Cara pakai Rem Mesin pada Mobil Matic

Rem mesin atau Engine Brake adalah pengurangan kecepatan/ laju kendaraan dengan memanfaatkan hambatan pada mesin, engine brake sendiri terdapat pada semua mobil akan tetapi memang pada mobil-mobil bertransmisi manual engine brake/ rem mesin bisa sempurna dilakukan, berbeda dngen mobil matic yang tidak semua mobil matic memiliki teknologi rem mesin/ engine brake yang baik.
Nah bagaimana cara melakukan engine brake pada mobil manual? caranya sangat sederhana yakni tinggal memasukkan pada gigi rendah 1-2-3 tergantung curam atau tidaknya medan/ jalan, pada jalan menurun landai bisa menggunakan gigi 3 akan tetapi pada turunan curam pakailah gigi 1...apabila masih kurang baru gunakan rem kaki.
Rem mesin pada mobil matic
Teknologi transmisi matic saat ini sudah banyak yang memperhitungkan engine brake ini yakni pada beberapa mobil, mesin dibuat bertahan pada RPM cukup tinggi (tidak terlalu rendah) sehingga sistem transmisi bisa mempertahankan pada gigi rendah dan tidak kehilangan hubungan antara transmisi dengan roda.
Meskipun tidak semua mobil memakai teknologi mempertahankan rpm (putaran mesin) agar tidak turun sangat rendah, akan tetapi sebagian besar sudah dibekali teknologi ini jadi pecinta otomotif tidak perlu merasa berkecil hati.
Cara melakukan engine brake pada mobil matic
Bagaimana cara melakukan engine brake/ menggunakan rem mesin dengan mobil matic? caranya sama dengan mobil manual yakni oper ke gigi paling rendah misalnya ke gigi 2 atau 1, ke gigi 2 atau L.
Memang pada daerah tertentu misalnya di daerah gunung bromo ada larangan membawa mobil matic naik ke gunung bromo "mobil matic dilarang naik" dengan alasan sering terjadi kecelakaan, kecelakaan ini terjadi saat pengunjung turun dengan mobil matic karena rem mesin yang memang tidak sebagus mobil manual
Kapan memakai rem mesin
rem mesin digunakan jika melewati jalan menurun yang cukup panjang dan konstan, misalnya turunan dari puncak bogor atau turunan dari gunung bromo. Teknisnya sebelum melewati turunan pecinta otomotif bisa terlebih dahulu mengoper ke gigi 1 atau 2, jika terpaksa gunakan rem kaki seperti biasanya.
Rem mesin ini penting untuk menggantikan rem kaki karena rem kaki tidak bisa dipakai untuk waktu yang lama, gesekan antara kampas rem dan cakram/ tromol akan membuat suhunya sangat panas sampai logam memuai...jika logam (sistem rem) memuai maka rem akan blong menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu sebisa mungkin pakai rem mesin pada turunan panjang dan jika diperlukan baru pakai rem kaki.
Apa sih sebenarnya rem mesin?
Rem mesin itu sebenarnya hanya istilah saat memakai gigi rendah untuk membantu mengurangi kecepatan mobil, efektif digunakan pada jalanan menurun panjang sampai beberapa kilometer.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini