Cara Membersihkan Debu pada Jok Mobil

Jok mobil yang terbuat dari kain mudah sekali kotor dan berdebu, parahnya debu pada jok kain sulit dibersihkan sehingga kadang-kadang pemilik mobil sering merasa kebingungan bagaimana cara membersihkan debu pada jok mobilnya, risih dengan debu tapi bingung tidak tahu cara membersihkannya.
Mobil bekas yang berusia lima tahun ke atas pada umumnya sudah memiliki banyak debu di kain penutup joknya, sebenarnya cara membersihkannya sangat mudah yakni dengan 3 cara:
* Memakai Vacuum Cleaner
menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu adalah cara terbaik dan tercepat menghilangkan debu, debu akan dihisap oleh pembersih debu ini dengan sangat bersih dan rapi. Saat ini bahkan sudah tersedia vacum cleaner portable yang berukuran kecil (sebesar kepalan tangan) sedangkan sumber listrik bisa didapatkan dari port charge hp di mobil.
memakai vacuum cleaner portable memang praktis akan tetapi hasilnya jauh lebih bagus yang bukan portable atau yang biasa digunakan untuk membersihkan di rumah, caranya cukup mudah yakni tempatkan mobil di garasi lalu siapkan vacum cleaner. Tancapkan cavum cleaner di listrik rumah lalu mulai bersihkan kain jok.
Bahkan membersihkan debu memakai vacum cleaner juga bisa sekaligus menyedot debu pada karpet-karpet mobil maupun interior yang kotor. sangat mudah bukan?
* Ditepuk-tepuk ringan
Nah cara yang kedua ini sedikit ribet, akan tetapi ini solusi jika kita tidak memiliki vacuum cleaner, prinsipnya hampir sama dengan mengeluarkan debu pada kasur jaman dulu yakni dengan menepuk-nepuk.
1. pertama-tama tempatkan mobil di tempat terbuka (banyak angin) yang teduh dan udaranya bersih, misalnya di pegunungan atau lapangan rumput...usahakan angin yang bertiup kencang.
2. buka semua pintu agar angin mudah masuk dan keluar mobil untuk nantinya membawa debu yang akan kita keluarkan dari jok mobil
3. kaluarkan semua barang dari mobil (tas, hp, dll)
4. mulai tepuk-tepuk (jangan terlalu keras) pada jok yang berdebu agar debunya keluar dan berterbangan dan segera terbawa oleh angin
5. lakukan berulang-ulang sampai tidak ada debu yang keluar saat jok kita tepuk lagi
6. jika sudah bersih, sediakan lap microfiber yang sedikit dibasahi air, kemudian bersihkan interior mobil yang kotor terkena debu saat kita mengeluarkan debu jok tadi (sampai bersih). Bersihkan pula bekas debu di jok dengan mengelapnya, angkat sisa debu pada permukaan interior menggunakan lap basah
* membawa ke pencucian mobil
Nah pada tempat cuci mobil yang bagus biasanya juga menyediakan vasilitas vacum yang biasanya jadi sepaket dengan mencuci eksterior mobil, artinya selain bagian dicuci bagian dalam mobil di vacum.
Cara yang ketiga ini praktis tapi kadang-kadang hasilnya kurang memuaskan, jika ingin yang benar-benar bersih pecinta otomotif bisa membawa ke bengkel poles mobil atau salon mobil untuk membersihkan debu bahkan kotoran berupa noda :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini