10 Peralatan Perbaikan yang harus Ada pada Mobil

Menggunakan mobil saat perjalanan membutuhkan persiapan yang teliti, peralatan apa saja yang harus dibawa atau piranti yang dibutuhkan perbaikan apabila terjadi kerusakan tak terduga. Pada mobil baru biasanya sudah disertakan tool kit standar seperti dongkrak, obeng, kunci pas, kunci roda dan lain-lain akan tetapi jika kita membelinya bukan mobil baru biasanya tool kit standar tidak disertakan.
Mengingat pentingnya peralatan perbaikan darurat ini pada mobil alangkah baiknya jika pemilik mobil melengkapinya, nah secara umum berikut ini adalah peralatan yang harus ada pada mobil:
1. Kunci roda
Kunci roda ini meskipun kegunaannya hanya untuk membuka mur roda saja akan tetapi keberadaannya sangat penting karena fungsi kunci roda ini tidak bisa digantikan oleh alat lain, bahkan rasanya sulit jika menggantinya dengan kunci inggris. Pastikan kunci roda yang dibawa pas dengan mur pada velg (coba terlebih dahulu sebelum membawanya apakah pas dengan mur velg)
2. Dongkrak
Dongkrak merupakan komponen penting untuk membenahi kaki-kaki mobil misalnya mengganti ban yang bocor atau masalah lain, tanpa dongkrak mustahil rasanya kita mengganti ban meskipun kita membawa ban cadangan. Usahakan membawa dongkrak saat berpegian jauh
3. Kunci Busi
Nah kunci busi tentunya hanya digunakan untuk membuka atau memasang busi mobil, biasanya jika kondisi hujan atau melewati jalanan tertentu kita dituntut untuk menggunakan sistem pengapian yang benar-benar baik, jika salah satu busi kita kotor maka akan menyebabkan pengapian kurang bagus dan pembakaran juga tidak baik, alhasil mesin menjadi tersendat atau berebet atau bahkan tidak bisa nyala sama sekali.
Nah dalam kondisi ini kuta dituntut untuk membuka busi dan membersihkannya dari kotoran, periksa apakah busi sudah soak, jika sudah aus maka lakukan replacement atau penggantian busi. Untuk aktivitas membersihkan/ mengganti busi ini diperlukan kunci busi yang tidak bisa digantikan dengan kunci lain.
4. Obeng;
obeng yang bagus adalah memiliki dua mata obeng yang bisa diganti-ganti (obeng bolak balik), obeng ini terdiri dari batangan logam dengan dua mata obeng plus dan minus. Fungsi obeng ini untuk mengencangkan sekrup yang ada pada mobil.
Pilihlah obeng yang berkualitas dari segi desain (gagang enak dipegang terutama yang dari karet, sedangkan diameter atau panjangnya cukup), material obeng pilihlah dari logam yang kuat (tidak mudah bengkok jika dipakai dan tahan lama).
5. Kunci pas
Kunci pas yang paling penting adalah kunci 10 sampai 13, kunci pas ini digunakan untuk mengencangkan mur pada aki ataupun membuka dan memasang kembali baut pada bagian mesin (sistem pendingin, klep, dll). Penggunaan kunci pas 10 dan 12 mm ini bisa dibilang paling sering, oleh karena itu wajib dibawa
6. Tang
Fungsi tang ini sebagai pengganti tangan kita ketika harus memegang kengan kuat mur atau baut yang dikencangkan, selain itu tang juga bisa menggantikan tangan kita untuk mengambil sesuatu yang sifatnya berbahaya seperti logam panas, tutup aki yang sulit dilepas dan lain sebagainya.
7. Towing hook
Towing hook ini adalah kaitan tali untuk menderek mobil bentuknya kebanyakan setengah lingkaran dan terbuat dari lengkungan batang logam yang kuat, pada mobil-mobil tertentu towing hook ini disematkan secara permanen pada sasisnya, akan tetapi pada mobil-mobil tertentu towing hook ini dilepas dan akan dipasang jika diperlukan
8. Segitiga pengaman
Segitiga pengaman ini meskipun remeh akan tetapi dia wajib dibawa, fungsinya adalah untuk memberitahukan pada pengendara lain bahwa di depan sedang ada perbaikan mobil dan diharapkan berjalan pelan-pelan.
Pemasangan segi tiga pengaman ini bisa dipasang pada jarak 10 meter sampai 100 meter dari mobil yang sedang kita perbaiki, jika jalan di pegunungan yang berliku-liku maka pasanglah segitiga pengaman ini pada jarak antara 50 sampai 100 meter dari mobil agar pengendara lain tidak kaget dan mempersiapkan dari jauh
9. Sekering Cadangan
Nah sangat dianjurkan pada pemilik mobil untuk menyediakan sekering cadangan, ini untuk berjaga-jaga seandainya ada salah satu komponen tidak berfungsi akibat sekring putus/ rusak, beberapa komponen yang kerap bermasalah (sekering putus) antara lain: sekering headlamp, sekering AC, sekering lampu sein dan lain sebagainya
10. Kota P3K
Kotak P3K ini fungsinya untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan ringan seperti luka lecet, mabuk di jalan, flu, dll. Yang harus ada pada kotak P3K antara lain: minyak kayu putih, perban, obat luka, plester, obat anti mabuk, kapas, anti septic, alkohol. gunting dan lain sebagainya. Jika ada penumpang yang memiliki riwayat penyakit khusus seperti magg atau asma hendaknya juga membawa obat-obatan khusus tersebut

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini