Kenali Penggunaan Defogger pada Musim Hujan

Defogger adalah fitur/ perangkat tambahan pada mobil yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil baik kaca depan maupun belakang, umumnya mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur penghilang embun.
Embun di kaca saat turun hujan dan kabut
Pada musim penghujan embun sering terbentuk pada lapisan kaca mobil bagian dalam, embun ini akan cukup merepoptkan  dan mengganggu visibilitas (pandangan) pengemudi kedepan atau ke belakang. Mengapa bisa timbul embun? karena saat musim penghujan atau saat hujan suhu menjadi jauh lebih rendah, selain itu intensitas kelembaban air jauh meningkat saat hujan sehinga menimbulkan embun yang menempel di kaca mobil sisi dalam.
Sebenarnya embun ini bisa menempel di mana saja misalnya di kulit kita atau dashboard atau yang lain akan tetapi menjadi berbahaya ketika menempel pada kaca dan mengganggu pandangan.
Untuk menghilangkan embun ini kita bisa mengelapnya secara manual dengan lap kain, akan tetapi jika mobil kita sudah memiliki fitur defogger atau penghilang embun maka kita tinggal mengaktifkannya, fitur defogger ini disimbolkan dengan simbol uap air atau panah berbeolok ke atas. Nah mengaktifkannya pecinta otomotif tinggal memencet panel kendali yang memiliki simbol/ lambang uang air atau panah berkelok-kelok menghadap ke atas.
Simbol dan cara kerja defogger
Defogger kaca depan disimbolkan dengan gambar seperempat lingkaran dengan panah berkelok-kelok menghadap ke atas, sedangkan defogger belakang disimbolkan dengan garis kotak berbentuk lingkaran dengan tanda panah berkelok menghadap ke atas.
Fitur defogger pada kaca depan biasanya memanfaatkan udara hangat yang dihembuskan melalui sistem AC, udara hangat dari hembusan ini akan menghilangkan embun yang terjebak di kaca depan mobil bagian dalam. Sedangkan defogger pada kaca belakang biasanya memakai garis-garis (sebenarnya adalah kabel) tembaga yang disisipkan pada kaca mobil, jika pecinta otomotif sering melihat kaca belang mobil yang bergaris kekuningan maka itulah defogger.
Cara kerja defogger belakang adalah dengan mengalirkan arus listrik ringan pada garis-garis tembaga tersebut, tujuannya adalah untuk memanaskan (menghangatkan) tembaga dan wilayah sekitar garis tersebut sehingga embun/ uanp bisa hilang. Arus listrik ini tidak berbahaya bagi penumpang jadi santai aja vroh, yang patut diperhatikan adalah garis tembaga ini konon mudah putus, jika dipasang kaca film lalu dilepas biasanya ada garis tembaga yang ikut tertarik lap[isan film jadi harus hati-hati, putusnya kabel/ garis tembaga ini akan merusak defogger pada kaca belakang (hati-hati saat melepas kaca film).
Pemakaian defogger
Untuk mobil lama yang tidak ada fitur penghilang embun, kita harus menyiapkan lap (kain) microfiber untuk mengelap kaca agar bersih dari embun/ uap air. Untuk mobil baru kita tinggal mengaktifkan fitur defogger saja, akan tetapi sebaiknya pemilik mobil tidak terus-terusan menghidupkan fitur ini jika tidak diperlukan karena rata-rata fitur ini tidak bisa mati otomatis.
dan kebanyakan yang terjadi terjadi pengemudi lupa mematikan fitur ini padahal kaca sudah tidak berembun dan hujan sudah mulai reda.
simbol defogger untuk kaca depan
Pemakaian defogger mirip dengan pemakaian Ac yakni mobil menjadi lebih boros bahan bakar, akselerasi mobil juga menjadi lebih lambat akibat listrik terbagi ke fitur ini. Untuk mobil yang memiliki maslah pada aki atau alternator, pemakaian defogger dapat menguras aki mobil jadi harus lebih hati-hati saja, sedangkan jika mobil dalam keadaan sehat wal afiat maka tidak masalah sebenarnya memakai fitur ini (sama dengan memakai fitur mobil yang lain).
Penggunaan defogger yang tepat adalah hanya pada saat hujan dan kaca berembun, kadang-kadang saat kita di pegunungan yang dingin dan banyak kabut juga menyebabkan embun di kaca mobil, jika hal ini terjadi bisa gunakan fitur penghilang embun pada kaca ini.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini