaju (karena bodynya tinggi)
Mesin dan Spesifikasi yang dipakai Toyota Yaris Heykers
Toyota Yaris Heykers memakai mesin 1500 cc Dual VVT-i dan DOHC, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 109 Bhp yang kemungkinan untuk tenaga mobil sendiri berkisar di 107-108 Hp. Mirip dengan mesin toyota sienta akan tetapi kemungkinan untuk final gear dibuat berbeda karena peruntukan mobilnya juga berbeda.
Final gear ini sangat menentukan kemampuan mobil, meskipun memakai mesin yang sama akan tetapi dengan konfigurasi final gear berbeda bisa membuat kemampuan mobil sangat berbeda.. Jika di motor final gear ini ibarat komparasi gir depan dan belakang, jika gir belakang bertambah besar dan dir depan bertambah kecil maka kendaraan akan kuat menanjak tapi top speed berkurang, sebaliknya jika gir depan dibuat lebih besar dan gir belakang dibuat lebih kecil dari standarnya maka mobil akan kurang baik dalam hal tanjakan tapi memiliki top speed yang tinggi. Biasanya mobil jenis SUV atau Light SUV atau Crossover memiliki Rasio final gear yang lebih besar (perbandingan gigi belakang dan depan lebih besar) dibanding mobil jenis MPV atau City Car atau Sedan, nah kalau Final gear Yaris Heykers lebih besar itu artinya mobil ini memiliki kemampuan melewati tanjakan untuk ke pegunungan dengan kontur jalan sedikit rusak.
Mobil bertanaga 107-108 Hp ini setara dengan tenaganya avanza 1500 cc akan tetapi menjadi berbeda jika bobot mobil berbeda, Yaris ini lebih kecil dan lebih ringan dari Avanza/ Sienta sehingga mesinnya juga jadi lebih enteng dibanding avanza/ Sienta alhasil mobil lebih mampu berakselerasi ataupun menanjak dibanding mobil dengan mesin yang sama akan tetapi bobotnya lebih berat.
Sistem penggerak yang dipakai Toyota Yaris Heykers ini memakai FD atau penggerak roda depan, memiliki keunggulan lebih efisien dibanding penggerak roda belakang akan tetapi tidak setangguh mobil penggerak roda belakang dalam hal tanjakan, akan tetapi untuk tanjakan ringan dan offroad ringan penggerak depan juga tidak masalah
Sistem transmisi yag dipakai Yaris Heykers ini adalah CVT atau Transmisi Otomatis yang lebih nyaman dipakai daripada transmisi manual, meskipun menurut sebagian orang transmisi matic cocoknya diperkotaan dan kurang bisa mengekspresikan cara mengemudi yang diinginkan apa lagi di jalanan pegunungan yang penuh tanjakan, hal ini bukan masalah karena peruntukan yaris heykers ini adalah mobil urban yang maksimal hanya untuk jalanan offroad ringan saja, dipakai di pinggiran kota bisa untuk ke kota dan juga bisa untuk berjalan-jalan di pedesaan sepanjang bukan offroad berat (lumpur dan lain sebagainya)
Yaris Heykers manual juga tersedia yang kelebihan dan kekurangannya sudah disebutkan pada ulasan yaris transmisi otomatis yakni lebih sesuai dengan keinginan dan karakter pengemudi, lebih hemat BBM dan lebih bertanaga. Kelemahannya kurang nyaman dipakai terutama untuk yang tidak mau repot injak kopling, biasanya pengemudi wanita lebih menyukai yang transmisi matic
Konsumsi BBM Yaris Heykers ini bisa dibilang cukup irit karena memakai mesin berteknologi terbaru (Dual VVT-i dan DOHC) yang lebih bagus dibanding mesin generasi 10 tahun sebelumnya, apa lagi memakai transmisi CVT dengan penggerak roda depan maka pembuangan tenaga untuk hal-hal yang tidak perlu (semisal gardan dan lain-lain).
Desain tangguh dan solid
Desain mobil Yaris Heykers ini bisa dibilang lebih solid dan tangguh dengan perubahan lekuk-lekuk tegas pada sekujur body mobil ini, kehadiran lekuk-lekuk tegas ini sekaligus menghilangkan kesan mobil Yaris terdahulu yang terkesan standar dan kalem sebagai mobil hatchback.
Perubahan ini meliputi Grill, bemper depan belakang, desain lampu kabut dan headlamp, body moulding, over fender, warna body, warna atap, dll. Sekilas hanya lampu belakang saja yang terlihat mirip dengan yaris varian yang lain.
Kesimpulan
Perubahan desain lebih tangguh dan ground clearance yang lebih tinggi ini seperti sebuah pesan yang ingin ditunjukkan bahwa Yahis Heykers adalah mobil yang kini bergenre Crossover atau SUV ringan atau Hatchback tangguh, bukan lagi City Car yang kalem seperti varian lainnya.
Harga Yaris Heykers
Harga Toyota Yaris Heykers kemungkinan dijual sekitar 266 sampai 269 juta untuk Yaris Heykers  transmisi manual dan 277 sampai 280 juta rupiah untuk yaris heykers matic, nanti setelah 3 November 2016 www.mobilku.org akan menginformasikan harga resmi setalah launching akan tetapi menurut info yang beredar sekitar 277 sampai 280 juta rupiah yang sekaligus menjadi varian tertinggi Toyota Yaris menggantikan Varian Yaris TRD Sportivo yang harganya 260 juta untuk manual dan 270 juta untuk yaris TRD Sportivo Otomatis yang dulu menjadi varian tertinggi.
Mintalah Test Drive
Pecinta otomotif perlu melakukan test drive sebelum membeli mobil ini, apakah kemampuannya benar-benar berbeda dengan yaris sebelumnya, misal untuk melintasi jalan berlubang dan lain-lain. Hal ini utnuk memastikan kemampuan mobil ini dan memastikan pecinta otomotif tidak salah membeli mobil dan sesuai dengan kebutuhan pecinta mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini