Bahaya memakai AC Mobil saat Perjalanan

Perjalanan dengan mobil memang sangat menyenangkan apa lagi dengan menyalakan AC mobil, bagaimana tidak udara menjadi dingin (sejuk) padahal seharusnya panas di luar. Bahkan banyak pemilik mobil selalu menyalakan AC tiap kali berpergian, bahkan pada cuaca mendung AC juga tetap dihidupkan dengan alasan:
Sebab orang menyalakan AC mobil
1. Agar mobil bisa ditutup dan tidak kotor oleh debu
2. Agar udara lebih dingin dan menyegarkan
3. Lebih nyaman memakai AC sehingga konsentrasi tetap terjaga.
Nah sebenarnya pemakaian AC mobil ini juga tergantung wilayahnya dan keadaan jalan yang dilewati: misalnya diperkotaan seperti Jakarta dan surabaya saat tengah hari memang sangat panas apa lagi terjebak macet maka penggunaan AC ini sangat efektif guna melindungi penumpang dari gas buang mobil lain saat macet, melindungi dari panas dan kemungkinan debu.
Akan tetapi untuk kota-kota lain apa lagi wilayah pedesaan yang tidak macet, minim debu, polusi udara sedikit, suhu udara juga bersahabat...maka memakai AC mobil justru salah besar dan lebih berbahaya. Kebetulan admin www.mobilku.org tinggal di kota malang yang relatif tidak memerlukan AC yang kebetulan pula admin Blog ini juga anti dengan AC mobil kalau tidak benar-benar diperlukan.
Bahaya memakai AC Mobil
1. Udara tidak bersirkulasi
yang perlu diketahui pecinta otomotif bahwa AC mobil ini mengambil udara dari dalam mobil kemudian didinginkan dengan freon (sistem AC) lalu dikeluarkan kembali melalui lubang AC ini. Nah bisa dibayangkan jika perjalanan ke luar kota dengan 7 orang penumpang selama 3-6 jam pecinta otomotif menyalakan AC secara terus menerus dengan menutup semua kaca mobil, apa yang terjadi?
maka udara yang bersirkulasi hanya itu-itu saja, hanya udara sebanyak satu kabin itu yang digunakan bernafas 7 orang selama 3-6 jam perjalanan... bisa dibayangkan gak gimana kondisi buruknya udara tersebut? ya udara yang dihisap penuh dengan karbondioksida dan sangat mengganggu kerja organ tubuh kita, beberapa hal yang terjadi adalah: konsentrasi menjadi buyar, pusing, mual dan sebagainya (kekurangan oksigen dan keracunan CO2)
2. Terjangkit virus menular
Udara yang tertutup berjam-jam dalam kabin dan dibuat bernafas bersama-sama,
Nah ini masalah yang terjadi jika ada salah satu penumpang yang memiliki penyakit tertentu yang menular melalui udara misalnya Radang Paru-Paru, TBC, Pes, Flu, Cacar Air, Sars, Flu burung, dll
Nah biasanya yang tidak bisa kita ketahui apakah satu penumpang terkena penyakit atau tidak adalah di kendaraan umum (bis/ bison/ mikrolet) yang memakai AC dengan orang-orang yang tidak kita kenal ini sangat berbahaya dalam hal resiko tertular penyakit melalui udara
3. Bahaya dari sistem AC
AC mobil kadang-kadang dalam kondisi yang tidak baik misalnya ada kebocoran freon atau adanya lubang pada bagian dalam kap mesin yang menyebabkan udara dari mesin masuk mobil, nah udara dari mesin ini berbahaya apa lagi jika mesin juga mengalami kebocoran gas buang (ini yang ditakutkan). Sebagian gas buang bocor di dalam kap mesin, sedangkan kap mesin sendiri memiliki lubang untuk memasukkan kabel ke dalam AC atau panel kendali pada interior mobil, nah biasanya udara dari mesin bisa masuk ke dalam kabin mobil melalui celah-celah lubang kabel yang masuk ke dalam kabin. Jika udara ini yang kita hirup akan berbahaya bagi kesehatan
4. Resiko Kecelakaan
Memakai AC ini selain berbahaya bagi penumpang juga berbahaya bagi pengemudi, efek penggunaan AC ini bisa bermacam-macam antara lain:
- menurunnya konsentrasi dalam mengemudi; ini sangat berbahaya bagi Driver
- kepala pusing; nah jika ini terjadi peda driver maka resiko kecelakaan juga besar
- mual, mau muntah: ini juga bisa mengganggu saat mengemudi
5. Penyakit karena AC
Menurut peneliatian paling tidak ada 30 penyakit yang disebabkan oleh AC ruangan, apa lagi AC mobil pasti lebih banyak karena kabin lebih sempit dari rumah dan lebih tertutup. Berikut adalah daftar penyakit yang disebabkan oleh penggunaan AC:
- Nyeri sendi dan nyeri otot
- Berat badan bertambah
- Kekebalan tubuh menurun
- Flu
- Pilek
- Bahaya bagi mata
- Penyakit menular
- Kulit keriput/ kulit kering
- Sesak napas
- Gangguan kehamilan
- Gangguan reproduksi
- Mudah lelah
- Pembengkakan Saraf
- Bahu beku
-Leher tengeng (tengengen)
- Kelumpuhan wajah
- dan lain sebagainya
Menggunakan AC mobil dengan aman
Nah sudah tahu kan bro sekarang bagaimana sebenarnya bahaya memakai AC mobil, meskipun sepintas merasa enak, dingin dan nyaman tapi dibalik itu sebenarnya sangat tidak enak...lebih baik gunakan udara alam lebih sehat dan membuat kita segar.
Untuk darah perkotaan yang macet dan panas kita memang dipaksa menggunakan AC akan tetapi gunakan seperlunya saja, jangan lama-lama dan kalau tidak benar-benar membutuhkan jangan dinyalakan.
Lagi pula memakai AC menyebabkan mobil boros BBM, matikan AC agar lebih sehat, aman, menyenangkan dan murah perjalanannya :-)
sumber: www.mobilku.org

1 komentar:

  1. Ya, duduk saja bisa bahaya juga:

    1. Salah duduk bisa menyebabkan patah tulang

    2. Duduk bisa membuat nelamun sehingga tdk fokus terhadap sekeliling,bisa2 kita dibegal

    3. Duduk dlm jangka waktu lama dapat menyebabkan encok akut dan kelumpuhan.

    Jadi kurangi duduk demi nyawamu.

    BalasHapus