10 Modifikasi Ringan untuk Mobil kita

Memiliki mobil adalah suatu kesenangan dan hoby, kita tentunya menginginkan agar mobil kita tampil lebih baik dan dapat berfungsi lebih banyak dibandingkan standartnya atau keluaran pabrik. Beberapa modilfikasi bisa kita lakukan untuk meningkatkan tampilan mobil dan juga menambah fungsinya misalnya mengganti velg, ban, audio mobil, penambahan kaca film, klakson, roof box dan lain sebagainya.
Nah kali ini www.mobilku.org akan mengulas 10 modifikasi ringan yang bisa kita lakukan pada mobil kesayangan kita:
1. Kaca Film
Pemasangan kaca film yang baik bisa mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk dalam mobil sehingga suhu mobil tetap dingin dan kita juga tidak silau dengan banyaknya sinar matahari di lingkungan kita. Pemasangan kaca film juga membuat mobil tampil lebih gaya sekaligus berfungsi sebagai keamanan karena barang-barang di dalam mobil tak terlihat dari luar, kaca film ini tidak boleh sembarangan memasang karena bisa malah berdampak buruk (mengganggu pandangan) atau tidak menyaring sinar matahari.
Yang perlu diperhatikan saat akan memasang kaca film adalah pertama kualitas kaca film, kedua merk kaca film, ketiga tingkat visible light, ke empat spesifikasi kaca film, ke lima kekuatan kaca film saat kaca pecah. tentang kaca film mobil bisa dibaca di tips memasang kaca film mobil
2. Audio video mobil
Jika mobil tidak berkualitas premium bisa dipastikan suara audio mobil biasa-biasa saja (berisik dan tidak enak di dengar), untuk itu gantilah sound system (speaker) dengan yang lebih bagus yang beraliran SQ (Sound Quality) agar lebih nyaman saat berkendara. Jika mobil lawas yang masih memakai kaset bisa diganti dengan sistem audio yang lebih baru yang support mp3/ mp4 atau jika mungkin monitor layar sentuh agar mobil terlihat berkelas.
Harganya tidak mahal kok, dengan membawa uang 2 juta rupiah dan datang ke spesialis audio maka sistem audio akan jauh lebih enak (tanya dulu ya biayanya sebelum diganti)
3. Velg
Jika mobil masih memakai velg besi atau bawaan standar maka tampilan mobil menjadi kurang bagus, seperti orang yang memakai sepatu jelek maka akan terlihat jelek. Nah gantilah dengan velg alloy (alumunium) dengan desain pilar yang disukai namun jangan lupakan kualitas velg (pilih dari merk yang bagus).
Velg alloy yang bagus selain mempercantik tampilan mobil juga bisa membuat mobil melaju lebih stabiol pada kecepatan tinggi, baca tentang pedoman mengganti velg mobil di sini
4. Ban
Mengganti ban juga erat kaitannya dengan gaya dan juga kemamapuan mobil, ban yang besar memiliki ketangguhan melintasi berbagai medan (kondisi jalan) akan tetapi lebih boros BBM, sedangkan ban tertentu misalnya ban ECO lebih hemat BBM jika digunakan meskipun penggunaannya terbatas pada jalan aspal dan sedikit rusak saja.
Mengganti ban ini erat kaitannya dengan kebutuhan pengemudi atau pemilik mobil, jika mobil sering melewati jalan naik turun dengan track cukup berat (berbatu dan non aspal) maka bisa memakai ban pacul atau kembang yang kasar biasanya ban ini untuk offroad (Ban MT)
Jika diperkotaan dan jarang sekali ke jalan non aspal memakai ban ECO sangat baik, jika proporsi di jalan aspal dan kadang-kadang saja ke pedesaan seimbang maka memakai ban tipe AT (Ban AT)
baca tentang ban mobil disini
5. Klakson
Untuk mobil kelas bawah dengan harga 200 juta ke bawah biasanya masih memakai klakson sigle, klakson single ini memiliki karakter suara yang kurang enak di dengar. Pecinta otomotif bisa menggantinya dengan klakson ganda yang tersedia di pasaran sehingga suara lebih enak didengar terdengar dan lebih mewah.
Tetapi jangan memakai klakson yang terlalukeras karena akan mengganggu pengemudi mobil lain.
6. Sistem Navigasi
Sistem navigasi ini sekarang berbasis GPS (Global Positioning System), jika dulu memakai kompas dan peta maka sekarang sudah memakai perangkat elektronik dengan koneksi satelit untuk menentukan posisi kita, dan menggunakan tampilan peta digital (Maps) untuk visualisasinya.
Nah jika mobil belum dilengkapi GPS maka pecinta otomotif bisa melengkapinya dengan membeli GPS Navigation yang ada di pasaran, harganya sekitar 800 ribuan, pecinta otomotif juga bisa memanfaatkan HP android untuk GPS karena saat ini hampir semua HP sudah dilengkapi dengan fitur GPS, tinggal kita menginstal programnya ke HP kita saja
7. Kamera atau Sensor Parkir
Paling tidak mobil sudah dibekali dengan sensor parkir sehingga saat mundur sensor akan bekerja dan memberitahukan jika ada benda di belakang mobil dengan bunyi tiit tiit tiit, lebih bagusnya jika pecinta otomotif memiliki dana lebih bisa memasang kamera parkir pada bagian belakang mobil sehingga bisa melihat dengan akurat apakah akan emnabrak atau tidak saat mobil berjalan mundur.
Pemasangan kamera parkir dan sensor parkir ini bisa dilakukan di bengkel resmi mobil maupun di bengkel variasi mobil, lebih murahnya sih di bengkel variasi mobil...kalau tidak berhubungan dengan mesin saya rasa tidak masalah menyervice mobil di bengkel non resmi
8. Charger untuk gadget
Charger untuk gadget ini bisa dibeli bahkan di toko-toko HP, lumayan kan saat berpergian keluar kota kita tidak kebingungan untuk mengechas HP atau tab kita..biasanya kita bingung mau mengechas dimana? akan tetapi jika membawa charger mobil maka kita bisa mengecharge HP atau gadget kita saat diperjalanan.
9. Roof Rail/ Roof Box/ Roof Rack
* ketiganya memang hampir mirip karena fungsinya yang sama yakni untuk membawa barang di atas atap mobil, perbedaannya hanya pada bentuknya jika Roof Rail adalah semacam rail yang ditempatkan di atap mobil. pada roof rail ini nantinya bisa ditempatkan roof box, atau tidak perlu memakai roof box sehingga barang hanya diikat pada roof rail (tapi ini berbahaya)
* Roof Rack adalah besi/ logam lain yang bentuknya menyerupai rack dan diletakkan di atap mobil (biasanya untuk mobil-mobil offroad). Roof rack ini efektif di perjalanan jauh dengan medan yang tidak rata, mobil-mobil yang dipasangi roof rack biasanya mobil offroad yang memiliki body kuat seperti Hardtop, Jimny, Jeep, Landcruiser, land rover, dll
* Roof Box ini semacam kotak berbentuk kapsul yang biasanya dipasang di atap mobil (dikaitkan dengan roof rail), gunanya untuk membawa barang-barang seperti baju, tas, dan peralatan lainnya. Roof Box ini efektif dipakai di jalan aspal dan untuk perjalanan jauh dengan membawa banyak barang. Pemasangan roof box disesuaikan dengan jenis mobil dan kekuatan atap mobil, roof box juga memiliki batasan beban maksimum, Roof Box ini biasanya dipasang pada mobil-mobil MPV seperti Avanza, ertiga dan sebagainya
* Cross Bar, nah saat ini sudah berkembang lagi fasilitas barang di atap dengan memasang cross bar yakni seperti roof rail akan tetapi melintang dari samping kiri ke samping kanan (dari samping ke samping). Cross bar ini juga bisa sebagai tempat roof box akan tetapi juga bisa dipakai langsung pada barang (diikat dengan kuat).
Pemasangan Cross Bar ini kebanyakn untuk mobil City Car, LCGC, MPV meskipun kadang-kadang mobil SUV juga memakai Cross Bar untuk menaruh beban di atap mobil.
10. Spoliler
Spoiler yang baik adalah bawaan pabrikan karena bisa meningkatkan stabilitas mobil saat melaju pada kecepatan tinggi, spoiler ini juga menambah modis penampilan mobil. Lantas apakah boleh memakai spoiler aftermarket?
boleh saja meskipun fungsinya tidak akan sama dengan spoiler asli pabrikan, spoiler after market lebih ke sekedar gaya dan untuk mengurangi terik sinar matahari, sedangkan spoiler bawaan mobil bisa berfungsi untuk menyetabilkan mobil juga.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini