Mitsubishi Mirage AT dibekali Engine Brake

Mitsubishi Mirage masuk dalam jajaran medium City Car, dengan dimensi yang kecil dan mesin 1200 cc 3 silinder mobil ini memiliki keunggulan gesit di perkotaan dan irit bahan bakar sedangkan konsumsi BBMnya sendiri setara dengan mobil LCGC yakni 1:21 pada jalan sepi dan mulus. Mitsubishi Mirage memiliki tenaga maksimum 77 Hp dan torsi 100 Nm cukup untuk perkotaan didukung dimensinya yang kecil dan bobotnya ringan.
Mitsubishi mirage tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matic (CVT), untuk sistem transmisi manual mirage seperti pada mobil-mobil manual lain, sedangkan transmisi CVTnya pihak mitsubishi memberikan satu posisi tuas (gigi) dimana fungsinya adalah untuk "engine brake".
Bisa dikatakan Mirage transmisi maticnya unik karena memiliki engine brake, yang mana pada tuas transmisi bertuliskan "B" atau kependekan "brake". Nah engine brake ini sangat penting gunanya untuk melewati jalanan menurun agar rem kaki tidak bekerja terus menerus, jika rem kaki bekerja terus menerus maka sistem rem mobil bisa kepanasan dan blong.
Kekurangan mobil matic pada umumnya adalah engine brake yang sangat buruk dibanding transmisi manual, nah disinilah kelebihan mirage matic ini yang dilengkapi dengan sistem engine brake.
Penggunaannya pengemudi cukup memindahkan tus transmisi ke posisi "B" saat melewati turunan maka mesin akan menghambat laju mobil, meskipun turunan panjang tidak masalah memakai gigi B ini.
Penggunaan gigi B ini sebenarnya juga bisa diaplikasikan untuk jalan menanjak agar mendapatkan gear yang enteng (mudah menanjak), cara kerjanya dengan membatasi pulley penggerak CVT pada rentang rendah sehingga putaran mesin terjaga pada range medium.
Analoginya jika pada mobil manual "B" ini untuk menjaga agar mobil tetap pada gigi 1-2-3 saja (tidak ke 4 dan 5). Pada transmisi CVT lain saat melewati turunan rpm mesin akan turun ke rendah dan mobil nyelonong turun, dengan pengaplikasian transmisi B pada mirage ini mesin akan tetap pada RPM medium sehingga mobil tidak kehilangan hubungan dengan mesin (sebagai penghambat laju) tidak lagi nyelonong di jalan turun.
Sebenarnya pemakaian tuas transmisi B pada mirage ini sudah dari tahun-tahun sebelumnya akan tetapi hanya terbatas pada mirage varian tertinggi, nah untuk saat ini semua varian mirage dikeli fitur ini, jadi lebih aman saat perjalanan menuju dan dari daerah pegunungan seperti ke puncak bogor. atau tanjakan/ turunan lain.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini