Bahaya Langsung Nyalakan AC saat Mobil selesai Parkir

Banyak sekali pecinta otomotif yang tidak mengetahui hal ini, bahwa saat kita sudah masuk mobil lalu tutup kaca mobil dan nyalakan AC. Sebenarnya ini tidak baik bagi kesehatan karena sebenarnya saat kondisi panas akibat terik matahari maka udara di dalam mobil telah tercampur beberapa material baru akibat raksi karet/ kain/ plastik dan juga pengharum mobil.
Singkat kata udara dalam kabin saat mobil di tutup dan terkena paparan sinar matahari menjadi sangat kotor, menghirup udara kotor ini dapat menyebabkan kanker/leokimia/ anemia/ kekurangan sel darah putih, dan keguguran (untuk jangka panjang) dan keracunan ringan untuk jangka pendek. tanda-tanda keracunan adalah kita merasa mual atau pusing saat menghirup udara dalam kabin yang bercampur dengan partikel-partikel kabin yang terurai oleh sinar matahari.
Kapan aman menyalakan AC?
Saat pertama kali masuk mobil (setelah diparkir) maka yang dilakukan pertama kali adalah membuka kaca mobil. Hal ini dilakukan agar udara dalam kabin berganti dengan udara di luar kabin, udara dalam kabin yang kotor secara kimiawi akan digantikann dengan udara dari luar mobil
Setelah dibuka lalu jalankan mobil dengan kondisi kaca terbuka selama beberapa menit (2-3 menit), tujuannya adalah udara kotor saat parkir tadi benar-benar bersih. Selain mengganti udara, membuka kaca mobil barang 2-3 menit saat berjalan sangat efektif dalam menurunkan suhu kabin.
Setelah kaca dibuka dan mobil dijalankan beberapa menit barulah pecinta otomotif bisa mulai menyalakan ACnya dan kemudian menutup kaca jendela jika AC sudah stabil terasa bersih dan dingin.
Sebenarnya masalah langsung menutup semua jendela dan menghidupkan AC saat panas ini telah menjadi penelitian di Amerika dan hasilnya menyatakan bahwa menyalakan AC tanpa terlebih dahulu membuka kaca mobil adalah berbahaya.
Paling tidak sebelum menyalakan AC, beri waktu sekitar 5 menit untuk mengganti udara dalam mobil, buka jendela selama 5 menit, kemudian nyalakan AC dan biarkan kaca sedikit terbuka, setelah 1 menit tutup kaca jendela dan AC yang sehat siap dipakai untuk perjalanan
Nah sekarang tau kan broo,,jangan asal nyalakan AC, lihat-lihat kondisi udara dalam kabin, kalau segar boleh kita nyalakan, 

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini