Tata keluarkan Mobil Double Cabin 4x4 " Xenon"

Tumbuhnya pasar SUV tanah air membuat Tata Motor mencoba peruntungan dengan Mobil Double Cabin mereka, produsen asal India ini rupanya tak sabar untuk menjual Pickup D Cabnya dengan mendatangkannya secara utuh (built up) dari India, saat ini mobil bisa dilihat di event GIIAS karena sedang mengikuti pameran.
kali ini www.mobilku.org akan mengulas sedikit spesifikasi tata xenon ini, tata xenon masuk dalam kategori mobil heavy SUV sejenis dengan Mitsubishi Triton ataupun Toyota Hilux, banyak pula yang mengatakan mobil ini adalah truk dengan kabin ganda (sebenernya sama saja) karena di Amerika orang menyebut mobil D Cab ini dengan Truk, tak salah karena platform mobil SUV D Cab dikembangkan dari truk, akan tetapi di Asia tetap disebut mobil SUV/ Pick Up Double Cabin
Spesifikasi Tata Xenon
Tata Xenon memiliki keunggulan pada kemampuan muat bak belakangnya yang diklaim Tata mampu membawa beban sampai 1 ton atau 1000 kg, wah kalah dong mobil pick Up seperti Carry atau T120SS yang hanya mampu mengangkut sampai rata-rata 800 Kg. Jadi bisa dipastikan mobil ini memang tangguh bro, kuat buat bawa barang
Untuk bagian mesin Tata Xenon dibekali dengan mesin Diesel Common Rail 2200 cc, untuk mesin bisa dibilang tidak terlalu besar ya jika diesel 2200 cc sementara biasanya mobil SUV Diesel berkisar 2500 sampai 3000 cc. Mesin Tata Xenon ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 148 Hp dan torsinya 320 Nm, waow ternyata gahar juga ya mesin ini tenaga 148 Hp ini tergolong besar untuk mesin diesel sedangkan torsinya juga besar, sementara mesin ini telah memakai teknologi Watercooled Dirrect Injection dan Commonrail Turbocharged (lumayan canggih ya).
Pada sistem transmisi Tata Xenon hanya tersedia dalam transmisi manual saja (jangan mencari yang matic ya, tidak tersedia), sementara sistem penggerak sudah memakai penggerak 4 roda (4x4). Transmisi manual, penggerak 4x4 dan mesin bertorsi 320 Nm ini bakal ditopang oleh kaki-kaki dengan ketinggian 210 cm dari tanah (ground Clearance)...SUV beneran nih kalau lihat spec nya.
Dari data teknis di atas kertas mobil ini bisa dikatakan mumpuni, akan tetapi selama belum teruji oleh pasar tentunya kita masih belum bisa merekomendasikannya. Pada mobil baru paling tidak pecinta otomotif menunggu sekitar 6 bulan setelah keluar untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar, keluhan konsumen, jaringan service, suku cadang, harga jual kembali dan lain sebagainya...nah apa lagi produsen asal india ini masih terbilang baru masuk industri otomotif tanah air.
Tata Xenon cocok buat angkut sawit atau hasil perkebunan
Varian dan Harga
Tata untuk mobil Xenon ini hanya menjual satu varian saja yakni Xenon XT yang mana specnya sudah dijelaskan di atas, untuk harganya ternyata untuk mobil debutan masih terbilang mahal ya...mobil ini dijual seharga 320 juta On The Road DKI Jakarta.
Sebagai perbandingan harga Mitsubishi Triton untuk varian termurah adalah 356 juta dan untuk varian menengah adalah 380 juta, varian tertingginya 414 juta on the road.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini